Cara Kerja Kompresor AC Mobil
Cara Kerja Kompresor AC Mobil

Cara Kerja Kompresor AC Mobil & Komponennya

Cara kerja kompresor AC mobil mungkin belum banyak diketahui oleh beberapa orang. Kompresor AC mobil adalah komponen penting pada sistem pendingin. Sistem AC mobil merupakan serangkaian komponen yagn berfungsi mengatur suhu ruangan dalam kabin mobil. Cara kerja kompresor AC mobil tidak terlepas dari perangkat yang memiliki fungsi berbeda. Komponen AC mobil berpengaruh besar untuk menunjang tugasnya dalam membuat angin sejuk dalam kabin mobil anda dan diantara komponen pentingnya ialah kompresor AC.

Mengutip dari laman Auto2000, dimana kompresor AC mobil sendiri ialah komponen yang berperan untuk mengalirkan freon ke sistem AC. Kompresor ini digerakkan oleh mesin dengan kopling amgnet yang menghubungkan putaran mesin agar dapat menyala maupun mati. Adapun prinsip cara kerja kompresor AC mobil ini mirip seperti jantung dalam tubuh manusia & refrigerant sebagai ‘darah’. Untuk lebih lengkapnya, mari simak ulasan singkat di bawah ini!

Viral :   Penting, Dapatkan Info Mudik sebelum Mulai Perjalanan

Daftar Isi

Cara Kerja Kompresor AC Mobil

Kompresor AC mobil sendiri sebenarnya mengikuti pergerakan mesin mobil. Cara kerja kompresor AC mobil ini menghisap refregerant yang disalurkan lewat pipa low dari evaporator, kemudian menekan gas refrigent ke kondensor AC mobil lewat pipa high pressure. Kompresor terdiri dari dua saluran, yaitu saluran hisap (suction) dan saluran buang (discharge). Saluran hisap dihubungkan dengan evaporator yang merupakan sisi bertekanan rendah, sementara di saluran buang dihubungkan dengan kondensore yang merupakan sisi bertekanan serta bersuhu tinggi.

Refregerant dalam fase gas pada tekanan serta temperature yang rendah dihisap oleh kompresor dengan menggunakan saluran hisap lalu dimampatkan menjadi tekanan & temperaturnya pun semakin naik. Selanjutnya dialirkan menuju konodensor lewat saluran buang. Bila kompresor telah lemah maka performa AC mobil pun akan ikut menurun dan hal ini juga bisa dilihap menggunkan alat bantu pengukur tekanan pada AC (manometer). Adapun kompresor yang kini telah banyak beredar di pasaran seperti merk Sanden (SD) dan Denso (ND).

Viral :   Kisaran Harga Knalpot Racing Terbaru, Terlaris dan Termurah

Komponen AC Mobil

  • Kondensor

Yang merupakan bagain sistem sirkulasi AC mobil yang memilki fungsi untuk mendinginkan freon yang dialirkan ke avaporator. Prinsip kerja komponen kondensor ini ialah menghisap dingin kemudian mengeluarkan panas, maka bagian kondensor ini terasa panas bila tersentuh tangan.

  • Filter Dryer

Komponen yang satu ini merupakan menyaring partikel kotoran pada sistem

  • Katup Ekspansi

Komponen ekspansi merupakan katup yang merubah freon cair dari yang awalnya bertekanan tinggi menjadi ke tekanan rendah dalam bentuk kabut.

  • Evaporator

Evaporator ialah perangkat yang bertanggung jawab untuk menyerap udara panas dalam kabin, lalu menghembuskannya lagi supaya tercipta udara sejukdari freon AC.