Review Honda CB500F dan Harga 2021

Bagi Anda yang menyukai big bike sepertinya tidak asing dengan Honda CB500F. Dan bagi Anda sebagai pemula untuk mencoba big bike atau ingin berpindah dari big bike 250cc ke 500cc maka motor ini bisa menjadi salah satu solusinya.

Honda Motor Eropa baru telah merilis varian baru dari CB500F dengan menghadirkan tampilan yang fresh untuk memikat banyak pecinta motorbike. Kali ini, Honda Motor Eropa menghadirkan 4 warna.

Warna-warna big bike CB500F 2021 ini yakni kuning, biru, merah dan matt black. Sedangkan di Indonesia, AHM baru memasarkan warna merah dan matt black saja. Tentu saja hal tersebut mempertimbangkan minat pasar di negara ini.

Review Honda CB500F 2021

Perubahan pada big bike CB500F ini tidak terlalu mencolok. Pasalnya, Honda Eropa hanya memberikan varian warna terbaru sekaligus pembuangan bahan bakar yang telah disesuaikan dengan standar emisi Euro 5.

Dengan upgrade pembuangan bahan bakar yang sesuai standar ini akan membuat motor lebih nyaman ketika melaju di jalanan. Selain itu tidak memberikan polusi udara yang selama ini banyak digunakan oleh kendaraan pada umumnya.

Viral :   Leher Knalpot Panjang VS Pendek, Lebih Enak yang Mana?

Sedangkan untuk bagian yang lain, CB500F masih mengusung mesin, suspensi dan lain-lain yang sama. Bisa dikatakan CB500F adalah CBR500R yang mendapatkan pembaruan di beberapa bagian. Berikut review lebih lengkapnya!

  1. Mesin

Bagian mesin menggunakan kubikasi 471,03 cc dengan DOHC 4 penyetelan double silinder. Tenaga ini dapat menghasilkan 37 kW pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 44.6 Nm pada 6.500 rpm.

Pada mesin ini juga telah dilengkapi dengan Liquid-cooled yang akan meredakan mesin agar tidak mudah cepat panas. Selain itu, pembuangan bahan bakar telah disesuaikan dengan emisi Euro 5.

  1. Fitur

Honda menyematkan beberapa fitur canggih pada Honda CB500F yang diluncurkannya yakni pada bagian speedometer telah disematkan dual trip meters, gear position indicator, digital lock, dan digital tachometer bar graph.

Selain itu, Honda juga memberikan fitur untuk keamanan pengendara yakni dengan dilengkapi Honda Intelligent Security System (HISS) yang dapat mencegah terjadinya pencurian.

Dengan pengendalian keamanan ini membuat pengendara akan lebih nyaman dan dapat mengantisipasi adanya pencurian.

  1. Suspensi

Honda menghadirkan big bike ini dengan suspensi yang nyaman ketika digunakan dalam berkendara. Dengan tipe diamond memberikan kesan gagah pada motor satu ini. Lalu bagaimana suspensi yang diberikan:

Viral :   Keberadaan Bengkel Knalpot untuk Meningkatkan Performa Kendaraan

Bagian suspensi depan, Honda menyematkan Showa dengan diameter 41mm dan menggunakan rem Hidrolik single 320mm dengan dua kaliper piston. Sedangkan untuk suspensi belakang, Honda menyematkan Showa Monoshock dengan prolink.

Pada suspensi belakang ini, CB500F menggunakan rem cakram Hidrolik single 240mm dengan single kaliper piston. Rem tersebut menggunakan tipe way valve yang membuat tampilan pada bagian tersebut lebih terkesan lebih sporty.

Harga Honda CB500F 2021

Sementara ini, PT Astra Honda Motor (AHM) menyediakan dua warna yakni Matte Powder Black dan Millenium Red. Dan CB500F ini ditawarkan dengan dua varian yakni ABS dan Non-ABS.

Untuk masalah harga, AHM memasarkan big bike ini dengan harga Rp133,2 juta dan Rp139,2 juta. Harga ini dipandang pantas jika melihat fitur serta kelebihan lain yang ditawarkan oleh CB500F.

Persaingan pasar membuat banyak perusahaan mencoba mengembangkan kualitas motor seperti halnya naked sporty semacam Honda CB500F ini. Terlebih tidak sedikit masyarakat Indonesia yang hobi berpetualang keliling Indonesia menggunakan motor.