Jenis-jenis Velg Mobil Ring 16 yang Bisa Menjadi Pilihan

Banyak sekali terdapat berbagai jenis velg mobil ring 16 yang dapat menjadi pilihan untuk digunakan pada kendaraan kamu. Tetapi usahakan sesuai dengan keinginan dan budget, serta kebutuhan kamu tentunya. Model dari pelek ini juga banyak sekali apalagi sekarang sudah banyak pilihan produsen pelek bermunculan.

Jadi produk velg tersebut tidak hanya diproduksi dari pabrik resminya yang juga memproduksi kendaraan atau mobil dalam kasus ini. Terdapat produk velg yang dijual serta diproduksi oleh produsen khusus untuk memproduksi velg. Tetapi tentu saja kualitasnya bisa bersaing dan harganya dapat dikatakan tidak murah juga.

Hal ini sangat bergantung pada kamu, pemiliki kendaraan, apa saja kebutuhan kamu mencari velg. Model mobil kamu cocok untuk jenis dan ukuran velg yang mana. Itu semua ditentukan oleh pilihan kamu sendiri. Hal tersebut sangat penting karena kesalahan dalam memilih jenis pelek bisa berujung kerugian.

Kerugian tersebut bisa dialami karena terjadi malfungsi ataupun hal-hal yang bisa menganggu kegiatan sehari-hari berkendara. Jadi sebelum mengganti pastikan kamu sudah paham dengan spesifikasi mobil terutama pada bagian ban serta pelek mobil. Berikut jenis-jenis pelek yang bisa menjadi pilihan kamu.

Jenis Velg Mobil OEM

Velg mobil ring 16 jenis pertama ini adalah OEM dengan kepanjangan Original Equipment Manufactured atau bisa disebut velg jenis ori dan resmi. Jenis ini sudah disetujui oleh para produsen mobil dan pastinya sudah memenuhi standar yang layak dengan kendaraan mobil kamu.

Viral :   Kisah di Balik Knalpot DOS Muffler Asal Kulonprogo

Bisanya jenis ini memiliki berat yang lebih berbobot dibandingkan jenis lainnya. Tetapi untuk beberapa produsen desain serta bobot pada pelek cenderung lebih ringan dan memiliki style yang keren untuk standar OEM. Seperti pada velg mobil BMW dari Jerman.

Jadi walaupun sudah memenuhi standar pabrikan, style yang keren juga tidak kalah dengan jenis pelek yang ada. Tentu saja dengan standar resmi pabrikan ini memiliki kualitas dan ketahanan lama yang terjamin. Karena sudah teruji dan terbukti secara langsung oleh produsen asal kendaraannya.

Untuk variasi sendiri pelek OEM tidak banyak pilihan karena termasuk terbatas dalam pilihan model serta style yang tersedia. Itu merupakan salah satu kelemahan pada pelek OEM. Jadi pelek OEM ini kurang cocok untuk kamu yang merupakan penggemar modif terutama pada bagian ban mobil.

Velg Mobil Aftermarket

Pilihan velg mobil ring 16 lainnya adalah pelek aftermarket, tentu saja berlainan dengan OEM. Velg ini tidak diproduksi oleh produsen resmi dari pabrikan mobil. Terdapat banyak produsen pelek aftermarket ini seperti Pako, SSR, Enkei dan masih banyak lagi. Walaupun terdapat perbedaan dalam hal produksi.

Pelek hasil produksi aftermarket tidak kalah dalam hal kualitas. Walaupun tidak semua hasil dari aftermarket memiliki kualitas standar, setidaknya harga yang diberikan sebanding dengan kualitasnya. Terdapat juga pelek aftermarket dengan harga cukup mahal, tentu kualitasnya tidak bisa dipungkiri.

Viral :   Keunggulan Knalpot Proliner yang Harus Kamu Tahu

Kelebihan dari aftermarket ini adalah memiliki banyak pilihan style dibandingkan dengan OEM. Karena biasanya setiap produsen memiliki ciri khas tersendiri dari desain peleknya. Jadi untuk kamu yang hobi memodifikasi pelek dengan style yang tidak biasa, velg aftermarket bisa menjadi pilihan.

Jenis Velg Replika

Jenis velg mobil ring 16 yang bisa dipilih selanjutnya adalah pelek replika. Seperti namanya, velg ini merupakan replika dari jenis atau merk pelek terkenal. Replika berarti menyamai secara persis, begitu juga untuk pelek ini. Bisa menyamai dalam segi bentuk dan model.

Tetapi berbeda dengan OEM atau aftermarket, jika pelek replika ini bisa dipertanyakan dalam hal ketahanannya. Baik dari segi kualitas ataupun kekuatannya lebih rawan. Semua itu bergantung kepada produsen replika tersebut, karena tidak semua replika memiliki kualitas buruk dan rendah.

Jika kamu ingin mencoba membeli jenis replika dan belum tahu informasi produsen mana yang memiliki kualitas baik, lebih baik untuk bertanya kepada ahlinya terlebih dahulu. Hal tersebut agar tidak kecewa kemudian karena kualitasnya mengecewakan. Harga replika sendiri tentunya lebih terjangkau.

Jadi untuk yang akan memilih jenis mana yang akan digunakan pada kendaraan kamu, bisa memilih salah satu dari tiga jenis tersebut. Tentu saja OEM dan aftermarket unggul dalam hal kualitasnya. Tapi tidak ada salahnya jika dapat memilih velg mobil ring 16 replika secara tepat.