Ban Aspira Premio Sportivo untuk Performa dan Safety

Pada Februari 2016, Astra Otopart meluncurkan produk baru berupa ban Aspira Premio yang merupakan hasil kerja sama antara Astra Otopart dengan Pirelli dari Italia. Ban berteknologi tinggi hadir dengan tiga varian, yaitu Aspira Premio Urbano, Aspira Premio Sportivo dan satu lagi yang akan dibahas kali ini, yaitu ban Aspira Premio Sportivo RS.

Keunggulan Ban Aspira Premio Sportivo

Untuk memproduksi ban berkualitas, Astra Otopart menggandeng perusahaan ternama asal Italia, Pirelli, dan membentuk anak perusahaan bernama PT. Evoluzione Tyre dengan sharing modal Pirelli 60% dan Aspira Otopart 40%. Perusahaan inilah yang memproduksi Premio Sportivo. Apa saja keunggulan ban ini? Ini dia ulasannya.

  1. Elegan, Aman, dan Berkualitas

Proses produksi Premio Sportivo diawali dengan riset yang dilakukan di Italia oleh para peneliti dari Pirelli. Desain awal sampai berbentuk ban serta pengujiannya seluruhnya dilakukan di track Pirelli.

Hasilnya adalah ban dengan desain elegan yang sekaligus memberikan rasa aman karena memiliki cengkeraman yang kuat, traksi tinggi, dan daya tahan tinggi dalam kondisi jalan apa pun.

  1. Performa Maksimal

Selain pemilihan kompon, desain pattern ProGD (Progressive Groove Design) menjadi kunci grip maksimal pada ban ini. Kembangan ban depan dan belakang dibuat berbeda. Untuk ban depan, alurnya dibuat seperti terbalik sehingga performa Aspira Premio Sportivo menjadi maksimal.

Ban depan menunjukkan performa sangat mumpuni dalam hal pengereman dan memecah air, sementara ban belakang unggul dalam hal traksi serta manuver.

Viral :   Kelebihan Knalpot LeoVince dan Harga Terbaru

Teknologi ini dipilih karena ban depan dan belakang memang berbeda fungsinya. Arah keausan ban depan dan belakang juga berbeda, begitu pula arah pembuangan air ketika ban menggelinding di jalanan basah. Jadi, Anda bisa tetap percaya diri ketika harus masuk tikungan pada saat hujan.

  1. Konstruksi Ban Depan dan Belakang Berbeda

Yang membedakan dengan ban kebanyakan, konstruksi ban depan dan belakang Premio Sportivo ini juga dibuat berbeda. Perbedaan tersebut terletak pada kontur bagian bahu (shoulder).

Pada ban depan, bahunya lebih bulat untuk memudahkan handling, sedangkan ban belakang lebih kotak sehingga kokoh untuk menahan beban pada saat kendaraan dibawa menikung.

  1. Sidewall Lebih Kokoh

Selain itu, konstruksi side wall pada ban berjenis tubeless ini juga lebih kokoh. Bahkan ketika diduduki, ban tidak langsung gepeng akibat tertekan ke bawah.

Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan kebiasaan bikers di Indonesia yang sering kali overload dan sering tidak memperhatikan tekanan angin. Akibatnya, ban cepat benjol. Untuk mencegah hal tersebut, maka konstruksi ban Aspira Premio Sportivo ini diperkuat.

  1. Mudah Diseimbangkan

Ada titik berwarna merah di bagian dinding ban yang bertujuan untuk menginformasikan bagian yang teringan ban. Gunanya adalah agar saat pemasangan ke pelek disejajarkan dengan tutup pentil yang merupakan area terberat dari pelek. Dengan demikian, ban akan lebih seimbang.

  1. Tekanan Angin Tidak Cepat Berkurang
Viral :   Berbagai Kelebihan Dari Knalpot Yoshimura

Pada bagian dalam ban terdapat motif khusus yang berguna untuk melepas panas lebih cepat sehingga tekanan angin tidak cepat berkurang. Berdasarkan pengujian, suhu permukaan ban belakang bisa mencapai lebih dari 52 derajat Celsius dan ban depan 39 derajat Celsius. Namun, tekanan ban tetap normal.

  1. Hasil Durability Test Sangat Baik

Astra Otoparts melakukan durability test yang dimulai dari Jakarta menuju Pelabuhan Ratu-Taman Nasional Gunung Halimun Salak-Ujung Kulon-Pandeglang dan kembali ke Jakarta.

Hasilnya, performa ban sangat baik pada berbagai kondisi jalan. Ketika menempuh touring lebih dari 750 km dengan melewati medan yang beragam, dari aspal yang mulus hingga berlubang, jalanan tanah dan bebatuan, sampai jalan basah, tekanan ban tetap baik.

Daya cengkeram ban juga sangat memengaruhi jarak pengereman. Makin bagus gripnya, makin pendek pula jarak pengeremannya. Berdasarkan pengukuran, pengereman pada kecepatan 60 km/jam hingga berhenti menghasilkan jarak pengereman antara 9.02 meter hingga 10,88 meter.

Ban Aspira Premio Sportivo memiliki karakter yaitu jika suhu berada di titik ideal, grip ban akan lebih bagus. Suhu ban juga dipengaruhi bobot dan gaya berkendara. Makin berat kendaraan Anda dan makin sering Anda mengerem, tentu ban makin cepat panas.