Knalpot DOS Muffler

Kisah di Balik Knalpot DOS Muffler Asal Kulonprogo

wartaoto.com – Knalpot DOS Muffler merupakan knalpot yang sedang naik daun. Hal itu terjadi setelah knalpot yang satu ini berhasil mengantarkan bebek 200 cc mereka menjadi yang tercepat di ajang drag bike Kawahara IRC IDC 2020.

Padahal waktu itu, mereka masih terhitung pendatang baru dan kurang diperhitungkan. Nama mereka pun langsung ramai diperbincangkan setelah kemenangan di ajang tersebut.

Faktor lainnya yang membuat kemenangan mereka lumayan mengejutkan adalah fakta bahwa mereka belum kedapatan setting di GDS seperti tim lainnya. Hal itu terjadi karena mereka memang mengakui bahwa persiapan mereka mepet sekali.

Begitu mesin hidup, mereka langsung membawanya ke sirkuit untuk mengikuti penyisihan dan langsung lanjut final dengan meraih juara.

Meskipun sebenarnya proses pembuatan rangka dan kaki-kaki sudah satu bulan sebelum kompetisi berlangsung, perakitan mesin dilakukan baru satu minggu sebelum IDC berlangsung.

Waktu yang mereka miliki semakin habis ketika percobaan mesin dan harus ada yang diperbaiki. Namun, untungnya mereka bisa sampai tepat waktu, meskipun belum sempat melakukan setting di GDS.

Kisah Di Balik Knalpot DOS Muffler

Kisah kesuksesan knalpot ini tidak bisa dipisahkan dari owner DOS Muffler sendiri. Namanya adalah Andis Tri Cahyono. Dia memang suka dengan otomotif sejak dulu ketika bersekolah di STM otomotif.

Bahkan, pria yang dulunya pernah berkuliah ini tidak menyelesaikan perkuliahannya karena ingin fokus di usaha bengkel. Awal mula Andis tertarik untuk membuat knalpot adalah ketika dia melihat knalpot racing Malaysia yang memiliki desain bagus, tetapi menurutnya terlalu mahal.

Setelah itu dia memutuskan untuk mencari informasi tentang cara pembuatan knalpot. Pada tahun 2015, Andis memulai usaha untuk membuat knalpotnya tersebut. Bermodal uang hasil meminjam, waktu itu Andis membeli mesin las buatan Cina di daerah Glodok.

Bengkel tempatnya dulu juga hanya sebuah bangunan yang sempit dan hanya ada satu orang saja yang membantunya di bengkel tersebut. Jauh berbeda dengan sekarang yang sudah memiliki mesin yang lengkap, bengkel yang luas, dan 8 karyawan.

Waktu pertama kali mencoba, sebenarnya Andis masih belajar mengelas secara otodidak dari Google ataupun YouTube. Percobaan pertamanya pun menemui kegagalan karena knalpot yang dia buat berubah warna menjadi hitam waktu dicoba untuk penggunaan harian.

Hal itu terjadi karena material knalpotnya yang dulu adalah pipa 201. Namun, setelah berganti ke stainless masalah tersebut traratsi. Selain material, percobaan yang dilakukan Andis terhadap knalpotnya juga dia lakukan pada formula knalpot itu sendiri.

Viral :   Jenis Jenis SIM Kendaraan di Indonesia

Menurutnya, knalpot juga butuh hitung-hitungan dan menyesuaikan dengan mesin sepeda motor. Bukan mesin sepeda motor yang menyesuaikan dengan knalpotnya

Waktu pertama dulu, untuk mengerjakan satu knalpot stainless, mereka membutuhkan waktu dua hari. Itu semua karena mesin yang masih terbatas dan hanya ada satu orang untuk membantu pekerjaannya. Sekarang, mereka sudah bisa membuat 20 knalpot per harinya.

Nama DOS sendiri diambil dari nama bengkel lama milik Andis. Nama itu adalah singkatan dari Daoer Oelang Speed. Nama tersebut muncul karena Andis dulu sering membeli barang bekas yang kemudian dirangkai di sepeda motor balap.

Hal itu dia lakukan lantaran dulu belum banyak toko sparepart yang menjual komponen sepeda motor khusus balap.

Harga Knalpot DOS

Knalpot Dos tersedia untuk semua jenis sepeda motor dari standar harian, balap, hingga touring. Tentunya, setiap jenis memiliki harga yang berbeda pula. Yang jelas, kisaran harga knalpot ini adalah Rp900.000 sampai Rp1.200.000.

Namun, ada biaya tambahan jika pembeli datang ke toko dan meminta untuk dibuatkan knalpot dengan ukuran dan model di luar ukuran dan model yang biasanya.

Untuk mendapatkannya, pembeli bisa langsung datang ke bengkel DOS di Kulonprogo. Bengkel ini belum membuka cabang di tempat lainnya. Anda bisa juga membelinya secara online di Instagram. Pastikan untuk membeli produk yang asli karena akhir-akhir ini banyak yang membuat produk knalpot DOS Muffler palsu.

Cara perawatan knalpot DOS yang benar

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa knalpot sendiri merupakan bagian dari motor yang berguna sebagai saluran pembuangan hasil pembakaran dan salah satu masalah yang membuat knalpot menjadi gampang rusak adalah karat. Padahl knalpot yang sudah terkena karat sering kali menjadi bocor sehingga menimbulkan dampak negatif lainnya. Untuk itu anda harus mengetahui cara perawtan knalpot DOS yang benar dengan menyimak ulasan dibawah ini:

  • Membersihkan knalpot DOS ketika terkena hujan

Jika cuaca hujan melanda maka anda perlu membersihkan knalpot supaya tidak berkarat. Karena air hujann mengandung senyawa asam yang bisa menyababkan bahan yang berbahan besi menjadi berkarat termasuk knalpot/ leher knalpot adalah bagian yang paling sering terjangkit karat dan jika diabaikan begitu saja dapat membuat knlpot berlubang lama kelamaan. Tentu anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Maka dari itu setiap kali kehujanan jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa air dengan kain hingga kering.

  • Jika dari pantai, jangan lupa untuk bilas knalpot DOS dengan air bersih supaya tidak berkarat

Sama seperti air huajn, air laut juga dapat mempengaruhi kondisi knalpot yang berbagahn dasar dari besin. Air laut sendiri memilki kadar asin yang mampu menyebabkan korosi yan lebih kuat dan lebih cepat efeknya dari pada air biasa. Dan bagian leher knlpot yang paling berisiko terkena karat. Apabila tidak segera ditangani, knalpot anda bisa saja patah seirng berjalannya waktu. Sebaiknya hal ini menjadi perngatan bagi anda yang suka membawa sepeda motor ke area pantai. Adapaun cara membersihkannya juga sama seperti mmebersihkan air hujan yatu dengan membilas area knalpot ataupun komponen lainnya bila perlu menggunakan air bersih. Pastikan semua permukaan terbilas atau tercuci bersih dan kemudian keringkan. Perlu diketahui, air laut juga bisa membuat tampilan kendaraan anda menjadi lebih kusam dan rawan ditumbuhi jamur

  • Olesin leher knalpot dengan oli supaya lebih awet

Jika anda ingin knalpot motor anda lebih awet, maka olesin leher knalpot anda dengan oli. Hal ini berguna untuk mecegah dan juga menghilangkan karat pada knalpot. Adapun caranya, nyalakan motor anda beberapa menit sampai mesinnya mulai lumayan panas. Kemudian olesi bagian knalpot yang terkena karat dengan oli. Kondisi knalpot yang panas atau hangat ini akan beraksi pada oli sehingga karat dapat meleleh. Yang perlu digaris bawahi, ada sebagian orang yang terkadang memasukkan oli ke dalam lubang knalpot, padahal ini tak perlu dilakukan. Karena anda hanya cukup mengoleskannya oli pada bagian luarnya saja. Dan bagian yang paling penting yang wajib dilapisi oli ialah bagian leher knalpot karena lebih rawan korosi.

  • Pastikan drainase tidak buntu

SEtiap pasti mempunyai lubang kecil pada ujung bawah silncer yang berdekat dengan leher knalpot. Fungsi drainese ialah untuk mengalirkan air yang masuk. Ke silincer supaya tidak tergenang. Maka, ketika anda memncuci. Motor atau sepeda motor sednag melintasi genangan air yang dalam sampai air masuk ke dalam knalpot, maka ar di dalam ini akan dibuang lewat drainase. Untuk memastikan bagian drainase tidak tersumbat ialah denag memasukkan lidi ke knalpot. Jika tidak anda hmabatan di dalamnya ini beerarti drainase knalpot motor anda baik baik saja. Drainase yang tersumbat dapa menimbulkan bagian knalpot dalam terganang air dan akhirnya bisa memicu terjadinya korosi.

Viral :   Berbagai Kelebihan Dari Knalpot Yoshimura