Cara Mudah agar Sepeda Motor Aman dari Pencurian

Kasus curanmor atau pencurian kendaraan bermotor hingga saat ini masih terus terjadi cukup sering. Sanksi hukuman bagi para pelaku rupanya tidak membuat orang lain takut untuk melakukan hal serupa. Karena itu, para pemilik sepeda motorlah yang harus waspada. Berbagai cara untuk mencegah motor hilang pun dilakukan. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengamankan kendaraan Anda.

Tips dan Trik agar Sepeda Motor Tidak Dicuri

Siapa pun pasti tidak ingin kehilangan sepeda motor, termasuk Anda, bukan? Namun, kenyataannya, berita tentang pencurian sepeda motor masih sering terdengar. Hanya mengandalkan cara-cara biasa ternyata tidak cukup ampuh karena para pencuri motor sudah memiliki cara khusus untuk mengambil paksa motor. Anda sebagai pemilik jangan mau kalah, lakukan tips dan trik berikut agar para pencuri membatalkan niatnya.

Memasang Alarm

Mungkin, inilah cara yang paling mudah, tetapi cukup efektif untuk membuat pencuri enggan mengincar motor Anda. Karena alarm bekerja menggunakan tenaga listrik, sebaiknya Anda meminta bantuan mekanik untuk memasangnya. Mereka lebih menguasai jalur kelistrikan pada motor sehingga alarm akan terpasang dengan baik dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Memasang Pengaman Tambahan

Cara ini juga lazim dilakukan banyak pemilik sepeda motor. Jenis pengaman tambahan pun sangat beragam, Anda bisa memilih salah satunya. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan memasang kunci tambahan pada velg roda atau kunci gembok di piringan cakram. Anda bisa membelinya di toko spare parts.

Jika mau lebih aman, Anda juga bisa mengombinasikan kunci gembok dengan rantai. Lalu, lilitkan rantai dari arm dan velg roda belakang sampai ke shockbreaker. Hal ini akan membuat pencuri kesulitan karena harus membongkar rantai sehingga pastinya mereka malas mengakali motor Anda.

Baca Juga  Terganggu Suara Motor yang Berisik? Ini Tips Mengatasinya

Mengunci Setang ke Kanan

Sudah menjadi kebiasaan umum bagi para pemilik sepeda motor untuk mengunci motor dengan posisi setang menghadap ke arah kiri. Anda harus mengubah kebiasaan ini dengan melakukan hal yang berlawanan. Mengapa cara ini bisa mencegah pencurian?

Kunci sepeda motor biasanya terletak di leher motor sebelah kanan. Jika setang diarahkan ke kiri, pencuri yang biasanya menggunakan kunci T bergagang panjang akan dengan mudah membobol motor Anda. Sebaliknya, jika diarahkan ke kanan, ruang gerak si pencuri menjadi terbatas sehingga akan membutuhkan waktu lama untuk melakukan aksinya dan berisiko tertangkap basah.

Daripada susah payah dengan risiko ketahuan, lebih baik mencari motor lain. Motor Anda pun akan selamat. Namun, jika motor memiliki lubang kunci di tengah, Anda harus mencari cara lain.

Membuat Sistem Pengaman Rahasia

Cara ini berupa trik-trik rahasia yang terkadang memang sedikit merepotkan. Namun, demi keamanan, trik ini tidak ada salahnya untuk dicoba. Anda bisa mencabut cangklong busi. Karena berfungi menyalurkan listrik dari koil ke busi untuk proses pembakaran, maka ketika dicabut, otomatis mesin motor tidak akan bisa menyala.

Trik rahasia lainnya adalah dengan mencabut salah satu sekring yang biasanya terdapat di balik jok. Jika sekring dicabut, motor tidak akan bisa dihidupkan. Jangan lupa untuk memasangnya kembali sebelum mengendarai sepeda motor.

Mau trik rahasia yang lebih canggih? Anda bisa mencoba cara yang ketiga, yaitu dengan memutus aliran listrik dari kabel CDI atau pengapian. Untuk itu, Anda membutuhkan saklar untuk menyambungkan arus listrik. Tempatkan saklar di bagian yang hanya diketahui oleh Anda sendiri. Untuk menghindari hubungan arus pendek, mintalah bantuan mekanik untuk melakukannya.

Baca Juga  Velg Rossi Produk Lokal Berstandar Internasional

Itulah beberapa upaya pencegahan untuk mengamankan sepeda motor dari tindak pencurian. Selain keempat tips dan trik di atas, jangan lupa untuk sebisa mungkin memarkirkan kendaraan di tempat yang cukup aman dan terawasi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!