Baterai Motor Listrik Viar
Baterai Motor Listrik Viar

Baterai Motor Listrik Viar

Baterai motor listrik viar ini merupakan sebuah komponen mobil listrik yang paling mahal harganya. Ya memang teknologi baterai untuk kendaraan listrik ini masih mahal sekali. Berikut penjelasan selengkapnya tentang baterai motor listrik viar.

Baterai Motor Listrik Viar

Baterai motor listrik viar New Q1 yang telah dibanderol sekisar Rp 6,5 jutaan, dan ini hampir separuh dari harga motor listrik itu sendiri yang harganya sekisar Rp 18,95 jutaan. Lumayan mahal kan?

Tapi ternyata menurut Franky Osmond, Marketing Communication PT Triangle Motorindo, produsen Viar, baterai viar New Q1 ini sudah lebih baik dari yang sebelumnya.

“Spesifikasinya berbeda, baterai yang baru 60v 23ah, sedangkan baterai yang lama itu 60v 20ah, dan juga bisa dicas ulang sampai 1.000 kali,” katanya beberapa waktu lalu.

Viral :   Ban Aspira Premio Sportivo untuk Performa dan Safety

Angka pengecasan (charging cycle) baterai viar New Q1 ini naik dari versi baterai lama yang cuma 600 charging cycle saja. Lumayan juga tuh bedanya.

1.000 kali charging, kalau 1 kali charging bisa menempuh jarak 60 km, maka artinya baterai viar New Q1 ini bisa bertahan dalam kondisi normal hingga 60 ribu km/jam. Yang mana bisa dipakai kira-kira sampai 6 tahun ya!

6 tahun, 6,5 juta, tiap tahun ada biaya penyusutan sekisar Rp 1 jutaan terkait umur baterai viar New Q1 ini. Untuk pengisian daya baterai viar New Q1 dari kosong sampai penuh juga lebih cepat, cuma 4-5 jam saja. Yang membutuhkan waktu sekisar 6-8 jam.

Viral :   Perubahan Velg Mobil Keren, Pahami Istilah Hingga Jenis Umumnya Dahulu

Terdapat juga sistem keamanan baterai yang bernama Battery Management System (BMS), yang dapat memantau tegangan, arus listrik dan juga suhu baterai secara bersamaan.

Lalu casing baterai lithium-ion ini memakai alumunium untuk pendinginan yang lebih baik, dan sudah ada indikator kapasitas baterai yang berupa titik-titik LED.

Semoga kedepan-nya lebih banyak lagi pemain kendaraan listrik, sehingga harga baterai motor listrik bisa lebih murah lagi.