Harga busi motor

Informasi Fungsi dan Harga Busi Motor Sesuai Jenisnya

Mengetahui harga busi motor di pasaran bisa menjadi referensi ketika Kamu hendak membelinya. Salah satu komponen penting pada kendaraan ini memang sudah ada secara bawaan pada motor. Namun karena adanya batas umur busi motor, sehingga pengguna harus membelinya ketika sudah mengalami aus.

Tidak kalah pentingnya dari onderdil lain, kondisi busi juga harus menjadi perhatian penggunanya. Karena performa kendaraan turut dipengaruhi oleh kinerja dari bagian ini. Lantaran fungsinya secara umum berkaitan dengan proses pembakaran bahan bakar di ruang mesin.

Maka tidak jika busi atau yang disebut juga spark plug ini banyak dijual di pasaran. Memang sudah ada onderdil standar dari bawaan motor. Tapi biasanya hanya berumur sekitar sampai 20 KM saja. Lebih dari itu, Kamu harus mengecek atau bahkan mengganti spark plug motor.

Berikut Kami berikan informasi mengenai harga busi motor dari berbagai jenis. Setiap variasi busi memang memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sehingga harganya pun juga berbeda. Bagi yang berencana mau beli, bisa simak terlebih dahulu review harganya berikut.

Harga Busi Motor Berdasarkan Jenisnya

Busi yang digunakan pada motor mempunyai beberapa jenis berbeda. Kamu bisa memilih spark plug yang paling cocok dengan spesifikasi motor. Adapun berikut penjelasan jenis-jenis spark plug motor lengkap beserta informasi perkiraan harganya:

  1. Tipe Standar: modelnya sama seperti busi bawaan dari kendaraan yang biasanya dapat digunakan hingga jarak tempuh 20 ribu km. Harganya berkisar mulai dari Rp 10.000.
  2. Tipe Iridium: cocok digunakan untuk motor dengan mesin berkapasitas hingga 150 cc karena dapat bertahan sampai 70000 km. Harganya berkisar mulai dari Rp 90.000.
  3. Tipe Platinum: Ada juga tipe platinum yang cocok untuk kendaraan touring dengan umur mencapai 30000 km. Harganya berkisar mulai dari Rp 25.000.
  4. Tipe Resistor: biasanya ditandai dengan adanya logo R yang cocok digunakan pada motor dengan perangkat elektronik digital. Harganya berkisar mulai dari Rp 30.000.
  5. Tipe Racing: tipe busi ini mungkin mempunyai umur yang lebih pendek tapi punya material yang tahan terhadap kompresi tinggi. Harganya berkisar mulai dari Rp 50.000.
Viral :   Menilik Spesifikasi Honda Genio terbaru 2021

Kapan Harus Ganti Busi Motor?

Seringkali pengendara kendaraan kurang memperhatikan kesehatan pada busi kendaraan mereka. Padahal komponen ini harus diganti ketika sudah mengalami aus. Jika tidak, maka akan menyebabkan motor mati secara mendadak. Lalu kapan waktu yang tepat untuk membeli busi baru?

Gejala yang pertama dan bisa dikenali yaitu ketika kendaraan jadi susah distarter. Misalnya pada pagi hari ketika Kamu akan berpergian, tapi starter kendaraan tiba-tiba menjadi susah starter. Ini bisa menjadi tanda-tanda bahwa spark plug mengalami aus

Selain itu juga bisa dirasakan dari akselerasi kendaraan yang menurun. Hal ini mengindikasikan adanya perubahan gap pada spark plug. Masalah ini biasa terjadi pada kendaraan yang sudah lama tidak diganti businya sehingga menyebabkan perubahan pada gap atau celah.

Viral :   SUV Masih Menjadi Favorit di Tahun 2021, Ini Alasannya

Celah tersebut melebar sehingga menyebabkan onderdil ini tidak bisa bekerja optimal untuk mengalirkan listrik antara dua elektrode. Atau dengan kata lain aliran listrik tidak mengalir ke arah yang seharusnya, dalam bidang mekanik disebut missfire. Alhasil masalah ini mengakibatkan pembakaran pada mesin tidak berjalan sempurna.

Onderdil ini yang sudah aus juga dapat berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar di mana menjadi lebih boros. Ada baiknya melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin untuk memperpanjang usia busi.

Tips Perawatan Onderdil Pada Motor

Lakukan pengecekan pada ketebalan kerak secara rutin di bagian kepala spark plug. Jika kerak sudah banyak yang menumpuk maka mengindikasikan komponen tersebut sudah tidak bagus sehingga harus diganti. Jangan lupa cek harga busi motor yang akan dibeli terlebih dahulu dan spesifikasi paling cocok untuk kendaraan Kamu.

Tips perawatannya, Kamu bisa membersihkan bagian kepala onderdil. Hal ini bisa dilakukan sebelum kerak belum terlalu banyak menumpuk. Namun sebaiknya tidak membersihkan kerak dengan amplas karena bisa menyebabkan abrasif pada kepala spark plug.

Jika kurang memahami tentang onderdil kendaraan, Kamu juga bisa mengkonsultasikannya kepada jasa service agar mendapatkan suku cadang dimana memang sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Dan informasi harga busi motor diatas bisa jadi gambaran bagi kalian yang ingin mengganti suku cadang kendaraan ini.