Cek Spesifikasi dan Harga Mobil Ertiga Sebelum Membelinya

Kendaraan berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) memang tampaknya tidak akan pernah kehilangan penggemar. Suzuki Ertiga menjadi salah satu merek yang ikut bersaing dalam kelompok mobil sejuta umat ini. Dengan harga mobil Ertiga yang kompetitif, wajar jika kendaraan ini banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia.

Tak mau kalah dengan Avanza-Xenia yang mengeluarkan varian dengan fitur modern pada tahun 2019 lalu, Suzuki pun melakukan penyegaran terhadap Ertiga. Berbagai sentuhan baru baik pada eksterior maupun interior diharapkan akan kembali mampu mendongkrak penjualan di tengah situasi sulit sekarang ini.

Bagi sebagian orang, mungkin saat ini membeli kendaraan bukan prioritas. Namun, bagi sebagian lainnya, mobilitas yang tinggi dan kenyamanan keluarga membuat kendaraan pribadi menjadi kebutuhan mendesak.

Nah, untuk Anda yang sedang berencana membeli mobil keluarga, informasi mengenai spesifikasi dan harga mobil Ertiga berikut ini mungkin membantu.

Spesifikasi Suzuki Ertiga

Pertama kali dipamerkan pada acara International Motor Show (IIMS) tahun 2010, ketika itu, mobil ini masih memiliki nama R-III, yang berarti memiliki tiga baris kursi (Row-III). Versi produksinya sendiri baru dirilis dua tahun kemudian dengan mengusung nama Ertiga, diperkenalkan sebagai Low MPV keluarga 7-seaters.

Karena bukan kendaraan yang sama sekali baru, mungkin Anda sedikit banyak sudah tahu tentang Suzuki Ertiga. Namun, pada tulisan ini, yang akan dibahas adalah spesifikasi pada Suzuki Ertiga 2019 yang tergolong baru sehingga kemungkinan banyak hal yang belum Anda ketahui. Mari simak satu per satu.

  • Tampilan Eksterior
Viral :   Review Suzuki Skywave 125: Kelebihan, Kekurangan, dan Harganya

Sekilas, tidak tampak perubahan mencolok dengan generasi Ertiga sebelumnya. Namun, jika Anda jeli, Anda bisa melihat bahwa head lamp pada Ertiga 2019 didesain lebih modern karena sudah menggunakan teknologi LED projector yang dilengkapi dengan fog lamp.

Tampilan luar Suzuki Ertiga 2019 dengan balutan aksen krom mengilap dan latar hitam tetap mempertahankan kesannya yang kalem. Hal ini sangat berbeda dengan pesaingnya, seperti Avanza atau Expander yang lebih berkesan agresif.

  • Mesin

Mesin yang sama dengan generasi sebelumnya, yaitu K15B, DOHC, VVT, dengan kapasitas 1.462 cc masih menjadi andalan pada Suzuki Ertiga 2019. Oleh pabriknya, mesin ini sudah dirancang overstroke. Tenaga yang dihasilkan sebesar 102,3 HP di putaran mesin 6.600 rpm dengan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm.

  • Interior

Meski dari segi mesin tetap sama, PT SIS menyematkan fitur-fitur baru yang lebih menunjang keamanan dan kenyamanan pada bagian interior. Contoh fitur dimaksud adalah rem dengan teknologi ABS+EBD serta fitur entertainment yang ada pada head unit dasbornya.

Desain dasbornya sendiri tampak elegan dan mewah dengan paduan warna triple tone, yaitu hitam pada bagian atas dalam, panel kayu di bagian tengah, dan warna beige di bagian bawah. Aksen kayu juga disematkan pada setir bagian bawah.

Viral :   Beginilah Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil Bekas yang Paling Benar

Kisaran Harga Mobil Ertiga

Mengingat tingkat persaingan yang sangat ketat di kelas MPV, pihak Suzuki juga pastinya akan mempertimbangkan baik-baik dalam menetapkan harga yang sesuai. Artinya, Anda bisa berharap Suzuki Ertiga 2019 yang tergolong Low MPV ini dilempar ke pasaran dengan harga yang kompetitif.

Namun, perubahan yang dilakukan pada varian terbaru ini, meskipun  minimalis, sedikit banyak akan memengaruhi harga mobil Ertiga ini. Lalu, berapa kisaran harga Suzuki Ertiga di pasaran?

Berdasarkan situs resmi Suzuki Indonesia, harga Ertiga 2019 rata-rata mengalami kenaikan antara Rp1 juta hingga Rp4 juta dari generasi sebelumnya. Harga ini bervariasi tergantung pada seri atau modelnya seperti bisa Anda lihat pada tabel berikut.

Tipe Harga
GX AT Rp240.000.000,00
GX MT Rp229.500.000,00
GL AT Rp226.000.000,00
GL MT Rp215.500.000,00

 

Sebagai catatan, harga mobil Ertiga di atas berlaku untuk harga OTR di wilayah Jabodetabek. Jadi, jika Anda tinggal di luar wilayah ini, Anda bisa menanyakan ke dealer terdekat untuk mendapatkan angka yang pasti.

Kata Pencariancek ertiga sebelum jalan