Jenis-Jenis Ban Mobil dan Kode yang Perlu Diketahui

Salah satu komponen penting dari mobil adalah ban mobil dimana memiliki fungsi untuk bisa membawa mobil dari satu tempat ke tempat tujuan. Dari berbagai komponen mobil, ban memiliki kepentingan sendiri untuk para penggunanya dan tidak jarang dilihat pengguna melakukan penambahan dekorasi untuk ban dari mobilnya.

Ada banyak jenis ban pada mobil yang bisa kamu temukan meskipun terlihat seperti tidak ada bedanya. Namun, kualitas produk sampai desainnya menjadi hal yang cukup krusial bagi sebagian pengguna mobil. Maka dari itu kamu perlu mengetahui beberapa jenis dari ban tersebut agar tidak salah pilih ketika membeli yang baru.

Selain jenis dari ban mobil, pernahkah kamu melihat terdapat kode yang dituliskan pada ban di mobil kamu? Seringkali ini diabaikan karena tidak memiliki arti yang cukup penting untuk diketahui. Padahal dengan kode tersebut kamu bisa tepat ketika hendak mengganti ban dengan yang baru.

Masalah ban memang cukup banyak karena ia langsung melakukan gesekan dengan jalan. Jika mobil sering digunakan maka perawatan terhadap ban tidak bisa disepelekan. Kebanyakan pengguna hanya melakukan servis pada area mesin mobil, namun mulailah untuk peduli terhadap ban kendaraan kamu.

Membaca Kode Ban untuk Kepentingan Ban Mobil

Sebelum masuk pada bagian jenis-jenis mobil yang sering ditemukan pada umumnya, maka kamu perlu mengetahui cara membaca dan fungsi dari kode di ban mobil pribadi kamu. Ini demi kemudahan yang kamu dapatkan ketika terjadi masalah pada ban namun sulit menjelaskannya pada servis online.

Viral :   Spesifikasi Honda Civic Ferio , Yang Lawas Nan Melegenda

Membaca kode ban memang cukup membutuhkan beberapa ilmu penting dan tidak boleh salah urutan. Maka dari itu berikut ini cara membaca kode ban demi kepentingan berkendara kamu. Kode tersebut biasanya untuk mengetahui ukuran Ban. Cara ini adalah paling penting karena ketika mengganti ban dibutuhkan ukuran ban.

Caranya adalah dengan melihat kode yang tertera biasanya seperti ini 205/65 R16 95H. Adapun terjemahan dari kode tersebut yaitu 205 menunjukkan lebar telapak dalam ban dengan satuan milimeter. 65 menunjukkan tinggi dari ban dalam bentuk satuan persen dari telapak ban diatas.

Kode R berarti ban tersebut Radial, dan 16 merupakan diameter dari pelak ban mobil pribadi kamu. Selanjutnya pada kode 95 artinya beban yang dapat ditanggung oleh ban tersebut dan terakhir simbol H berarti penempuhan kecepatan dari mobil dimana simbol ini berarti dapat menempuh kecepatan maksimal sebesar 210 km/jam.

Jenis-Jenis Ban Mobil Pada Umumnya yang Sering Digunakan

Jika kamu sudah mengetahui maksud dari kode ban yang ada pada mobil maka selanjutnya di bawah ini merupakan jenis-jenis ban mobil umumnya digunakan.

  1. Ban Tubeless

Jenis ban mobil pertama yaitu tubeless, dimana kelebihan dari jenis ban ini adalah tidak mudah kempes. Hal tersebut dikarenakan terdapat cairan yang dimasukkan ke dalam mobil saat pertama kali disematkan. Bahkan jenis ban ini tidak mudah kempes ketika ada benda tajam yang menusuknya sehingga saat ini sudah banyak digunakan oleh mobil-mobil canggih.

  1. Ban Bias
Viral :   Daftar Harga Motor Listrik Viar

Tidak kalah populer dengan penggunaan ban tubeless yaitu ban bias yang memiliki kelebihan bisa membiaskan panas ketika bersentuhan dengan jalanan aspal ke bagian tengah atau cord ban kendaraan kamu.

  1. Ban Radial

Jenis ban satu ini dapat kamu temukan pada kendaraan yang membawa beban penumpang ringan seperti pada truk dengan muatan ringan. Ban ini juga paling sering ditemukan pada kehidupan sehari-hari dan terbuat dari lapisan serat yang menyilang pada bagian lingkar ban.

  1. Ban RFT (Run Flat Tyre)

Seringkali ketika sedang berkendara ada perasaan seperti ban kekurangan angina tau kempes. Namun, jenis ban mobil satu ini tidak akan mengalami hal tersebut bahkan ditengah kecepatan yang cukup tinggi. Bagi kamu yang ingin menggunakan jenis ban ini memang harus lebih dalam mengocek kantong karena harganya terbilang cukup mahal dibandingkan dengan jenis ban lainnya.

Keadaan ban saat berkendara menjadi hal penting, karena ketika terjadi masalah seperti kempes atau kurang angin bahkan tertusuk benda tajam membuat ban menjadi bocor dan akan hilang kendali saat dikemudikan. Maka dari itu ada baiknya untuk mengenali kode dan jenis dari ban mobil agar bisa menyesuaikan pemakaiannya.