Kelebihan busi iridium

Review Busi Iridium untuk Motor, ini Pengertian dan Kelebihannya

Jika membahas tentang onderdil motor, busi iridium menjadi salah satu yang banyak dibicarakan. Busi atau disebut spark plug menjadi menjadi bagian penting dalam kendaraan bermotor. Fungsinya sebagai sumber pengapian dalam proses pembakaran bahan bakar kendaraan.

Sederhananya, bensin pada motor tercampur dengan udara yang sudah dikompres, lalu mendapatkan percikan api dari busi untuk proses pembakaran sehingga motor bisa berjalan. Maka jika terjadi kerusakan pada bagian ini bisa menyebabkan motor mati. Pada kasus-kasus busi yang sudah aus biasanya ditandai dengan mesin mati mendadak.

Spark plug pada motor sendiri punya beberapa variasi yang penggunaannya bisa disesuaikan dengan tipe motor. Salah satunya tipe busi iridium yang paling sering digunakan pada jenis motor berjenis mesin 150 CC. Meskipun bukan jenis spark plug satu-satunya, tapi iridium menawarkan beberapa kelebihan. Mari kita bahas lebih detail tentang jenis spark plug ini.

Mengenal Jenis Busi Motor Iridium

Tidak sedikit pemotor yang lebih memilih menggunakan tipe spark plug ini, alih-alih mempertahankan bawaan standard motor. Alasannya karena dianggap dapat menunjang performa mesin kendaraan agar lebih epic, apalagi untuk motor bermesin 150 cc. Harganya sendiri juga cukup terjangkau, hanya sekitar seratus ribu, tergantung dari merk dan tokonya.

Kita bahas sedikit tentang karakteristik busi iridium. Jenis ini terbuat dari material logam yang keras sehingga memiliki sifat tahan panas serta tidak korosif. Tahukah Kamu, material iridium memiliki titik didih mencapai 2.500 derajat celcius yang mana durabilitas pemanasannya memang lebih lama dibandingkan jenis besi umum.

Viral :   Cara Mengetahui Ukuran Ban Mobil Melalui Kodenya

Dari sifatnya tersebut juga membuat tipe busi ini bisa lebih fokus ketika proses pembakaran sehingga dinilai sangat kompabilitas terhadap mesin racing kendaraan bermotor. Memang faktanya, spark plug tipe ini dapat meningkatkan kinerja mesin motor meskipun tidak terlalu signifikan.

Terlebih untuk menemukannya juga tidak sulit, hampir sangat mudah dibeli di toko-toko otomotif. Kamu bahkan juga bisa membelinya secara online. Agar lebih memahami tentang busi iridium, berikutnya Kami akan memberikan daftar kelebihan-kelebihan spark plug ini.

Review Kelebihan Busi Iridium

Busi menjadi sumber pengapian yang penting dalam mesin motor. Meskipun menggunakan bahan bakar berkualitas tapi tidak memilih spark plug yang tepat, maka bisa menyebabkan proses pembakaran tidak berjalan dengan optimal. Bukan tanpa alasan mengapa banyak orang menyukai spark plug iridium, diantaranya karena beberapa keunggulan berikut:

  1. Mempunyai bahan elektroda yang ukurannya lebih kecil sehingga sifat tahan panasnya cukup baik dibandingkan jenis reguler.
  2. Memungkinkan motor untuk lebih mudah dalam starter karena tipe satu ini tidak memerlukan tegangan tinggi saat mengeluarkan percikan api ketika memicu proses pembakaran.
  3. Memiliki tingkat efektivitas respon gas yang cukup baik serta menghasilkan proses pembakaran mesin yang lebih efisien, konsisten serta presisi.
  4. Diklaim lebih tahan lama dari segi umur penggunaannya dibandingkan jenis busi biasa, bahkan 10 kali lipat lebih bagus. Akan tetapi juga bergantung dari penggunaan motor itu sendiri. Jika Kamu memakai motor dengan kecepatan konstan tanpa sering memainkan gas maka busi ini akan lebih awet penggunaannya.
  5. Dapat meningkatkan performa mesin mencapai 3%, tapi nilai ini sebenarnya tidak terlalu tinggi. Setiap merk busi iridium juga memiliki performanya sendiri. Jadi tidak bisa disamaratakan. Oh iya, jika dilihat dari segi performa, busi ini juga lebih ramah lingkungan karena dapat meningkatkan kualitas gas buangnya.
  6. Lebih fokus saat mengeluarkan percikan api karena memiliki elektroda dengan center berukuran hanya 0,4 milimeter. Sementara pada tipe atau model standar memiliki ukuran 2,5 milimeter yang mana menghasilkan medan listrik lebih besar. Kelebihan inilah yang membuat banyak orang lebih menyukai model iridium.
  7. Diklaim mampu membuat penggunaan bahan bakar jadi lebih hemat karena sifatnya yang dapat meminimalisir kegagalan proses pembakaran ketika motor di starter. Selain itu juga diklaim dapat meningkatkan akselerasi kendaraan meskipun tidak terlalu signifikan.
Viral :   Spesifikasi Nissan GTR R34 Terbaik untuk Anda

Bagi kalian yang sedang mencari rekomendasi busi apa paling bagus untuk motor, tentu tetap harus disesuaikan dengan jenis kendaraan itu sendiri. Sementara, informasi mengenai review busi iridium di atas bisa menjadi gambaran dan pertimbangan Kamu untuk memilih tipe atau jenis onderdil yang pas.