injection cleaner

Apa Itu Injection Cleaner? Yuk Cari Tahu

Ruang bakar pada kendaraan juga perlu perawatan. Salah satunya adalah dengan injection cleaner. Sebelum membahas tentang cairan perawatan tersebut, Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu injection dalam kendaraan. Injection berperan utama untuk menyemprotkan bahan bakar ke area ruang pembakaran di mesin.

Tentu saja jika hal ini bermasalah, kendaraan akan sulit dinyalakan. Bahan bakar pun akan menjadi lebih boros serta mesin ketika dinyalakan menjadi kasar. Injection yang tidak bekerja dengan baik akan membuat kendaraan lebih bermasalah. Yuk cari tahu selengkapnya.

Pengertian dan Fungsi Injection Cleaner

Injector harus bekerja secara baik sehingga bagian ECU atau Electronic Control Unit bisa mengatur frekuensi dan tekanan bahan bakar secara optimal. Ini dia ulasan tentang cairan injection selengkapnya.

  1. Pengertian Injection Cleaner

Injection cleaner merupakan perangkat yang berguna untuk membersihkan serta mencegah adanya lubang pada pin injector. Selain itu, residu sisa pembakaran juga dapat dibersihkan secara optimal menggunakan cairan ini. Dampak menggunakannya sangat bermanfaat untuk kendaraan.

Salah satunya adalah meningkatkan peforma motor maupun mobil ke dalam tingkatan yang lebih baik. Perawatan terhadap kendaraan haruslah seoptimal mungkin. Anda bisa memanfaatkan cairan tersebut sebagai sarana mudah merawat mesin.

  1. Perbedaan dengan Carbon Cleaner

Meskipun fungsi carbon cleaner dengan pembersih injeksi hampir sama, kenyataannya dua cairan tersebut berbeda. Perbedaan utamanya ada pada fokus pembersihan injectionnya.

Viral :   Mengenal Pengertian dan Jenis-jenis SST dalam Otomotif

Pembersih injeksi berguna untuk membersihka lubang dari sisa pembakaran. Carbon cleaner sendiri berguna agar sisa karbon yang menempel pada ruang pembakaran bersih. Keduanya sama-sama bermanfaat dan tentu saja harus Anda lakukan perawatannya secara rutin.

  1. Risiko Pemakaian

Banyak sekali kemudahan yang bisa Anda peroleh dari cairan injeksi ini. Mulai dari meningkatkan peforma mesin, hingga membuat mesin lebih awet. Meskipun demikian, Anda juga harus tahu risiko pemakaiannya karena memang sangat riskan jika tidak diperhatikan.

Ada jangka waktu tertentu untuk menggunakannya. Jika terlalu sering pun efeknya tidak begitu baik untuk kendaraan. Mesin akan menjadi lebih loyo serta susah dihidupkan apabila kapasitas pemakaiannya berlebihan.

Bahkan ada kasus yang menunjukkan bahwa penggunaan pembersih injeksi ini membuat mesin mati total. Risiko lainnya adalah zat kimia Acetone menjadi lebih tinggi. Hal ini bisa saja didapatkan pada cairan yang harganya murah. Logam dan cat mobil pun bisa terkikis jika penggunaannya lebih sering.

  1. Cara Menggunakan

Penggunaan injector cleaner sebenarnya cukup sederhana. Anda bisa mencampurkan cairan tersebut ke lubang pengisian bahan bakar. Pencampuran tersebut harus dilakukan tiap 5.000 sampai 10.000 kilometer. Atau juga bisa dilakukan sesuai dengan kualitas bahan bakar.

Viral :   Tips Memilih Toko Ban Mobil Terdekat dengan Kualitas Terbaik

Penggunaannya dinilai cukup aman untuk bahan bakar, asalkan kandungan oktan tidak terlalu tinggi. Sebaiknya hindari penggunaan cairan ini pada mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama. Hal ini dikarenakan pembersihan akan menjadi tidak maksimal.

Selain itu, sisa dari pembakaran juga tidak bisa terangkat. Sebaiknya cari bengkel servis yang berkualitas agar penanganan kendaraan semakin maksimal. Cari tahu juga merk cairan ini yang terbaik untuk mobil atau motor Anda.

  1. Range Harga

Injection cleaner merupakan perawatan kendaraan yang memang sangat penting. Tidak perlu khawatir untuk harga yang harus Anda bayar karena tergolong murah meriah. Meskipun demikian, ada sejumlah faktor yang harus Anda perhatikan jika ingin menggunakan perlengkapan ini.

Salah satunya adalah Zat Aceton yang sebaiknya jangan terlalu tinggi. Kandungan zat tersebut yang terlalu tinggi justru akan merusak bagian pada mesin. Lakukanlah pada bengkel resmi agar perawatan lebih optimal.

Nah itu dia ulasan secara lebih lengkap mengenai injection cleaner. Bagaimana, sudah berniat untuk merawat kendaraan dengan cairan pembersih tersebut? Pastikan perawatan yang Anda lakukan dilakukan di bengkel-bengkel terpercaya.