Syarat Balik Nama Motor Beserta Cara dan Biaya Mengurusnya

Syarat balik nama motor menjadi bagian penting yang harus Anda perhatikan agar tidak ada masalah dalam mengurus transfer of title (balik nama). Ada beberapa alasan mengapa seseorang mengurus transfer of title motor, seperti pembelian motor bekas, mendapatkan motor dari orang lain, dan lain sebagainya.

Ada banyak tahapan yang harus dilalui saat proses transfer of title kepemilikan kendaraan sehingga menghabiskan cukup banyak waktu dan tenaga. Agar proses tidak berlangsung lama, tentu Anda harus menghindari masalah yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, penting memahami syarat, cara dan biaya transfer of title.

Document yang Diperlukan untuk Balik Nama Motor

Sebelum melangkah lebih jauh dalam transfer of title kendaraan, ada baiknya Anda memenuhi syarat balik nama motor terlebih dahulu. Info ini bisa Anda dapatkan melalui website lembaga terkait atau mendatangi dan bertanya langsung pada petugas. Dengan begitu, sedikit kemungkinan terjadi masalah selama transfer of title.

Ada beberapa document yang harus Anda persiapkan dan lengkapi sebelum transfer of title, mulai dari fc (fotocopy) KTP pemilik kendaraan yang baru, BPKB asli, fc STNK yang sudah diproses, fc BPKB, fc hasil pengecekan fisik kendaraan hingga fotokopi bukti pembelian sepeda motor.

Meskipun sudah dipersiapkan beberapa document tersebut, pastikan Anda juga membawa document asli karena terkadang ada petugas yang ingin melihat document asli agar lebih meyakinkan. Bawalah semua document tersebut dalam map agar lebih rapi dan lebih mudah dicari saat membutuhkannya nanti selama pengurusan transfer of title.

Viral :   Mobil Tesla Autonom, Apa Saja Serinya?

Cara Balik Nama pada STNK

Setelah syarat balik nama motor lengkap dan sesuai aturan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan transfer of title pada STNK. Sebenarnya, tidak sulit untuk mengurus transfer of title motor maupun mobil, hanya saja Anda harus tahu langkah-langkahnya dengan tepat agar tidak bingung saat sampai di lokasi.

Anda diharuskan datang ke kantor Samsat sesuai dengan wilayah tempat tinggal pemilik motor. Hal ini juga merupakan syarat balik nama motor yang harus dipenuhi, termasuk mengecek fisik kendaraan untuk mendapatkan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan. Baru kemudian, Anda bisa menyerahkan document pada petugas.

Jangan lupa untuk menyertakan document tentang kondisi fisik kendaraan pada petugas melalui loket transfer of title. Di sini, Anda hanya perlu menunggu sampai proses selesa dikerjakan oleh petugas. Apabila data-data sudah diinput, kemudian Anda harus menyelesaikan proses pembayaran sesuai dengan aturan yang ada.

Cara Balik Nama pada BPKB

Dalam transfer of title, bukan hanya berkaitan dengan STNK saja tapi juga BPKB. Sebenarnya langkah yang dilakukan dalam transfer of title BPKB memiliki kesamaan dengan balik nama STNK, meski tetap ada sedikit perbedaan. Kedua proses ini juga harus dilakukan bersamaan jadi Anda harus memenuhi syaratnya.

Syarat balik nama motor pada BPKB ini juga sama dengan STNK jadi Anda bisa mempersiapkannya. Baru kemudian, transfer of title bisa diurus sekaligus bersama STNK. Setelah itu, Anda harus melakukan pembayaran melalui loket administrasi di bank yang tersedia sesuai dengan aturan pembayaran BPKB.

Viral :   Agar Tidak Tertipu, Inilah Tarif Derek Tol Resmi

Apabila proses sudah selesai, Anda diharuskan mengisi dan menyerahkan formulir biaya transfer of title pada petugas Samsat. Meskipun transfer of title sudah selesai, biasanya membutuhkan waktu beberapa hari sampai BPKB baru jadi sehingga Anda bisa kembali datang pada tanggal yang sudah tertera pada tanda terima.

Biaya Balik Nama yang Perlu Diketahui

Selanjutnya, Anda juga perlu tahu berapa biaya yang harus disiapkan dalam transfer of title ini. Ada tiga biaya yang akan dikenakan, mulai dari biaya pajak, SWDKLLJ hingga biaya di luar pajak. Untuk biaya pajak, pemilik motor harus membayar sebesar dua pertiga PKB.

Biaya selanjutnya adalah SWDKLLJ sebagai sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan dengan besaran Rp35ribu. Kemudian ada biaya di luar pajak, seperti memberikan tip untuk petugas di bagian pengecekan fisik kendaraan secara sukarela, petugas pengesahan hasil pengecekan, petugas pendaftaran transfer of title BPKB dan STNK.

Bagi Anda yang ingin melakukan transfer of title, tentu harus memahami setiap ulasan di atas agar tidak terjadi masalah atau kesalahan selama proses balik nama. Berbagai document dan biaya juga harus disiapkan sebelum melangkah ke kantor Samsat, termasuk syarat balik nama motor pada BPKB maupun STNK.