SUV Masih Menjadi Favorit di Tahun 2021, Ini Alasannya

Setelah tertunda akibat merebaknya Covid-19, memasuki tahun baru ini berembus kabar bahwa beberapa banyak pabrikan mobil yang siap melepaskan produk terbarunya. Pasar otomotif pun diprediksi akan kembali menggeliat. Di antara berbagai produk tersebut, sejumlah pengamat mengatakan bahwa jenis kendaraan SUV akan tetap menjadi favorit di tahun 2021 ini. Apa alasannya?

Alasan SUV Tetap Terfavorit di Tahun 2021

Setiap orang tentu  memiliki selera yang berbeda dalam memilih kendaraan yang akan dimilikinya. Hal itu dipengaruhi banyak faktor, terutama berkaitan dengan tujuan, kebutuhan, dan tentu saja harga. Dari sekian banyak jenis kendaraan yang ada saat ini, Sport Utility Vehicle (SUV) tampaknya masih akan bertahan sebagai jenis kendaraan yang paling digemari, termasuk di Indonesia. Berikut beberapa alasannya.

  1. Tampilan Modern dan Gagah

Karakter utama Mobil SUV adalah desainnya yang gagah, sporty, dan tentu saja modern sehingga memang kendaraan ini benar-benar bisa memenuhi selera masa kini. Kesan yang ditampilkan ini membuat para penggunanya merasa lebih percaya diri dan bangga ketika meluncur di jalanan.

  1. Ground Clearance Tinggi

Ground clearance yang tinggi memudahkan kendaraan jenis ini dalam mengarungi berbagai kondisi medan tanpa membuat Anda khawatir terjadi masalah. Jalanan berlubang, polisi tidur, maupun rute-rute yang sulit bukan halangan untuk dijelajahi jika Anda menggunakan kendaraan ini.

  1. Fungsional
Viral :   Harga Knalpot Racing Termurah 2021

Kendaraan ini cukup banyak digunakan sebagai alat transportasi harian karena sangat fungsional. Mobil berjenis SUV sangat fleksibel karena memiliki berbagai kelengkapan yang mampu memenuhi kebutuhan pengendara.

  1. Banyak Pilihan Mesin

Beberapa pabrikan SUV, seperti Toyota, memberikan sejumlah pilihan dapur pacu bagi para konsumen sehingga Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Beberapa opsi  mesin itu adalah 1.500 cc, 2.700 cc, 2.400 cc diesel, dan 1.800 cc hybrid.

  1. Fitur Canggih dan Terkini

Soal keamanan dan kenyamanan, kendaraan yang identik dengan kesan sporty ini tidak kalah dengan model sedan atau hatchback. Anda boleh berharap akan adanya sejumlah fitur modern yang merupakan fitur standar SUV, seperti Hill Start Assist (HAS), Vehicle Stability Control (VSC), rem ABS+EBD+BA, 6-Airbags, Seat Belt Reminder, Emergency Stop Signal, dan kursi ISOFIX..

  1. Kapasitas Besar

Tanpa mengesampingkan faktor kenyamanan, kendaraan jenis SUV mampu mengangkut penumpang lebih banyak. Jenis kendaraan SUV 3-baris mampu menampung hingga 7 orang, meskipun saat ini juga hadir SUV sub-kompak dengan kapasitas 5 orang demi menjawab kebutuhan konsumen saat ini, misalnya mereka yang memiliki keluarga kecil.

  1. Bagasi Luas

Tak hanya kapasitas penumpang yang besar, SUV juga menawarkan bagasi yang lapang. Kursi pada baris kedua dan ketiganya dapat dilipat sehingga ruang bagasi akan menjadi 2–3 kali lebih luas.

  1. Hemat Bahan Bakar
Viral :   Kelebihan Helm Cakil, Cocok untuk Kamu yang Bergaya Retro

Ini juga faktor yang sangat penting dan menjadi salah satu alasan utama mengapa SUV sangat menarik. Meskipun tidak berlaku untuk semua merek, produsen mobil pada umumnya menawarkan opsi tenaga bensin dan diesel dengan menerapkan teknologi hemat bahan bakar seperti eco, kapasitas mesin kecil, dan material strukturnya yang dirancang untuk bisa mengurangi beban mobil.

  1. Lebih  Aman

Dengan bodi yang besar, SUV hanya akan mengalami kerusakan kecil ketika bertabrakan dengan mobil yang lebih kecil. Di samping itu, fitur Electronic Stability Control juga mampu meminimalkan terjadinya kecelakaan roll-over yang sebelumnya menjadi risiko terbesar pada model kendaraan ini.

  1. Fleksibel

Desain SUV dan semua fiturnya juga memungkinkan kendaraan ini tidak hanya aman dibawa untuk berkendara di jalanan beraspal yang mulus. Anda yang menyukai tantangan pun bisa mengandalkannya untuk melibas medan light offroad atau jalur nonaspal.

Dari sepuluh keunggulan yang dipaparkan di atas, tampaknya akan sulit bagi jenis kendaraan lain untuk menyaingi kepopuleran jenis SUV. Dengan begitu, jenis kendaraan ini diperkirakan masih akan bertahan cukup lama.