Apa Bedanya Lampu LED Mobil dengan Lampu Halogen?

Salah satu perangkat penting dalam kendaraan adalah lampu LED mobil. Mobil merupakan salah satu alat transportasi saat ini sedang banyak digunakan oleh masyarakat. Kendaraan sangat mendukung masyarakat dalam melakukan aktivitas atau mobilitas sehari-hari. Saat ini ada beragam jenis kendaraan dengan masing-masing kelebihannya.

Sebuah kendaraan tentunya harus dilengkapi dengan peralatan yang lengkap dan dapat menunjang selama berkendara, khususnya keselamatan. Maka dari itu alat penunjang mobil mulai dari roda, rem, interior didalam mobil hingga lampu harus selalu diperhatikan, dan ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan secara berkala.

Agar kendaraan tetap dalam peforma baik, maka gunakan suku cadang berkualitas dan memiliki ketahanan yang lama. Sehingga kamu tidak perlu sering-sering menggantinya karena akan mengeluarkan banyak biaya nantinya. Salah satu pemilihan suku cadang untuk kendaraan kamu adalah memperhatikan jenis lampu yang digunakan.

Salah satu jenis yang sering digunakan adalah jenis lampu LED mobil. Jenis alat penerangan kendaraan ini memiliki beragam kelebihan dan kini sedang naik daun dikalangan pengguna alat transportasi baik roda empat maupun roda dua. Salah satu kelebihannya adalah daya watt yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Kelebihan dan Kekurangannya Lampu LED

Jika dahulu lampu LED mobil dikenal sebagai lampunya mobil mahal, namun kini jenis alat penerangan ini dapat ditemui di berbagai jenis kendaraan. Tidak hanya kendaraan mewah saja, namun keberadaannya saat ini bisa ditemui pada kendaraan kelas menengah kebawah karena memiliki harga terjangkau.

Viral :   Bearing Motor Bermasalah? Ini dia Ciri-cirinya

Salah satu jenis alat penerangan pada kendaraan ini memiliki beragam keunggulan jika dibandingkan dengan jenis lainnya, hal inilah membuat LED memiliki harga jual tinggi. Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini memiliki harga kompetitif dengan jenis alat penerangan lainnya.

Berikut kelebihan Lampu LED mobil:

  1. Tidak membutuhkan watt yang besar, sehingga dapat mengirit aki kendaraan kamu
  2. Lebih tahan lama, menggunakan jenis alat penerangan ini tidak membuat kamu harus sering mengganti alat penerangan
  3. Memiliki sinar berwarna putih kebiruan, membuat tampilan kendaraan lebih elegan dan mewah
  4. Memiliki temperatur yang rendah sehingga tempat atau rumah lampu tidak cepat panas dan menguning.
  5. Tahan terhadap guncangan
  6. Jika biasanya untuk mencapai titik terang harus dalam proses sedikit lebih lama, berbeda dengan LED yang titik puncak terangnya bisa dicapai seketika pada saat menyala

Berikut kekurangan lampu LED:

  1. Masih memiliki harga yang mahal dibanding lampu kendaraan konvensional
  2. Sinarnya yang putih tidak bisa menembus ketika dalam keadaan hujan atau berkabut, sehingga objek yang didepannya tidak dapat terlihat jelas
  3. Sinar yang dihasilkan kurang tebal
  4. Meskipun memiliki temperature dingin pada bagian rumah lampunya, namun LED menghasilkan temperature panas pada bagian mesin, sehingga dalam penggunaannya sering diimbangi dengan pendingin.

Kelebihan dan Kekurangan Lampu Halogen

Halogen merupakan salah satu jenis alat penerangan yang banyak terdapat pada segala jenis kendaraan. Pada umumnya kendaraan menggunakan halogen sebagai alat penerangan karena memiliki nyala yang terang dan dapat menembus segala medan dalam perjalanan, selain itu jenis alat penerangan ini juga memiliki harga terjangkau.

Viral :   Aneka Keunggulan Spesifikasi Suzuki Vitara Brezza 2021

Sinar pada jenis ini adalah kuning, meskipun nyala sinarnya tidak semenarik lampu LED mobil, namun masyarakat cenderung lebih memilih jenis alat penerangan ini. Jenis alat penerangan ini sudah sejak lama digunakan pada kendaraan khususnya motor era 90-an.

Berikut kelebihan lampu halogen:

  1. Memiliki nyala lampu berwarna kuning sehingga dapat menembus segala medan, seperti hujan dank abut.
  2. Memiliki harga terjangkau, jika dibandingkan dengan jenis alat penerangan lainnya.
  3. Memiliki intensitas cahaya yang cukup kuat
  4. Sorot lampu lebih kuat, namun tidak menyilaukan karena memiliki warna kuning
  5. Jika terjadi masalah, penggantian lampu ini cukup mudah, tinggal mengganti bohlamnya saja.

Berikut kelemahan lampu halogen:

  1. Memiliki panas lampu yang cukup tinggi sehingga dapat membuat rumah lampu cepat panas dan menguning
  2. Membutuhkan watt yang cukup besar, sehingga boros dalam pemakaian akinya
  3. Memiliki daya panas yang tinggi

Dalam berkendara tentunya kamu akan memilih suku cadang, aksesoris atau interior yang berkualitas dan dapat membantu selama perjalanan, khususnya alat penerangan. Jika berkendara dimalam hari, alat penerangan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Penggunaan lampu LED mobil bisa membantu melihat objek didepan kendaraan lebih jelas.