Prestasi Gemilang Valentino Rossi Bersama Yamaha

Prestasi Gemilang Valentino Rossi Bersama Yamaha – Pembalap asal Italia Valentino Rossi atau biasa disebut The Doctor telah memutuskan untuk pensiun akhir musim MotoGP 2021 dengan sejumlah rekor yang menjadi warisan untuk dunia balap motor Grand Prix. Selama berkarier di ajang balap motor, terdapat sejumlah pencapaian Valentino Rossi yang belum tersaingi oleh pembalap grand prix mana pun. Sebelumnya pada musim kejuaraan tahun 1996 menandai debut Valentino Rossi di dunia balap motor Grand Prix. Sejak itu, the doctor tercatat telah melakoni 423 balapan di semua kategori. Dimana jumlah tersebut belum termasuk 10 lomba yang akan berlangsung di sisa musim MotoGP 2021.

Prestasi Gemilang Valentino Rossi Bersama Yamaha

foto : autosport.com

 

Salah satu catatan terindah yang telah diukir oleh Valentino Rossi dengan Yamaha di dunia MotoGP adalah 7 rekor The Doctor selama berkarier bersama Tim Garpu Tala. Dalam kariernya, Valentino Rossi telah mencicipi tiga tim di kelas tertinggi MotoGP. Mulai dari Honda pada tahun 2000 sampai 2003, Ducati pada tahun 2011 sampai 2012, hingga Yamaha yang dibelanya sebanyak dua periode pada 2004 sampai 2010 dan 2013 sampai sekarang.

Viral :   FIM Telah Homologasi Sirkuit Mandalika, Sirkuit Siap Dipakai Akhir Pekan Ini !

Diatara ketiga tim ini, Yamaha menjadi salah satu tempat paling lama yang disinggahi Valentino Rossi. The Doctor setidaknya telah menghabiskan 16 musim bersama Yamaha, mulai dari pabrikan sampai tim satelit, Petronas Yamaha yang sampai saat ini masih dia bela.

Selama berkarier bersama Yamaha, Valentino Rossi telah mendapatkan 4 gelar juara dunia. Yang mana prestasi terbaik ini diraihnya pada musim 2004, 2005, 2008 dan 2009. Dengan rencana pensiunnya Valentino Rossi dari ajang motor balap ini, Team Yamaha sangat memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas pengabdian Rossi bersama mereka. Lin Jarvis yang merupakan bos Yamaha Racing sangat menghargai segala jerih payah The Doctor selama dua windu bersama mereka.

foto : motorsport.com

Tidak hanya gelar juara, Valentino Rossi juga menorehkan catatan emas di Yamaha sepanjang kariernya. Berikut ini Prestasi gemilang Valentino Rossi bersama Yamaha :

  • Valentino Rossi menjadi satu satunya pebalap Yamaha dengan penorehan jumlah podium terbanyak di MotoGP yakni sebanyak 142 kali.
  • Valentino Rossi merupakan pembalap Yamaha yang paling sukses dalam sejarah, dimana ia telah menorehkan total 56 kemenangan, 46 posisi runnerup dan 40 tempat ketiga yang dia cetak dalam 264 ajang balapan sejauh ini.
  • Valentino Rossi telah mencatatkan kemenangan terbanyak dalam satu musim, dimana torehan ini didapat pebalap Yamaha dengan 11 kemenangan pada tahun 2005.
  • Valentino Rossi menjadi pembalap Yamaha yang paling lama berkompetisi di kelas premier MotoGP, dimana tahun ini merupakan musim yang ke-16.
  • Valentino Rossi telah mengumpulkan 11 persen dari total kemenangan Yamaha di MotoGP sepanjang sejarah. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai pembalap dengan kontribusi terbesar untuk Tim Garpu Tala yakni 56 kali menang dari 516 kemenangan Yamaha.
  • Valentino Rossi saat ini masih memegang rekor sebagai pembalap yang paling banyak mengikuti balapan di semua kelas diataranya 423 kali race GP dan 363 di antaranya di kelas premier, termasuk 264 race dengan motor Yamaha.
Viral :   Jadwal MotoGP di Sirkuit Madalika 2022