Biaya Tol Jakarta Bandung Terbaru 2021, Caritahu Sebelum Berpergian

Kamu Ingin melakukan perjalanan ke Bandung? Sebaiknya mengetahui biaya tol Jakarta bandung terlebih dahulu. Dengan mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan itulah maka bisa membuat Kamu semakin lega selama berada di perjalanan. Bukan hanya itu saja, ini akan bisa membuat seseorang mempunyai persiapan.

Adapun biaya tersebut diatur oleh PT jasa Marga (Persero) Tbk sejak 17 januari 2021 kemarin terutama untuk ruas jalan bebas hambatan Jakarta-Cikampek, Tol Cipularang kemudian Tol Padaleunyi. Ketiga akses jalan bebas hambatan tersebut menjadi satu-satunya akses dari Jakarta ke bandung. Bukan hanya itu saja, ketiganya menjadi salah satu tol cukup sibuk di Indonesia.

Adanya perubahan dari biaya tersebut yang dikelola oleh pihak BUMN tentu juga akan memberikan pengaruh terhadap biaya perjalanan antar-kota dimana harus Kamu keluarkan bukan? baik itu menggunakan kendaraan pribadi, truk ataupun bus. Inilah pentingnya sebelum memulai perjalanan, mengetahui dahulu besaran biaya yang harus Kamu keluarkan tersebut.

Tentunya kamu juga tidak ingin bukan apabila perjalanan untuk liburan ataupun bisnis ke Bandung terganggu? Untuk itulah, sangat penting mengetahui rincian biaya dimana harus dikeluarkan oleh para pengguna jalan bebas hambatan dari Jakarta menuju ke bandung. Agar tidak bingung lagi, langsung saja simak ulasan dibawah ini mengenai biaya tol Jakarta bandung.

Biaya biaya tol Jakarta Bandung terbaru

Adapun biaya dibawah ini sendiri ditentukan berdasarkan pintu keluarnya kendaraan untuk golongan 1 meliputi sedan, bus, truk kecil dan bus. Adapun biaya sama juga berlaku apabila melakukan perjalanan dari bandung menuju ke Jakarta. Berikut ini biaya tol Jakarta bandung yang harus dikeluarkan berdasarkan aturan dari PT jasa Marga Tbk tahun ini.

  1. Jakarta-Bandung keluar dari Padalarang yakni Rp63.000
  2. Jakarta-Bandung keluar dari Baros yakni Rp64.500
  3. Jakarta-Bandung keluar dari Pasir Koja yakni Rp 67.000
  4. Jakarta-Bandung keluar dari Pasteur yakni Rp66.000
  5. Jakarta-Bandung keluar dari jalan Kopo yakni Rp 67.500
  6. Jakarta-bandung keluar dari Moh Toha yaitu Rp67.500
  7. Jakarta Bandung keluar Buah batu yaitu biaya Rp68.500
  8. Jakarta Bandung Keluar Cileunyi yakni Rp 72.500
Viral :   Rekomendasi Harga Aki Mobil Terbaik, Tahan Lama, dan Berkualitas

Adapun biaya yang harus kamu keluarkan tersebut berasal dari pembayaran tol Jakarta Cikampek yakni sebesar Rp20.000, kemudian biaya dari tol Cipularang Rp42.500. Sedangkan untuk biaya di Tol Padaleunyi sendiri antara Rp500 hingga Rp10.000 dimana disesuaikan dengan pintu keluar tol manakah yang dipilih buat masuk ke bandung dari asal SS Padalarang.

Adapun keputusan dari Menteri Pekerjaan Umum maupun perumahan Rakyat menyebutkan apabila adanya kenaikan jalan bebas hambatan Jakarta Cikampek tersebut adalah sebagai upaya buat meningkatkan pelayanan terbaik kepada para pengguna jalan bebas hambatan. Selain itu, kenaikan tersebut ternyata disetujui setelah adanya tim Kementerian PUPR telah melakukan audit pada standar pelayanan minimum SPM dengan ketat.

Proses audit itu sendiri melipu kondisi jalan, kecepatan tempuh rata-rata dari para pengguna, keselamatan hingga aksesibilitas untuk mobilitas. Dengan adanya kenaikan tersebut maka diupayakan dapat menjadi momen terbaik buat meningkatkan ekonomi Indonesia kembali secara nasional selama menghadapi masa pandemi.

Viral :   Lirik Beberapa Produk Sarung Tangan Motor Wanita Berdasarkan Harganya

Ada banyak manfaat dari adanya pengoperasian tol laying diantaranya adanya adanya distribusi kendaraan di jalan Jakarta Cikampek karena adanya pemisahan perjalanan jarak jauh maupun jarak dekat. Selain itu, terdapat juga penurunan kepadatan lalu lintas sehingga akan menurunkan kemacetan.

Manfaat Keberadaan Jalan Tol untuk Pengguna Jalan

Keberadaan jalan tol ini sendiri ternyata juga akan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat umum terutama yang memiliki mobilitas cukup tinggi di jalan raya. Berikut ini manfaat dan tujuan dari diadakannya jalan tol tersebut.

  1. Dapat membuat lalu lintas semakin lancar

Manfaat pertama dari keberadaan jalan tol adalah dapat membuat lalu lintas semakin lancar. Bayangkan saja apabila tidak terdapat jalan bebas hambatan sedang Kamu mempunyai perjalanan jarak jauh, tentu akan memakan waktu banyak bukan.

 

  1. Meningkatkan perkembangan wilayah secara merata

Secara tidak langsung keberadaan jalan bebas hambatan ini sendiri akan mempengaruhi bagaimana pertumbuhan ekonomi dari suatu daerah. Inilah sebabnya, keberadaannya ternyata dapat meningkatkan perkembangan di suatu wilayah.

 

  1. Penghematan biaya operasi kendaraan

Para pengguna jalan inipun ternyata juga akan mendapatkan keuntungan yakni adanya penghematan biaya operasi kendaraan atau BOK dan waktu dibandingkan apabila harus melewati jalan biasa.

Keberadaan jalan bebas hambatan memang sangat penting untuk menunjang mobilitas seseorang agar lebih cepat dan efisien. Untuk mendukung itu semua, maka pemerintah memberlakukan biaya tol Jakarta bandung baru untuk dipatuhi dengan baik.