Apa Itu Airbag Mobil? Kenali Cara Kerja dan Fungsinya

Pengguna mobil semakin hari semakin meningkat. Selain sebagai alat transportasi, kini mobil dinilai sebagai penunjang gaya hidup seseorang. Tak heran kasus kecelakaan mobil di jalanan semakin meningkat pula. Dalam situasi seperti ini, airbag mobil sangat membantu pengendara mobil agar tetap aman saat mengalami kecelakaan.

Lalu, apa itu airbag? Airbag adalah salah satu komponen pelindung diri pengendara yang letaknya di jok depan, tempat dimana biasanya terjadi benturan pada tubuh pengendara. Walaupun beberapa alat transportasi darat dilengkapi dengan seat belt, adanya airbag ini maka kinerja fitur keselamatan pada mobil akan lebih efisien.

Cara Kerja Airbag Mobil

Sebelum menempuh perjalanan, seorang pengendara harus memperhatikam kondisi mobil yang akan dipakai. Seorang pengendara juga perlu memahami cara kerja seluruh komponen mobil agar perjalanan berlangsung aman dan nyaman.

Salah satunya yakni cara kerja airbag yang sangat berguna ketika terjadi kecelakaan sehingga pengendara sudah siap siaga.

Meskipun tidak ada satu pun orang yang ingin mengalami kecelakaan, namun hal krusial macam itu perlu dipersiapkan dengan baik. Bagaimana airbag bekerja sebagai fitur keselamatan pada mobil? Berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Terhubung Langsung ke Sensor Mobil

Pada saat terjadi benturan yang super keras pada mobil, airbag akan aktif secara otomatis. Alat pelindung diri tersebut akan langsung mengembang dan menyelimuti beberapa bagian mobil tepat setelah sensor mobil mengirimkan sinyal.

Viral :   Mobil Kia Sedona 2021, Fitur dan Spesifikasi Menarik

Posisi airbag itu sendiri tergantung tipe mobilnya, ada yang hanya terpasang di bagian depan dan ada yang terpasang hingga ke bagian penumpang.

  1. Airbag Mengembang Melindungi Bagian Vital

Bagian mobil yang diselimuti oleh airbag, secara otomatis juga akan melindungi bagian vital pada tubuh pengendara. Alat pelindung diri ini akan mengembang melindungi bagian kepada, leher, dan dada. Jika pengendara hanya menggunakan seat belt tanpa ada airbag mobil, risiko cedera pada organ vital tubuh akan lebih tinggi.

Fungsi Airbag

Meskipun cara kerja airbag adalah dengan mengembang, namun tidak akan mengganggu pernapasan pengguna. Komponen ini terbuat dari nilon tipis dan gas yang terdapat di dalamnya adalah murni nitrogen sehingga aman dihirup. Saat airbag mengembang, maka mobil akan dipenuhi awan asap.

Awan asap tersebut tidak berbahaya karena sebenarnya adalah serbuk jagung atau bedak talkum yang bertujuan mencegah airbag lengket ketika masih terlipat. Jika airbag lengket, akan sangat berbahaya ketika terjadi kecelakaan. Lalu apa saja fungsi airbag? Simak ulasan berikut.

  1. Alat Pelindung Diri Ketika Terjadi Benturan
Viral :   Review Spesifikasi Yamaha NMAX 2021 Serta Harga Terbaru Juni 2021

Airbag mobil memiliki fungsi utama sebagai pelindung diri pengendara ketika terjadi benturan yang disebabkan oleh kecelakaan. Pada beberapa tipe mobil, aibag dipasang secara maksimal hingga ke seluruh badan mobil. Sehingga semua pengendara akan terjamin keselamatannya.

  1. Menjaga Keadaan Mobil Tetap Prima

Selain memberikan kenyamanan dan keselamatan pada pengendara, airbag juga berperan menjaga keadaan mobil tetap prima. Ketika terjadi benturan akibat kecelakaan, akan banyak komponen mobil yang rusak.

Namun, dengan adanya alat pelindung ini, maka kerusakan pada interior mobil akan sedikit terminimalisir. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memperbaikinya ke bengkel.

  1. Menghambat Laju Pengendara dan Penumpang

Fungsi lain dari airbag adalah menghambat laju pengendara serta penumpang dalam beberapa detik. Penghambatan laju ini terjadi akibat airbag mengembang maksimal sesuai kapasitasnya. Karena itulah tubuh pengendara akan tetap berada dikursi dan tidak terbentur bagian mobil lainnya.

Ternyata airbag memiliki fungsi yang sangat krusial untuk keselamatan pengendara serta penumpang mobil, ya. Dengan adanya airbag mobil, tubuh tidak akan terbentur dan kerusakan mobil tidak akan besar. Untuk menghindari kecelakaan di jalan, pastikan Anda berkendara dengan hati-hati serta mematuhi aturan lalu lintas.