Asap Knalpot

Gas Pencemaran yang Dihasilkan dari Asap Knalpot Adalah

Banyak orang ternyata belum mengetahui kalau gas pencemaran yang dihasilkan dari asap knalpot adalah berbagai zat kimia. Diantaranya seperti karbon monoksida, karbon dioksida dan berbagai zat berbahaya lainnya. Sayangnya banyak orang belum menyadari kalau zat ini sangat berbahaya sehingga mengabaikannya begitu saja.

Asap kendaraan secara langsung akan bercampur dengan udara di sekitar kemudian dihirup oleh manusia. Jika hal ini berlangsung setiap harinya membuat berbagai resiko penyakit semakin besar dan dampak buruk lainnya. Apalagi di kota-kota besar dimana kendaraan bermotornya sudah sangat memadati jalanan membuat polusinya semakin buruk.

Pembahasan kali ini adalah tentang zat kimia apa saja dihasilkan dari asap pembuangan kendaraan bermotor. Terutama knalpot tidak ramah lingkungan sehingga menyumbang polusi udara menjadi lebih tinggi. Hal ini sangat penting agar memperhatikan penggunaan kendaraan dan pemilihan knalpot agar lebih ramah lingkungan.

Simak apa saja gas pencemaran yang dihasilkan dari asap knalpot adalah berupa zat kimia seperti CO dan CO2. Serta bahayanya bagi kesehatan tubuh yang harus diketahui untuk tindakan pencegahan secara mandiri. Sehingga tidak memperburuk kondisi kesehatan tubuh terutama jika sudah memiliki penyakit bawaan.

Ketahui Zat Kimia dari Sisa Pembakaran yang Dihasilkan Asap Knalpot

Sebenarnya jumlah polutan dihasilkan oleh knalpot jauh rendah karena adanya teknologi semakin canggih. Justru jumlah kendaraan semakin meningkat menyebabkan peningkatan pada jumlah polusinya. Sehingga sama banyaknya dan semakin berbahaya jika terus menerus terkena polusi pembakaran kendaraan terutama knalpot.

Viral :   Spesifikasi dan Keuntungan Memiliki Mobil Listrik Lexus

Gas pencemaran yang dihasilkan dari asap knalpot adalah zar berbahaya memiliki sifat karsinogenik meskipun sedikit. Zat karsinogenik menyebabkan resiko kanker menjadi lebih tinggi dan terjadinya kerusakan organ di tubuh. Terdapat dua jenis zat dengan sifat karsinogenik dari asap knalpot yaitu bernama Benzena serta Timbal.

Perlu diketahui Benzena sebuah senyawa yang terdapat di bahan bakar motor maupun mobil. Biasanya zat ini turut keluar bersama gas pembuangan dapat mencemari tubuh melalui saluran pernafasan. Jika kadarnya dalam tubuh kamu sudah banyak maka merusak sel darah terutama sel darah merah.

Zat lainnya yaitu timbal yang termasuk ke dalam golongan logam sisa pembakaran pada mesin kendaraan. Zat ini mampu mengendap dalam tumbuhan, bahkan tubuh manusia sehingga dapat menyebabkan permasalahan. Reaksi yang timbul jika tubuh menambung lebih banyak timbal yaitu merusak aliran darah dan lainnya.

Bahaya Gas Pembuangan Asap dari Knalpot Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Sudah menjadi rahasia umum kalau gas pencemaran yang dihasilkan dari asap knalpot adalah berbagai zat kimia. Hal ini memiliki bahaya menganggu kesehatan tubuh meskipun efeknya setiap orang bisa saja berbeda. Ketahui apa saja bahayanya agar kamu lebih berhati-hati menjaga kesehatan dari polusi akibat asap knalpot.

  1. Menurunkan kadar oksigen

Menghirup udara tercampur hasil dari pembuangan asap kendaraan berbahaya bagi semua orang karena CO. Gas ini lebih mudah tercampur dengan darah sehingga membuat kadar oksigen di tubuh menjadi turun. Jika organ kekurangan oksigen maka lebih mudah mengalami kerusakan terutama otak dan jantung.

  1. Merusak saluran pernafasan

Selain asap biasanya pembuangan dari kendaraan dapat berupa debu atau partikel hitam sangat kecil. Paparan debu tersebut dalam waktu lama dapat menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan seperti asma dan kanker paru. Jadi sebaiknya hindari paparan langsung dengan tidak berada di belakang knalpot secara pas di muka.

  1. Kerusakan pada sistem peredaran darah

Setelah merusak saluran pernafasan kemudian lanjut ke kerusakan peredaran darah yang lebih berbahaya. Zat CO mampu membuat darah mengental menjadi meningkat sehingga menyebabkan gangguan lain. Ditambah lagi paparan debu berupa sulfat dapat membuat pembuluh darah kamu menjadi lebih cepat rusak.

Viral :   Mengetahui Fungsi Oli Mesin Berdasarkan Ragam Jenisnya

Terdapat penelitian di Boston yang membuktikan jika daerah dengan tingkat polusi gas knalpot efeknya lebih buruk. Tingkat resiko kematian menjadi lebih tinggi karena dapat memperburuk penyakit yang diderita seseorang. Seperti penyakit diabetes, stroke dan sejenisnya yang menyebabkan faktor kematian dini semakin besar.

Gas pembuangan asap dari knalpot memang memiliki bahaya yang sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Efeknya pada masing-masing tubuh manusia sangat berbeda sehingga resikonya juga berbeda. Namun sangat penting mengetahui gas pencemaran yang dihasilkan dari asap knalpot adalah berbagai zat kimia berbahaya untuk kesehatan.