Sirkuit MotoGP Terindah di Dunia
Foto: viva.co.id

10 Sirkuit MotoGP Terindah di Dunia

Menghabiskan waktu di sirkuit MotoGP sambil menikmati keindahan alam sekitarnya adalah pengalaman yang luar biasa. Kamu tidak hanya dapat melihat para pembalap favoritmu beraksi, tapi juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar sirkuit MotoGP itu sendiri! Sirkuit Mandalika di Lombok, Indonesia, termasuk dalam daftar sirkuit dengan pemandangan terindah. Tapi, Mandalika bukan satu-satunya, ada banyak sirkuit lain yang juga menawarkan pemandangan menakjubkan. Mari kita lihat lebih dekat 10 Sirkuit MotoGP Terindah di Dunia!

10 Daftar Sirkuit MotoGP Terindah di Dunia

Sirkuit Mandalika diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 12 November 2021. Presiden Jokowi menyebut Mandalika sebagai salah satu sirkuit terbaik di dunia. Sejumlah Rp2,49 triliun telah diinvestasikan untuk membangun sirkuit yang megah ini.

Dengan teknologi canggih yang dimilikinya, Mandalika berhasil masuk ke dalam daftar 10 sirkuit terbaik di dunia menurut beberapa sumber. Inilah daftar 10 sirkuit terbaik di dunia:

1. Losail, Qatar

Sirkuit Internasional Losail yang berada di Doha, Qatar, dikenal sebagai salah satu Sirkuit MotoGP Terindah di Dunia. Dengan panjang lintasan 5,3 km dan 16 tikungan, sirkuit ini menawarkan tantangan tersendiri bagi para pembalap.

Sekitar lintasan, terdapat rumput sintetis yang berfungsi untuk menghalau pasir dari gurun yang berada di sekitarnya agar tidak masuk ke lintasan.

Meskipun hanya dapat menampung 8.000 penonton, sirkuit ini memiliki daya tarik unik karena dibangun dalam waktu kurang dari satu tahun.

MotoGP Qatar pertama kali diadakan di sini pada tahun 2014 dan hingga kini masih menjadi lokasi penyelenggaraan balapan MotoGP.

Balapan di GP Qatar ini selalu diadakan di malam hari dengan penerangan yang memadai di setiap lintasan, mengingat suhu di Doha yang sangat panas pada siang hari.

Sirkuit Losail telah mendapatkan pengakuan homologasi tertinggi dari FIA (Lisensi Sirkuit Tingkat 1) dan FIM (Lisensi Sirkuit Tingkat A), yang merupakan proses penilaian standar balap untuk mendapatkan lisensi.

2. TT Assen, Belanda

TT Circuit Assen juga termasuk dalam jajaran sirkuit terbaik di dunia, seperti yang dilaporkan oleh Fit People. Pengakuan ini didasarkan pada konstruksi yang teliti dan dikatakan memiliki tingkat kecelakaan yang sangat rendah. Berlokasi di Assen, Belanda, TT Assen dibangun pada tahun 1949 dan dibuka untuk umum pada tahun 1955.

Sebelumnya, lintasan sepanjang 4,54 kilometer ini adalah jalan raya yang sempit dan dikelilingi oleh rumput. Pada tahun 1999, sirkuit ini mengalami modifikasi besar-besaran dengan penambahan tribun baru, menara kontrol, pusat pers, dan renovasi kotak. Kapasitas penontonnya mencapai 110.000 orang, dengan 60.000 di antaranya memiliki tempat duduk.

Viral :   Fantastis, Harga Motor GP Capai Puluhan Miliar

3. Jerez, Spanyol

Sirkuit Jerez, yang terletak di Jerez de la Frontera, Cadiz, Andalusia, Spanyol, adalah lintasan balap yang menjadi pusat perhatian para penggemar sejak pertama kali dibuka pada tahun 1985.

Sirkuit ini menjadi tuan rumah MotoGP pertama kali setahun setelahnya dan telah menjadi salah satu Sirkuit MotoGP Terindah di Dunia dan yang paling terkenal.

Jerez juga merupakan tempat populer bagi banyak tim untuk melakukan pengujian motor sepanjang tahun.

Dengan lintasan sepanjang 4,4 kilometer dan 13 tikungan, termasuk 6 tikungan ke kiri dan 8 tikungan balik, sirkuit ini menawarkan tantangan yang seru.

Rekor lap tercepat dipegang oleh Fabio Quartararo dari Prancis dengan waktu 1’36.880 pada tahun 2019 menggunakan Yamaha Petronas SRT. Valentino Rossi adalah pembalap yang paling sering meraih kemenangan di sirkuit Jerez.

4. Mandalika, Indonesia

Nama Mandalika diambil dari legenda Lombok yang berasal dari nama putri raja, Putri Mandalika. Sirkuit Mandalika terletak di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, dan membentang di atas lahan seluas 1.035,67 hektar.

ITDC, sebagai pemilik dan pengelola sirkuit, mengadopsi konsep ‘trek jalan raya’ dengan standar keamanan yang tinggi. Lintasan ini memiliki panjang 4,31 km dengan 17 tikungan dan dilengkapi dengan 40 garasi permanen. Tribun penonton dapat menampung hingga 110 ribu orang.

5. Mugello, Italia

Italia, yang dikenal dengan sejarahnya yang kaya dalam balap motor termasuk MotoGP, juga terkenal dengan pizza lezatnya. Negara ini memiliki salah satu sirkuit MotoGP terbaik di dunia, yaitu Sirkuit Mugello yang terletak di Tuscany.

Dengan desain lintasan sepanjang 5,2 kilometer yang dibuka pada tahun 1974 setelah pembangunannya pada tahun 1973, Mugello adalah permata balap Italia. Sirkuit ini memiliki lebar lintasan 14 meter dan kapasitas untuk 50.000 penggemar, serta dikelilingi oleh hutan yang memberikan suasana yang segar dan menenangkan.

6. Sepang, Malaysia

Sirkuit Internasional Sepang, yang berada tidak jauh dari Kuala Lumpur, Malaysia, adalah sebuah kompleks yang luas dengan area seluas 2.300 hektar. Dibangun hanya dalam 14 bulan, sirkuit ini pertama kali menjadi tuan rumah MotoGP pada April 1999. Dengan 14 tikungan dan beberapa lintasan lurus, Sepang menawarkan tantangan yang unik. Sirkuit ini juga merupakan tempat di mana pembalap Simoncelli mengalami kecelakaan fatal pada tahun 2011. Keindahan alam sirkuit ini telah menempatkannya di antara sirkuit terindah di dunia.

Viral :   Euro 2021 Malam Ini 15/16 Juni 2021, ini Link Siaran Langsung nya

7. Sachsenring, Jerman

Sirkuit Sachsenring di Jerman, yang selesai dibangun pada tahun 1996 dan menjadi tuan rumah MotoGP pertama kali pada tahun 1998, terkenal dengan banyaknya tikungan sempit. Dengan panjang hanya sekitar 3,7 kilometer, Sachsenring adalah sirkuit yang relatif pendek, dengan 10 tikungan ke kiri dan 3 tikungan ke kanan. Marc Marquez memegang rekor lap tercepat di sirkuit ini dengan waktu 1:20.270 pada tahun 2018 dan juga memegang rekor untuk kemenangan terbanyak berturut-turut di sirkuit ini, dengan tujuh kemenangan dari tahun 2013 hingga 2019.

8. Philip Island, Australia

Philip Island Grand Prix Circuit di Australia membuktikan bahwa MotoGP bisa memiliki pemandangan yang indah dan menenangkan seperti dalam mimpi. Terletak di Pulau Philip, Victoria, sirkuit ini memiliki lintasan sepanjang 4,45 kilometer dan menjadi tuan rumah berbagai acara publik setiap tahun. Dengan kapasitas 53.100 penonton, sirkuit ini juga disewakan untuk berbagai kegiatan, termasuk peluncuran produk dan latihan.

9. Silverstone, Inggris

Sirkuit Silverstone di Inggris memiliki lintasan terpanjang dalam kalender MotoGP 2022, dengan panjang 5,90 kilometer. Dengan 18 tikungan, termasuk sepuluh tikungan kanan dan delapan tikungan kiri, Silverstone memiliki jumlah tikungan kedua terbanyak setelah Sirkuit The Americas di Austin, Texas, AS. Selain itu, dengan lebar lintasan 17 meter, Silverstone juga merupakan sirkuit terlebar, yang membuatnya memiliki karakteristik yang unik dan cocok untuk semua jenis motor MotoGP. Saat ini, Silverstone adalah sirkuit MotoGP terpanjang di dunia.

10. Twin Ring Motegi, Jepang

Twin Ring Motegi di Jepang, yang terletak di distrik Kanto Utara, dikelilingi oleh keindahan alam yang luas. Terdiri dari dua lintasan: oval 1,5 mil dan jalanan 2,9 mil yang memenuhi standar internasional. Dibangun oleh Honda pada Agustus 1997 sebagai fasilitas uji utama, sirkuit ini menjadi tuan rumah MotoGP sejak tahun 2000. Twin Ring Motegi menarik penggemar olahraga motor dengan Koleksi Balai Honda, sebuah museum yang berisi koleksi mesin motor dan mobil balap. Di sekitar sirkuit, terdapat juga fasilitas seperti jalur berkuda, sekolah, go-kart, hotel, restoran, dan berbagai toko.