Pilih Velg Racing Motor atau Jari-Jari? Inilah Perbandingannya

Modifikasi sepeda motor bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan merubah bagian velg. Anda bisa menggunakan velg racing motor maupun jari-jari sesuai keinginan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mulai dari bentuk hingga harganya.

Jika ingin memilih mana yang cocok sesuai kebutuhan, Anda bisa melakukan komparasi terlebih dahulu. Tiap jenis velg sebenarnya akan membawa perubahan pada kuda besi Anda. Baik secara peforma maupun tampilan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa komparasi antara velg racing motor dan jari-jari.

Perbandingan Velg Racing Motor dan Jari-jari

Untuk mempermudah gambaran, velg racing pada kuda besi biasanya berbobot lebih berat dari velg jari-jari. Selain itu, secara harga dan perawatan juga berbeda. Nah ini dia ulasan kedaua jenis velg ini secara lebih lanjut.

  1. Velg Jari-jari

Velg jari-jari juga sering disebut Spoke Wheel. Biasanya jenis velg ini digunakan pada pabrikan motor keluaran tahun 2009. Sampai saat ini sebenarnya masih banyak yang melirik spoke wheel ini untuk modifikasi motor, bahkan untuk kuda besi keluaran terbaru. Misalnya saja motor trail basis seperti Kawasaki KLX.

Honda CRF, Yamaha WR 155, bahkan motor gede sekelas BMW serta GS Series Adventure kompatibel mengguakan velg jari-jari. Selain karena secara daya tahan lebih kuat, velg jari-jari ini juga dinilai cocok menerjang segala macam medan yang berat.

Jenis velg spoke ini juga lebih ringan dibandingkan racing. Hal ini juga menjadi alasan tersendiri mengapa kuda besi jenis drag race juga cocok menggunakannya. Jenis motor tersebut begitu bergantung dengan bobot kendaraan sehingga cocok menggunakan velg jari-jari.

Viral :   Harga Knalpot Racing Termurah 2021

Sayangnya, velg jari-jari ini tidak begitu cocok dipasangi ban tubeless. Jika ingin memasang jenis ban tersebut, Anda harus modifikasi terlebih dahulu beberapa bagiannya. Selain itu, proses pencuciannya juga cukup merepotkan karena sekat-sekatnya yang sangat banyak.

Jika untuk penggunaan normal, sebaiknya gunakan jenis velg lain. Anda harus lebih sering menyetel jari-jari, apalagi pemakaiannya di medan berat. Lingkarnya yang hanya ditopang dengan grid yang apa adanya juga membuat motor tidak begitu cocok bermanuver dengan kecepatan tinggi.

Memang ada kelebihan dan kekurangan pada jenis velg ini. Walaupun demikian, Anda bisa mempertimbangkannya secara lebih lanjut. Berikut ini beberapa poin kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan velg jari-jari.

Kelebihan velg jari-jari:

  • Lebih ringan bobotnya
  • Daya tahan terhadap medan berat kuat
  • Lebih ekonomis dari segi harga
  • Dapat disetel ulang jika terjadi kerusakan

Kekurangan velg jari-jari:

  • Kaku atau kurang rigid sehingga handling menurun
  • Tidak begitu cocok untuk ban tubeless
  • Biaya perawatannya tergolong mahal. Perlu press, setel jari-jari, dan masih banyak lagi.
  • Rawan karat di bagian jari-jarinya.

 

  1. Velg Racing untuk Motor

Setelah membahas kekurangan dan kelebihan velg jari-jari, saatnya melihat komparasinya yaitu velg racing motor. Ada yang menyebut jenis velg ini dengan istilah Casting Wheel hingga Forged Wheel. Uniknya, jenis velg ini digunakan di hampir seluruh pabrikan kuda besi terbaru.

Viral :   Review Busi Brisk, Jenis, Spesifikasi dan Keunggulannya

Selain modelnya yang dinilai lebih modern, secara pemasangan juga cukup praktis. Bahkan ongkos produksinya juga sangat murah jika dibandingkan dengan velg jari-jari.

Salah satu kelebihan dari velg balap ini adalah bagian bearingnya yang awet. Selain itu, untuk bermanuver juga cukup stabil. Tampilannya yang keren juga memudahkan dari segi perawatannya. Tidak heran jika mayoritas pemilik kendaraan begitu menyukai velg satu ini.

Kestabilan yang dimilikinya juga membuat banyak pengendara menggunakannya untuk motor balap. Seperti pada balap road race maupun sirkuit. Jika ingin memasang ban tubeless juga tidak perlu modifikasi komponen lain. Velg satu ini karena sudah kompatibel dengan jenis ban tersebut.

Secara harga memang lumayan mahal jika dibandingkan velg jari-jari. Jika ingin menggunakannya, Anda memang harus tahu kelebihan dan kekurangannya. Berikut kesimpulannya secara lebih lengkap.

Kelebihan velg racing:

  • Bisa menggunakan ban tubeless
  • Kestabilan bagus
  • Praktis
  • Perawatan mudah
  • Motor lebih sporty

Kekurangan velg racing

  • Lebih mahal dari segi harga
  • Lebih berat
  • Daya tahan lebih rendah

Bagaimana, pilih velg racing motor atau jari-jari? Keduanya bisa Anda sesuaikan dengan jenis kendaraan dan kebutuhan. Jika ingin memodifikasi, sebaiknya cari bengkel yang sudah berpengalaman untuk kuda besi kesayangan Anda.