Intercom helm

Intercom Helm, Lebih Aman atau Malah Meningkatkan Resiko Kecelakaan

Penggunaan intercom helm semakin menjadi tren di Indonesia, terutama bagi para anak motor. Helm yang satu ini memiliki berapa keunggulan dari helm pada umumnya. Selain sebagai pelindung kepala juga dapat digunakan sebagai alat berkomunikasi. Biasanya komunikasi dibutuhkan bagi group motor yang sedang melakukan touring dengan jumlah peserta yang cukup banyak.

Saat ini makin banyak saja group motor yang bermunculan di Indonesia. Sepertinya berkendara dengan motor sudah menjadi salah satu gaya hidup. Mengendarai sepeda motor memang memberikan sensasi tersendiri. Mengendarai sepeda motor sambil menikmati indahnya pemandangan bisa menjadi pelepas penat setelah beraktivitas selama seharian.

Salah satu komponen wajib yang harus digunakan pengendara sepeda motor di jalan raya adalah helm. Fungsi helm sangat penting bagi keselamatan pengendara, oleh sebab itu pemerintah Indonesia mewajibkan memakai helm bagi pengendara sepeda motor. Saat ini helm bukan hanya dijadikan pelindung kepala dan gaya. Dengan kemajuan teknologi helm dapat juga dijadikan sebagai alat komunikasi seperti intercom helm.

Hal penting yang perlu kamu ketahui adalah ketika membeli helm yang harus diutamakan adalah kualitasnya bukan tampilannya. Karena fungsi utama dari helm adalah untuk melindungi kepala dari benturan. Berkendara di jalan raya kalau tidak berhati-hati sangat rentan dengan kecelakaan. Pastikan kamu selalu memakai helm saat berkendara di jalan raya, selain demi keselamatan juga agar terhindar dari tilang.

Kelebihan yang Terdapat pada Intercom Helm

Viral :   Diskon Pajak Mobil Berlaku, Berikut Skemanya

Sebagai helm dengan teknologi yang canggih tentu memiliki banyak kelebihan. Saat ini banyak sekali jenis helm dengan model intercom di pasaran. Kamu dapat menemukannya dengan mudah di marketplace terkemuka di Indonesia. Kisaran harganya sediri cukup beragam, sesuai dengan teknologi yang terdapat pada helm tersebut. Biasanya harganya berada di rentang 1 juta sampai 5 juta.

Manfaat utama dari intercom helm adalah untuk melakukan komunikasi saat berkendara. berkomunikasi saat berkendara biasanya sangat dibutuhkan saat menempuh perjalanan jauh dan dalam jumlah rombongan yang cukup banyak. Dengan melakukan komunikasi dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya anggota yang terpisah dari rombongan. Selain itu jika salah satu rombongan ada yang mengalami masalah dengan motornya di tengah jalan dapat memberi kabar kepada yang lain dengan mudah.

Jika kamu ingin membuat konten youtube berupa motovlog kamu juga bisa menggunakan helm yang satu ini. Karena pada helm ini terdapat fitur kamera yang memungkinkan kamu untuk merekam selama melakukan perjalanan. Merekam perjalanan dengan kamera helm itu juga jauh lebih aman dibandingkan dengan kamera ponsel. Merekam perjalanan dengan kamera ponsel dapat mengganggu selama perjalanan dan cukup berbahaya.

Selain itu kelebihannya yaitu kamu dapat mendengarkan arahan dari GPS. Ini sangat berguna ketika kamu akan berpergian ke tempat baru yang belum kamu ketahui lokasinya. Ini akan membuat kamu tidak perlu susah-susah untuk selalu melihat layar ponsel saat sedang menggunakan GPS.

Viral :   Mengenal Fungsi dan Jenis-Jenis Excavator Komatsu

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Mengenai Intercom Helm  

Walaupun memiliki banyak sekali keunggulan, intercom helm juga memiliki kekurangan. Dengan fitur yang dimiliki kalau tidak digunakan dengan semestinya justru akan membahayakan pengendara sepeda motor. Salah satunya yaitu ketika kamu mendengarkan dengan volume yang sangat keras sehingga mengganggu pendengaran dari luar. Seperti ketika ada bunyi klakson dari kendaraan lain.

Sebaiknya ketika menggunakan helm yang satu ini hanya digunakan untuk melakukan koordinasi terkait dengan perjalanan yang dilakukan. Jangan digunakan untuk hal-hal lain yang justru dapat mengganggu konsentrasi ketika sedang berkendara. Contohnya yaitu seperti digunakan untuk mendengarkan musik dengan volume yang cukup keras. Mendengarkan musik dengan volume yang cukup keras sangat membahayakan ketika sedang berkendara.

Kamu juga harus tetap fokus ketika sedang berkoordinasi dengan menggunakan helm yang satu ini. Karena terkadang ketika sedang berkoordinasi pengendara hilang fokus memperhatikan kondisi di sekitar. Usahakan kondisi mata tetap fokus mengamati kondisi sekitar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jadi menggunakan helm multifungsi yang satu ini bisa meningkatkan keamanan dan bisa juga meningkatkan resiko kecelakaan. Semua itu tergantung bagaimana kamu memanfaatkan fitur yang ada. Jika digunakan dengan benar maka akan meningkatkan keamanan, sebaliknya jika digunakan dengan salah intercom helm justru meningkatkan resiko kecelakaan.