Kelebihan Ban Tubeless
Ban Tubeless

Kelebihan Ban Tubeless Motor Matic Beserta Kekurangannya

Kelebihan Ban Tubeless Motor Matic cukup banyak maka tak heran jika banyak kalangan yang tak ragu untuk menggunakan ban Tubeless pada kendaraan kesayangan mereka. Ban Tubeless sendiri merupakan jenis ban yang dirancang tanpa ban dalam, karena itulah Kelebihan Ban Tubeless yang paling signifikan ialah tidak mudah bocor bisa terkena benda tajam. Dulu awal mulanya, jenis Ban Tubeless hanya digunakan pada kendaraan – kendaraan besar seperti motor gede serta mobil, akan tetapi seriring berkembangnya zaman, kini Kelebihan Ban Tubeless juga bisa dirasakan oleh semua kendaraan termasuk Motor Matic.

Tak menutup kemungkinan setiap Ban tentu mempunyai kelebihan serta kekurangan, sama halnya seperti pada ban Tubeless ini. Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan ban ini, tentu anda perlu mengetahui Kelebihan Ban Tubeless beserta kekurangannya supaya nantinya dapat memahami apa saja konsekuensi penggunaan ban Tubeless. Tanpa berlama – lama, yuk simak ulasan wartaoto.com selengkapnya dibawah ini.

Kelebihan Ban Tubeless Motor Matic

  • Daya tahan lebih kuat

Ban Tubeless tidak membutuhkan ban dalam, sebab didalam ban Tubeless terdapat inner yang berperan untuk merekatkan antara ban dan pelek sehingga tekanan angin tak akan bocor. Selain itu, Kelebihan Ban Tubeless ini juga mempunyai daya adesif lem power yang lebih tinggi daripada daya kohesif karet, sehingga lebih kuat walaupun tidak ada ban dalam. Maka dari itulah Ban Tubeless pada kendaraan tidak gampang kempes dan lebih aman untuk berkendara jarak yang jauh.

  • Waktu penambalan lebih cepat

Selanjutnya kelebihan jenis ban ini ialah jika terjadi kebocoran, maka waktu penambalannyanya pun relatif lebih cepat dan sangat berbeda dengan ban – ban pada umumnya. Penambalan ban Tubeless cukup dengan cairan anti bocor saja sehingga lebih cepat. Cairan anti bocor ini akan dimasukkan ke dalam ban tubeless lalu tinggal melepaskan benda tajam yang tertancap atau yang menyebabkan kebocoran. Jika benda tajam tadi sudah dilepas, maka cairan anti bocor akan menutup ibagian yang bocor tadi secara otomatis.

  • Cocok dipakai saat musim hujan

Ban Tubeless cocok digunakan saat hujan dikarenakan ban tubeless mempunai motif banyak yang ada dalam ban. Semakin banyak motif di ban, maka mampu dipakai dalam jalanan berair sebab air akan keluar di selah – selah motif ban. Perbedaan antara Ban Tubeless dengan ban biasa yang juga memiliki motif pada bannya, pada ban tubeless motif / alurnya lebih dalam sehingga akan lebih optimal dalam mengalirkan air.

  • Tidak mudah bocor

Ketahanan ban Tubeless terhadap benda tajam juga lebih baik dibanding ban tubetype, alhasil ban Tubeless menjadi tidak mudah bocor. Pasalnya tekanan angin pada ban tubeless tak akan langsung hilang, maka anda masih memiliki waktu untuk pergi ke rukang tambal ban terdekat bila terjadi kebocoran ban.

  • Perawatannya lebih mudah

Dalam segi perawatannya, anda hanya perlu menjaga tekanan angin supaya ban tidak kempes. Selain itu, anda juga perlu menjaga kebersihan ban serta pelek untuk mencegah kelonggaran yang akibatnya membuat tekanan angin menjadi tak sempurna.

Viral :   Modifikasi Motor Beat FI yang Simpel tapi Keren

Setelah kita mengetahui beberapa Kelebihan yang terdapat pada Ban Tubeless, dibawah ini ada beberapa kekurangan ban Tubeless yang mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi anda, seperti:

– Harganya terbilang mahal

– Tak bisa dipakai pada pelek ruji

– Tak cocok dipakai pada medan berat

– Memiliki umur lebih pendek karena dibuat dari coumpound lunak

– Beban yang lebih berat