Velg Mobil Ring 15, Aturan Ganti dan Pedoman Ideal

Jika kamu akrab dengan istilah velg mobil ring 15 maka artinya kamu adalah bagian dari kelompok orang yang mencintai kegiatan modif. Modif adalah singkatan dari modifikasi dimana setiap orang suka dalam mengganti beberapa hal bawaan yang terdapat pada mobil mereka di awal pembelian.

Pelek mobil adalah bagian dari sebuah ring yang terdapat pada mobil dan sudah ada sejak awal beli. Beda tipe mobil yang dibeli maka kamu akan mendapatkan tipe pelek yang berbeda pula. Ada beberapa tipe mobil yang sudah dirancang dengan keunggulan tertentu dengan tipe pelek yang digunakan.

Bagi beberapa orang yang menganggap mobil hanya sekedar alat transportasi pribadi saja, maka kehadiran pelek tidak terasa sangat diperlukan untuk terus di ganti ganti. Hal ini karena kenyamanan dalam berkendaraan akan dirasakan sama aja oleh mereka yang bukan bagian dari pecinta industri otomotif mobil.

Namun jika kamu adalah bagian dari golongan orang yang menyukai modifikasi mobil baik dari segi mesin dan spare part lainnya, maka mengganti dengan velg mobil ring 15 dengan tipe 16 akan memberikan kenyamanan yang berbeda pula. Tentu saja kenyamanan hanya akan memberikan pengaruh atau perbedaan yang sedikit.

Menggonta ganti pelek juga memiliki aturannya. Tidak sembarangan jika kamu hobi dan memiliki budget maka kamu dapat menggantinya sesuka hati. Aturan tersebut harus diikuti agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan saat berkendara dengan mobil kesayangan kamu di jalanan.

Viral :   Fungsi Kursus Stir Mobil yang penting untuk Diketahui

Aturan yang Digunakan Pada Pergantian Velg Mobil

Aturan pertama yang harus kamu ingat adalah jika kamu mengganti ukuran pelek ke lebih besar maka sebaiknya kamu juga harus mengganti ban yang memiliki diameter lebih besar. Contohnya jika sebelumnya kamu menggunakan velg mobil ring 15 maka kemudian diganti ke velg mobil ring 17, maka diameter ban juga harus berubah diganti lebih besar.

Kamu harus memperhatikan bahwa diameter luar ban yang digunakan akan mempengaruhi kualitas tipe pelek yang diganti. Usahakan agar diameter luar bannya tetap sama meskipun tipe pelek menjadi lebih besar. Sehingga mengganti tipe pelek dengan diameter yang lebih besar juga sebaiknya diperhatikan.

Kemudian kamu harus mengetahui resiko yang harus kamu ambil dari penggantian pelek mobil tersebut. Pelek yang terlalu besar dengan rasio ban yang relative kecil akan membuat kamu tidak nyaman dalam mengendarai mobil tersebut. Ban mobil kamu akan semakin tipis defleksinya dan akan membuat kemampuan menyerap getaran menjadi menurun.

Selanjutnya kamu juga harus menyesuaikan lebar diameter pelek. Jika sebelumnya menggunakan pelek mobil ring 15 maka usahakan mengganti dengan tidak jauh dari angka 15 inci. Hal ini untuk memudahkan kamu mengurangi terjadinya rasio yang berbeda jauh antara diameter pelek dengan ban luar.

Menggonta ganti tanpa mengikuti aturan hanya akan membuat kenyamanan berkendara kamu menjadi terganggu. Bacalah secara detail apa yang diinginkan oleh kamu saat hendak mengganti pelek. Jangan tergiur hanya karena tetangga atau teman dekat mengganti pelek mereka dan membuat testimoni yang berlebihan.

Viral :   Mengenal Lebih Dekat Seluk-Beluk Mobil Listrik Tesla

Pedoman Menggunakan Velg Mobil 15

Jika saat ini kamu sedang menggunakan tipe velg mobil ring 15 dan ingin untuk upgrade maka kemudian pilihlah pelek dengan ukuran yang tidak terlalu berbeda jauh. Gunakanlah variasi satu hingga dua inci perbedaan ketika ingin mengganti tipe pelek. Perubahan yang sedikit demi sedikit tidak akan membuat kenyamanan berkendara menjadi berkurang.

Biasanya tipe mobil yang dikeluarkan pada jenis pelek 15 sangat umum ditemukan. Ukuran tersebut biasanya digunakan pada awal pertama mobil diluncurkan. Kemudian kamu yang ingin menambah kenyamanan berkendara selanjutnya berniat untuk mengganti tipe pelek tersebut menjadi satu hingga dua inci lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Jangan selalu mengikuti trend yang saat ini ada tanpa adanya pengetahuan yang cukup. Milikilah hobi yang sesuai dengan budget dan pengetahuan. Pahami setiap keunggulan dari ukuran velg yang digunakan mobil kamu saat ini. Jangan mengganti hanya karena sedang trend mengganti tipe pelek.

Sebaliknya gantilah jika dirasa sudah kurang nyaman. Hal tersebut karena walau kecil, harga yang ditawarkan tentu saja berjuta juta. Nominal tersebut tidak sedikit tentunya untuk sebuah tujuan yang main main. Menggunakan velg mobil ring 15 dan ingin mengupgradenya adalah hal yang sah sah saja jika memiliki budget lebih.