Pengertian Dan Berbagai Manfaat Eco Driving

Pengertian Dan Berbagai Manfaat Eco Driving – Ditemukannya teknik mengemudi eco driving adalah salah satu perkembangan dalam dunia berkendara. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh pengemudi yang menggunakan teknik ini.

Namun sayangnya, teknik ini masih belum banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. Hal tersebut terjadi karena istilah ini belum begitu banyak diketahui. Karenanya, eco driving ini sangat penting untuk dikampanyekan guna mengingatkan banyak orang tentang pentingnya eco driving. Apalagi melihat jumlah kendaraan bermotor di Indonesia sudah terlampau banyak. Untuk menjaga lingkungan tetap sehat, diperlukan teknik mengemudi yang satu ini. Lalu, apakah sebenarnya eco driving ini?

Pengertian Dan Berbagai Manfaat Eco Driving

Sangat penting untuk melakukan teknik eco driving ini untuk menjaga kesehatan lingkungan. Untuk dapat menerapkan teknik ini, diperlukan pemahaman terlebih dahulu mengenai pengertian dan manfaatnya. Bukanlah hal yang sulit untuk memahami konsepsi eco driving ini. Semakin banyak jumlah kendaraan bermotor yang ada maka pemakaian bahan bakar fosil juga semakin banyak. Di Indonesia sendiri, pengguna sepeda motor sudah mencapai 84,7 orang per tahun 2020.

Kemungkinan jumlah tersebut akan terus meningkat setiap tahunnya mengingat infrastruktur terus dibangun dan kendaraan terus diproduksi. Karenanya, eco driving adalah salah satu solusi untuk menyiasati masalah tersebut. Eco driving ini merupakan cara mengemudi yang bertujuan untuk menekan angka konsumsi bahan bakar serta mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Dampak eco driving ini adalah berkurangnya sumbangan gas CO2 yang dilepaskan dari kendaraan, yang merupakan sumber emisi karbon terbesar nomor 3.

Viral :   Jenis dan Fungsi Suku Cadang Busi untuk Kendaraan Bermotor

Selain teknik ini, sebenarnya masih terdapat 3 teknik lainnya yang merupakan aspek yang wajib dikuasai bagi pengemudi. Aspek lainnya adalah defensive driving yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa, uang, dan juga waktu. Satu lagi yang juga tak kalah penting dipahami dan dikuasai adalah safety driving yang mementingkan teknik mengemudi aman dan juga berpikir jauh ke depan terhadap segala kemungkinan.

Dengan kata lain, eco driving adalah kombinasi antara defensive driving dan juga safety driving. Oleh karena itu, eco driving menjadi sebuah teknik mengemudi yang hemat dilihat dari segi waktu dan biaya, aman, dan juga ramah lingkungan. Jadi, bisa dikatakan, eco driving ini bukan hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga bagi pengemudi kendaraan sendiri.

Ada beberapa cara kunci yang bisa dilakukan untuk menggunakan cara mengemudi yang satu ini. Pertama adalah dengan memulai kendaraan atau start secara pelan-pelan. Mengapa demikian? Akselerasi tinggi pada permulaan hanya akan menyebabkan pemborosan konsumsi bahan bakar. Cara yang kedua adalah dengan tidak membebani mesin dengan putaran rpm yang tinggi. Lalu, cara yang ketiga adalah menjaga jarak dengan kendaraan yang berada di depannya pada jarak sekitar 2-3 meter. Adapun cara yang keempat adalah dengan menjaga mesin tidak menyala terlalu lama ketika idling. Terakhir atau yang kelima adalah dengan mengatur temperatur AC pada suhu yang ideal.

Viral :   Review Kelebihan dan Harga Knalpot Proliner Terbaru 2021

Manfaat Eco Driving

Sudah dijelaskan di awal tulisan ini bahwa eco driving ini memiliki manfaat untuk lingkungan sekitar sekaligus pengendara yang menggunakan teknik ini. Manfaat pertama sekaligus yang paling jelas adalah menghemat biaya. Dengan lebih sedikit bahan bakar yang terbuang, maka lebih sedikit kita harus mengeluarkan biaya untuk membelinya. Manfaat yang kedua adalah membuat pengendara aman dalam berkendara karena terhindar dari risiko terjadinya kecelakaan.

Manfaat eco driving yang ketiga adalah menjaga mesin kendaraan menjadi lebih awet. Yang keempat adalah menjaga lingkungan dengan mengurangi emisi karbon di udara. Adapun mManfaat terakhir dari eco driving adalah membuat pengendara tidak mudah lelah.