Cara Mengetahui Ukuran Ban Mobil Melalui Kodenya

Mengetahui ukuran ban mobil serta spesifikasinya merupakan hal wajib karena bagian tersebut adalah salah satu bagian yang terpenting dari sebuah kendaraan. Oleh karena itu dari pihak pembuat produk ban untuk kendaraan biasanya memberikan pada setiap produknya sebuah kode-kode yang memiliki arti.

Hal ini tentunya agar para pengguna atau calon pembelinya nanti bisa lebih paham dengan kemampuan dari produk yang dibelinya tersebut. Karena dalam kode tersebut sudah mencantumkan informasi yang lengkap tentang spesifikasi dari ban. Jika kamu pernah memperhatikan bagian dari ban, pasti pernah melihat rangkaian angka-angka.

Rangkaian angka-angka dan huruf tersebut memiliki maksud dan informasi spesifikasi dari ban itu sendiri. Tapi memang untuk orang awam yang kurang berkecimpung di dunia otomotif biasanya masih bingung apa maksud dari rangkaian kode itu. Sebenarnya sangat mudah untuk mengetahui maksud dari deretan kode tersebut.

Dengan memahami maksud dari deretan kode itu nanti kamu akan bisa mengetahui spesifikasi hingga batas kemampuan dari ban tersebut. Jadi sangatlah penting untuk mengetahui informasi apa saja yang tertera dalam deretan kode ini. Jika kamu paham akan lebih memudahkan dalam melalukan perawatan dan penggunaannya.

Mengartikan Kode Ban

Melalui deretan kode itu kamu biasa tahu ukuran ban mobil, tidak hanya itu beberapa informasi juga bisa didapatkan dari deretan huruf dan angka tersebut. Informasi itu penting karena nantinya akan berpengaruh kepada pemakaian dan perawatan roda nantinya. Misal pada roda tertera 210/ 60R14 87T berarti:

  1. 210 merupakan lebar dari bagian telapakan roda dan angka tersebut dalam ukuran milimeter
  2. 60 merupakan ratio dalam bentuk persentase yang memberikan informasi tentang tinggi. Persentase tersebut didapatkan dari perbandingan tinggi dan lebar pada ban. Tinggi dimaksud adalah dari permukaan telapak hingga pelek.
  3. Huruf R berarti konstruksi yang digunakan adalah radial.
  4. 14 yaitu diameter yang berguna untuk menentukan ukuran pelek roda, di mana ukuran ini dalam skala inci.
  5. Angka 87 merupakan load index atau kode untuk beban maksimum yang bisa dibebankan pada roda. Untuk 87 berarti memiliki beban maksimum sebesar 545 kg setiap bannya.
  6. T, layaknya angka sebelumnya, merupakan sebuah kode untuk batas kecepatan maksimum bisa ditempuh dengan roda ini. Untuk huruf T memiliki batas kecepatan 190 km/jam.
Viral :   Daftar Produk Oli Pertamina Beserta Keunggulannya

Khusus untuk 2 kode terakhir itu memiliki arti untuk masing-masing angka dan hurufnya. Daftar lengkapnya bisa kamu temukan pada browser atau bisa juga tanyakan kepada ahli dalam hal otomotif. Kumpulan deretan angka dan huruf tersebut bisa digunakan untuk mengetahui ukuran ban mobil.

Usia dan Tanggal Produksi pada Ban

Tentu penggunaan roda memiliki batas usianya, pada umumnya usia maksimal yang disarankan pada sebuah roda adalah 5 tahun. Jika sudah lebih dari 5 tahun dikhawatirkan nanti komponen bahan yang terdapat pada ban sudah tidak berfungsi secara maksimal dan tentu akan mempengaruhi performa karet bahannya.

Sangat disarankan jika sudah berusia lebih dari 5 tahun lebih baik diganti, karena bisa jadi juga berpengaruh kepada keamanan pada ban. Jadi lebih baik jangan melupakan usia ban yang kamu gunakan. Selain itu untuk mengetahui tanggal produksi roda bisa juga ditemukan dari kode tertera.

Viral :   Cara Kerja Rem Cakram Mobil Beserta Komponennya

Biasanya kode terdapat pada dekat bagian pelek serta ukuran tulisannya lebih kecil dibandingkan dengan kode pada ukuran ban mobil. Jadi diharapkan kamu bisa mencarinya dengan teliti agar bisa menemukan kode produksi dari roda tersebut. Misal ditemukan kode 4516.

45 itu merupakan minggu keberapakah ban tersebut diproduksi, berarti minggu ke 45. Untuk angka 16 merupakan tahun produksi, berarti roda tersebut diproduksi pada tahun 16. Informasi lengkapnya menjadi, roda tersebut dibuat pada minggu ke 45 di tahun 2016.

Untuk kamu yang masih bingung menemukan kode produksi pada roda yang dimiliki bisa meminta tolong kepada teknisi otomotif atau seseorang yang mengetahui hal tentang otomotif. Ketahui dan pahami deretan angka tersebut bisa menjadi hal yang penting untuk memperkirakan kemampuan dari ban itu sendiri.

Kode-kode tertera pada sebuah roda memang terlihat tidak penting, tetapi ternyata terdapat banyak informasi penting yang tertera. Dengan mengetahui spesifikasi dan ukuran ban mobil tersebut bisa membantu kamu untuk memahami batas penggunaan dan cara untuk merawatnya.