Mengenal Perbedaan Knalpot Tsukigi Embos dan Non Embos

Knalpot Tsukigi banyak digunakan oleh para biker dalam negeri. Terlebih lagi untuk mereka yang senang memodifikasi kendaraan dengan konsep Thailook. Knalpot ini memang sangat pas untuk dikombinasikan dengan motor yang dimodifikasi dengan konsep tersebut.

Tsukigi adalah brand knalpot asal Thailand. Tentu saja ada banyak sekali varian knalpot yang sudah dikeluarkan oleh brand satu ini. Namun yang paling unik adalah perbandingan antara knalpot embos dan non embos yang dikeluarkan oleh Tsukigi sendiri.

Ini bukan masalah asli atau palsu. Namun fitur embos dan non embos memang sengaja dilakukan oleh Tsukigi untuk memaksimalkan kepuasan para pelanggan mereka. Pernahkah kamu mendengar kedua istilah ini?

Memahami perbandingan antara knalpot Tsukigi embos dan non embos ternyata memang sangat penting. Soalnya ada perbedaan performa dari kedua jenis knalpot ini. langsung saja, mari kita bahas perbandingannya satu persatu.

Perbandingan dari Segi Desain Knalpot

Yang pertama mari kita bahas perbandingannya dari segi desain. Dari riset yang sudah kami lakukan, ternyata desain antara Tsukigi embos dan non emboss memang tidak jauh berbeda. Bahkan jika dilihat sekilas memang terlihat sama persis. Namun ada beberapa ornamen untuk yang sengaja dipasang untuk membedakannya.

Knalpot embos memiliki tiga buah baut L penghalang glasswood di bagian belakangnya. Sedangkan untuk jenis non embos memiliki tga buah baut jenis + di bagian belakang dengan fungsi yang sama. Hal ini membuat knalpot Tsukigi non embos lebih mudah untuk divariasikan.

Jika dilihat dengan lebih detail, Tsukigi emboss memang sedikit lebih panjang dibandingkan dengan Tsukigi non embos. Mungkin ini juga alasan kenapa mayoritas pengguna lebih memilih penggunaan Tsukigi embos untuk motor mereka masing-masing.

Viral :   Apa Itu Sproket Motor? Cari Tahu Penjelasannya Yuk

Perbandingan dari Segi Metode Pengelasan

Dari segi pengelasan, sepertinya brand asal Thailand ini sama sekali tidak menciptakan pembeda. Mereka menggunakan automatic welding untuk memaksimalkan kualitas pengelasan pada beberapa part knalpot yang dibuat. Hasilnya jadi lebih rapi.

Untuk knalpot embos biasanya memiliki 8 atau lebih titik pengelasan cacing pada bagian leher knalpot. Sedangkan untuk Knalpot non embos hanya memiliki lima buah titik pengelasan cacing pada bagian lehernya. Ini membuatnya terlihat lebih pendek dibandingkan dengan knalpot emboss.

Perbandingan Lain dari Bentuk Silencer

Perbandingan lain yang bisa kamu lihat dari knalpot Tsukigi embos dan non embos adalah bentuk silencer yang ditempatkan pada knalpot itu sendiri. Pada varian Tsukigi Emboss, silencer yang digunakan sama persis dengan silencer ori bawaan motor pabrikan.

Berbeda dengan knalpot embos, varian non embos justru memiliki ukuran silencer yang jauh lebih kecil. Biasanya perbedaan ukurannya ini bisa mencapai 1 hingga 2 cm dibandingkan dengan ukuran silencer standar pada motor pabrikan.

Mungkin ukuran silencer inilah yang membuat Tsukigi embos terdengar jauh lebih adem. Dan sebaliknya, Tsukigi non embos yang memiliki silencer berukuran lebih kecil cenderung mengeluarkan suara yang jauh lebih ngebas pada setiap tarikan gas.

Perbandingan dari Segi Suara dan Performa

Perbedaan lain yang ada pada dua jenis knalpot ini terletak pada performa suara yang dimilikinya. Untuk knalpot Tsukigi embos biasanya memiliki suara yang jauh lebih cempreng dibandingkan dengan Tsukigi non embos.

Viral :   Yuk, Kenali Jenis-jenis Apar Beserta Fungsinya

Sebaliknya, Tsukigi non embos justru memiliki suara yang lebih ngebass dan menyerupai knalpot racing pada umumnya. Sudah tentu pemilihan kedua jenis knalpot ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan modifikasi motor masing-masing.

Untuk motor yang sering melewati daerah padat penduduk, tentu saja varian embos lebih direkomendasikan karena tidak memunculkan kesan berisik. Namun kalau konsumen tinggal di daerah dengan jalanan yang luas dan agak sepi, sepertinya penggunaan Tsukigi Non embos jauh lebih baik.

Jika dilihat dari segi performanya, kedua jenis knalpot ini memang tidak jauh berbeda. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh para pakar otomotif, kedua jenis knalpot ini terbukti ampuh untuk memaksimalkan torsi mesin pada motor penggunanya.

Namun tentu saja pemilihannya juga harus disesuaikan dengan jenis motor masing-masing. Berbeda jenis motornya, berbeda juga varian knalpot dari brand Tsukigi yang bisa digunakan. Kesalahan dalam pemilihan ini akan membuat performa motor tidak maksimal.

Perlu dipahami, kisaran harga yang ditawarkan untuk knalpot embos atau non embos ini juga tidak terlalu jauh berbeda. Berdasarkan riset yang kami lakukan di beberapa marketplace besar negeri ini, produk knalpot Tsukigi embos atau non embos dijual di kisaran harga 400 hingga 500 ribuan saja.

Kata Pencarianhttps://www wartaoto com/review/3727/mengenal-perbedaan-knalpot-tsukigi-embos-dan-non-embos html,Perbedaan embos dan non embos,perbedaan vnd new dan old,apa beda tsukigi embos dengan non embos,apa bedanya knalpot tsukigi embos dan non embos,apa bedanya vnd non embos dan embos,bedanya knalpot mbos sama non embos,istilah knalpot tsukigi,Knalpot sugi,knalpot tsukigi adalah,Knalpot vnd lama beat,perbedaan knalpot embos dan non embos