Apa Itu Sproket Motor? Cari Tahu Penjelasannya Yuk

Ada banyak sekali komponen pada sepeda motor. Setiap komponen ini memiliki fungsinya sendiri-sendiri, termasuk sproket motor. Sproket sendiri sangat berperan dalam laju kendaraan. Fitur satu ini begitu vital sehingga memerlukan perawatan yang cukup ekstra. Biasanya di bengkel-bengkel kendaraan, komponen ini tersedia.

Komponen satu ini sangat relevan dengan cara kerja roda. Tentu saja untuk Anda yang ingin memperoleh motor dengan kinerja maksimal, harus tahu fungsi-fungsi tiap komponennya sehingga mudah mengidentifikasi kerusakannya.

Ulasan Tentang Sproket Motor

Bagi pemilik kendaraan, sebaiknya jangan lalai dalam memantau tiap kondisi komponennya. Hal ini begitu bermanfaat terutama bagi yang ingin memaksimalkan kualitas kuda besinya. Berikut ulasan selengkapnya mengenai sproket.

  1. Definisi dan Fungsi

Laher motor merupakan salah satu komponen yang fungsinya cukup vital dalam bagian penggerak. Perlengkapan ini juga sering disebut sebaai gear. Fungsi utamanya sebagai penghubung antara rantai dan tenaga mesin.

Hal ini membuat peranannya begitu vital pada kendaraan Anda. Untuk perawatannya sebaiknya dimaksimalkan agar tidak sampai membuat kendaraan bermasalah dalam waktu lama.

Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Untuk memaksimalkan kinerja dari sproket motor, ada beberapa hal yang sebenarnya tidak boleh dilakukan. Mulai dari berkendara dengan cara yang salah, rantai yang selalu kering, dan masih banyak lagi. Ini dia ulasannya.

  1. Proses Pengencangan Rantai Tidak Center
Viral :   5 Mainan Mobil Anak yang Dapat Dinaiki Dan Cara Merawatnya

Gear motor bisa saja bermasalah karena proses pengencangannya tidak center. Hal ini membuat sproket menjadi tidak rata. Pada akhirnya jarak kanan dan kiri pada arm menjadi tidak sama.

Hal ini akan berpengaruh pada peforma kendaraan Anda. Laju motor akan semakin optimal jika memiliki komponen yang saling bekerja sama. Jika sproketnya saja sudah bermasalah, maka akan berpengaruh pada hal lainnya.

Mulai dari rantai, roda, hingga kemudi. Segera bawa ke bengkel servis jika memang sproket motor Anda mengalami masalah. Pilih bengkel resmi agar kualitasnya terjamin untuk kendaraan Anda.

  1. Rantai Kering

Pastikan pelumasan untuk rantai maksimal. Rantai yang kering akan membuat kondisi motor bermasalah. Biasanya adanya pelumasan ini berguna untuk meminimalisir gesekan pada komponen ini.

Jika rantai terus dalam kondisi mengering, maka akan membuat gaya tarik-menarik. Hal ini kemudian berpengaruh pada kondisi gear motor. Perputarannya menjadi tidak normal dan kemudian komponen tersebut menjadi kendor serta gesekannya lebih kasar.

Jangan sampai rantai motor telat pelumasannya. Gunakan oli khusus untuk pelumas rantai sebaik mungkin. Jangan menggunakan oli bekas karena dikhawatirkan membawa kotoran yang justru berpengaruh pada peforma kendaraan Anda.

  1. Berkendara Tidak Tepat
Viral :   Spesifikasi dan Daftar Harga Mobil HRV Terbaru

Ternyata berkendara dengan cara stop and go justru akan membuat motor mengalami masalah. Jika sering melaju dan berhenti mendadak, rantai akan lebih kuat menarik bagian gear. Hal ini membuat umur dari sproket menjadi lebih pendek.

Sebaiknya berkendara dengan cara yang normal. Jangan sering berhenti mendadak kemudian melaju kembali. Hal ini juga membuat cekungan gigi menjadi lebih dalam yang pada akhirnya berujung pada kerusakan komponen satu ini.

  1. Beban Berkendara Berlebih

Bagian sproket akan semakin tersiksa dengan adanya beban berkendara yang terlalu berlebihan. Motor memang didesain kompatibel untuk mengangkut barang, tetapi semuanya ada kapasitasnya.

Jangan memaksakan untuk memuat banyak barang. Sebaiknya jika memang harus memuat barang bawaan dalam jumlah besar, gunakan kendaraan yang lebih kompatibel. Misalnya saja mobil, kendaraan roda tiga, dan sebagainya.

Bagaimana, sudah paham tentang apa itu sproket motor? Pastikan rawat kendaraan Anda secara optimal agar masa pakainya lama. Hal ini juga bermanfaat agar kuda besi Anda terhindar dari kasus turun mesin.