Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor di Musim Hujan

Bulan-bulan ini, negara kita memasuki musim hujan. Cuaca yang tak menentu dan jalanan yang licin tentu harus diwaspadai oleh para pengendara sepeda motor. Bukan hanya motor tiba-tiba mogok, tetapi yang lebih berbahaya adalah risiko terjadinya kecelakaan karena berbagai sebab. Jika Anda sering beraktivitas menggunakan sepeda motor, tips berikut ini wajib diperhatikan agar bisa berkendara dengan aman.

Tips Aman Bersepeda Motor di Musim Hujan

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Bahkan, terkadang hujan pun disertai angin kencang. Meski cukup berisiko, bagi sebagian orang, berkendara saat hujan terpaksa harus tetap dilakukan, misalnya karena harus pergi bekerja. Yang bisa Anda lakukan adalah mengantisipasinya dengan melakukan persiapan serta mengetahui hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan yang harus dihindari.

Mengenakan Jas Hujan yang Tepat

Selalu membawa jas hujan adalah hal wajib bagi para pengendara motor di musim hujan. Namun, seperti diketahui, jas hujan banyak macamnya, misalnya model ponco, overcoat, tandem, dan training. Di antara berbagai model tersebut, manakah yang paling tepat dan aman untuk dipakai oleh para pengendara motor?

Selain tidak terlalu efektif menangkal air, apalagi jika hujannya deras, Anda tidak disarankan memakai jas hujan jenis ponco atau tandem karena akan menyulitkan Anda dalam mengendarai motor. Sebaiknya Anda memilih jas hujan model training (single). Jas hujan ini terdiri dari atasan dan celana sehingga Anda bisa membawa kendaraan seperti biasa. Jika hendak berboncengan, bawalah dua buah jas hujan training ini.

Baca Juga  Cara Merawat Motor Matic supaya Berumur Panjang

Menyalakan Lampu Motor

Memang saat ini, setiap pengendara motor diwajibkan untuk menyalakan lampu pada siang hari. Apalagi pada saat turun hujan lebat karena cuaca pasti akan lebih gelap dibandingkan biasa. Menyalakan lampu kendaraan sangat penting untuk keselamatan karena dengan begitu, pengendara lain akan bisa mengetahui keberadaan Anda. Hal ini penting untuk menghindari risiko terjadinya kecelakaan.

Melakukan Pengereman dengan Aman

Jalan yang basah tentu akan menjadi licin dan ini sangat membahayakan pengendara motor. Karena itu, Anda sangat tidak disarankan untuk melakukan pengereman mendadak karena ban motor bisa selip.

Lakukan pengereman dengan cara melepas tuas gas pada jarak aman, lalu tekan rem sedikit demi sedikit sampai sepeda motor melambat perlahan. Untuk menghindari pengereman mendadak, Anda hendaknya menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Selain itu, anda juga bisa menggunakan bantuan engine brake.

Berhentilah ketika Cuaca Memburuk

Anda harus bisa memperkirakan kapan hujan cukup aman untuk berkendara dan kapan cuaca sudah tidak memungkinkan lagi untuk melaju di jalanan. Jika di tengah jalan hujan bertambah lebat dan menyebabkan jarak pandang berkurang, segeralah menepi ke tempat yang aman. Jarak pandang yang terbatas sangat berbahaya karena bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

Waspadai Genangan Air

Jika Anda melewati rute yang sama setiap hari, mungkin Anda sudah hafal kondisi jalanan yang dilewati. Meski demikian, Anda tetap harus waspada ketika hujan turun dengan lebat dan terjadi genangan yang membuat lubang-lubang di jalan menjadi tidak terlihat.

Apalagi jika kebetulan Anda belum pernah melewati jalan tersebut. Kewaspadaan sangat penting untuk menghindari motor terperosok lubang dan terguling karena hal ini sangat berbahaya.

Tips aman di atas bukan hal yang sulit untuk dilakukan, namun sangat penting bagi keselamatan Anda. Jadi, jangan sepelekan kelima hal tersebut pada saat Anda menembus hujan menggunakan sepeda motor. Mencegah selalu lebih baik daripada menyesal karena mengabaikan faktor keselamatan berkendara.