Mengincar Toyota Raize 2021? Simak Dulu Reviewnya

Di antara beberapa jenis mobil baru yang akan diluncurkan Toyota pada tahun 2021 ini, nama Toyota Raize mungkin masih cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Karena itulah, ulasan mengenai kendaraan yang satu ini sangat menarik untuk diketahui lebih lanjut. Berikut review singkat tentang kendaraan yang juga diprediksi akan hadir di Indonesia pada tahun ini.

Review Singkat Toyota Raize 2021

Bagi sebagian orang, nama Toyota adalah jaminan kualitas dan kenyamanan dalam berkendara. Nah, bagi Anda yang sudah merasa cocok dengan pabrikan asal Jepang ini, Toyota Raize mungkin sudah masuk daftar incaran. Sebelum membelinya, simak review Toyota Raize 2021 berikut ini.

  1. Tampilan Eksterior

Toyota Raize merupakan jenis kendaran compact SUV sehingga tampilannya cukup istimewa dengan bodi atletis dan kekar. Tampilan sporty kendaraan ini didukung dengan grille berbentuk trapesium pada bagian depan kendaraan, lampu utama LED dan DRL, dan lampu kabut.

Pada sisi kaki-kakinya, Toyota menyematkan pelek alloy 17 inci dan pilar D yang bergaya floating. Tak lupa, bumper dengan cladding yang cukup tebal pada bagian bawahnya. Memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.620 mm, desain wajah Toyota Raize 2021 dirancang menyerupai RAV4.

  1. Desain Interior

Desain interior Toyota Raize dibuat mirip dengan Daihatsu Rocky. Hal ini bisa dilihat pada bagian sisi setir 3 bilah serta sentuhan aluminium pada bagian setir  dan ventilasi AC. Begitu juga dengan layar hiburan 8 inci yang disematkan pada bagian tengah dasbor dengan instrumen cluster yang sudah menggunakan tampilan digital.

  1. Spesifikasi Mesin
Viral :   Digencarkan Mobil Listrik, Ketahui 4 Keunggulannya

Kendaraan ini juga menawarkan kenyamanan dengan digunakannya mesin 3 silinder 1.0 liter yang tentunya sangat irit. Sistem penggeraknya pun ditawarkan dalam dua pilihan, yaitu 2WD dengan konsumsi BBM 18,6 km/liter atau 4WD dengan konsumsi BBM 17,4 km/liter. Performa yang cukup memuaskan akan Anda didapatkan dari tenaga 98 Ps dan torsi 140 Nm serta transmisi manual 6-percepatan.

  1. Kelengkapan Fitur

Demi memenuhi selera konsumen akan kendaraan yang serba canggih, Toyota Raize menjawabnya dengan fitur-fitur canggih yang digunakan. Beberapa di antaranya adalah curtain airbag, dual airbags, blind-spot monitoring, LED headlamp dengan adaptive driving beam, adaptive cruise control, smart parking system, dan pedestrian detection system.

  1. Prediksi Harga

Belum ada informasi pasti mengenai harga Toyota Raize. Diperkirakan, harganya lebih murah dibanding Daihatsu Rocky dengan selisih Rp2 jutaan. Berikut perkiraan harganya untuk berbagai tipe.

  1. Toyota Raize 2WD Tipe G : Rp245 juta
  2. Toyota Raize 2WD Tipe X : Rp217 juta
  3. Toyota Raize 2WD Tipe XS : Rp225 juta
  4. Toyota Raize 2WD Tipe Z : Rp267 juta
  5. Toyota Raize 4WD Tipe G : Rp276 juta
  6. Toyota Raize 4WD Tipe X : Rp248 juta
  7. Toyota Raize 4WD Tipe XS : Rp256 juta
  8. Toyota Raize 4WD Tipe Z : Rp295 juta
Viral :   Apa Itu Airbag Mobil? Kenali Cara Kerja dan Fungsinya

Perbedaan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Kedua kendaraan ini sering disebut kendaraan kembar karena memiliki banyak kesamaan. Keduanya sama-sama dikembangkan dengan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) sehingga memiliki dimensi sama, yaitu panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.620 mm, serta panjang sumbu 2.525 mm. Meski demikian, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya, yaitu:

  • Tampilan luar Toyota Raize tampak lebih atraktif dibandingkan Daihatsu Rocky yang lebih konvensional. Toyota Raize memiliki grille lebih besar sehingga kesan sporty pada kendaraan ini terasa lebih kuat.
  • Toyota Raize memiliki bentuk grille berbeda. Jika grille Rocky berbentuk heksagonal tanpa air intake, Raize dilengkapi grille berbentuk trapesium dan diapit oleh sweptback lamp serta dilengkapi air intake yang diapit lampu kabut bulat serta DRL horizontal pada bagian bawahnya.

Demikian ulasan singkat mengenai mobil teranyar dari Toyota yang akan segera mengaspal di jalanan Indonesia. Bagaimana spesifikasi sesungguhnya yang nanti akan hadir, kita tunggu saja.