Lebih Baik Mana, Velg Jari-Jari atau Velg Racing?

Melakukan modifikasi roda sepeda motor dengan menggunakan velg racing adalah hal yang sah-sah saja. Asalkan ukurannya sesuai dan tidak mengganggu saat perjalanan.

Selain itu, keselamatan pengendara adalah hal yang penting. Jangan sampai melakukan modifikasi namun malah membuat sepeda motor memberikan resiko besar di jalanan. Velg yang terlalu kecil akan lemah untuk menahan beban motor dan Anda.

Pastikan saat memilih velg sesuai dengan kapasitas motor. Meskipun banyak yang memilih mengganti velg yang menurut mereka kuat, namun model jari-jari nyatanya juga masih banyak yang memilihnya. Apalagi bagi pecinta sepeda motor klasik.

Perbandingan Velg Jari-jari dan Velg Racing

Bagi penyuka modifikasi sepeda motor akan banyak Anda saksikan bahwa velg-velg roda mereka akan diganti dengan model lain dengan warna-warna yang mencolok.

Berkembangnya tren yang memilih velg model racing atau bintang membuat model jari-jari semakin berkurang. Bahkan saat membeli sepeda motor baru pun saat ini sudah memakai velg bintang.

  1. Kelenturan

Velg jari-jari disusun atas besi-besi yang berbentuk jeruji dengan dilapisi krom. Menurut penyuka velg model ini mengatakan bahwa penggunaannya membuat sepeda motor lebih lentur. Apalagi jika Anda adalah penyuka berpetualang dengan menggunakan sepeda motor. Tentu medan yang akan dilalui cukup berat dan terjal.

Viral :   5 Harga GPS Mobil Terbaik Dan Termurah

Untuk kebutuhan medan yang ekstrem ini, velg model jari-jari justru banyak dipilih. Alasannya, sepeda motor off road dengan velg jari-jari lebih kuat dan lentur. Selain itu, juga dapat mengurangi getaran saat melalui medan yang berat sehingga pengendara dapat lebih menikmati tantangan.

Dibandingkan dengan velg racing yang lebih bantat. Namun begitu, untuk urusan handling, velg bintang lebih stabil dibandingkan model jari-jari ini.

  1. Daya Awet

Berbicara tentang daya awet, sisi ini termasuk kelemahan velg jari-jari. Karena bahan dasar velg ini adalah besi, secara otomatis akan mudah berkarat meskipun dilapisi krom.

Apalagi jika sering melewati jalanan yang basah ataupun kehujanan. Jika sudah mulai berkarat, maka kekuatannya akan semakin turun dan dapat terjadi pengeroposan. Karena hal inilah, velg jari-jari lebih cepat mengalami penggantian suku cadang.

Dibandingkan dengan velg racing yang lebih kokoh, materialnya pun berbeda dengan model jari-jari. Materialnya tidak mudah mengalami karat sehingga memiliki daya tahan yang lebih lama.

  1. Perawatan

Dalam hal perawatan velg bintang adalah juaranya. Karena modelnya yang lebih sederhana sehingga kotoran dan sisa air mudah dibersihkan yang membuatnya tidak mudah berkarat.

Sebaliknya, velg jari-jari lebih sulit dalam hal perawatannya. Desainnya yang rumit membuat pembersihan pun lebih sulit karena kotoran yang bersembunyi sulit dihilangkan. Tidak hanya itu, sisa air juga lebih sulit untuk dibersihkan.

  1. Daya Tahan
Viral :   Yuk Simak Review Spesifikasi Porsche 918 Spyder

Velg jari-jari yang memiliki tingkat kelenturan lebih baik dibandingkan model racing membuatnya memiliki durabilitas atau daya tahan yang lebih lama. Kelebihannya yang elastis inilah membuat velg jari-jari mampu meredam tumbukan.

Dibandingkan velg bintang yang kaku, tidak cocok digunakan untuk berkendara pada medan yang ekstrem karena akan mudah mengalami penurunan kinerja.

  1. Desain

Untuk urusan desain, velg model racing menjadi juaranya. Bukan tanpa alasan, biasanya velg ini disediakan dalam berbagai bentuk dan juga warna yang dapat dipilih oleh konsumen. Karena hal inilah banyak konsumen yang berminta untuk mengganti velg sepeda motor mereka demi tampilan yang lebih keren.

Sebaliknya, velg jari-jari tidak memiliki model-model yang unik. Modelnya pun hanya satu yang selalu kita lihat yaitu jeruji yang melintang. Karena desainnya yang tidak menarik dan pasaran inilah membuat banyak pemilik sepeda motor mengganti velg mereka.

Selain desain, satu hal lagi yang membedakan keduanya, yaitu dari sisi harga. Untuk urusan harga tentu velg jari-jari lebih murah dibandingkan dengan velg racing. Oleh karena itu, sebelum Anda memodifikasi bagian velg dan memilih model bintang, sebaiknya siapkan anggaran lebih.