Tips Merawat Motor Matic agar Awet

Cara Merawat Motor Matic supaya Berumur Panjang

Ketika baru diluncurkan, motor matic lebih banyak digunakan oleh kaum perempuan. Hal ini tak lepas dari kemudahan dalam mengendarainya. Cukup dengan memutar gas, sepeda motor sudah bisa melaju, tanpa harus repot menginjak atau menekan kopling untuk memindahkan transmisi. Sekarang, makin banyak orang yang memilih motor matic, termasuk kaum pria.

Meski mudah dikendarai dan relatif mudah juga dalam perawatannya, Anda juga perlu memperhatikan perawatan motor matic agar tidak cepat rusak. Nah, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar kendaraan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Tips Merawat Motor Matic agar Awet

Motor matic memiliki banyak keunggulan dibandingkan motor manual. Selain mudah dan nyaman dikendarai, motor matic juga gesit dan lincah, desainnya menarik, memiliki bagasi berkapasitas besar, kapasitas mesin bervariasi, dan suku cadangnya pun mudah dicari. Semua kelebihan itulah yang membuat motor ini laris di pasaran.

Anda tentu tidak ingin motor matic cepat rusak. Oleh karena itu, motor ini juga harus dirawat dengan cara yang benar. Bagaimana caranya? Lakukan tips-tips mudah berikut ini, niscaya motor matic Anda akan tahan lama.

  • Memanaskan Mesin dengan Rutin

Tips pertama yang sangat mudah dilakukan, tetapi sering dilupakan adalah memanas mesin motor secara rutin. Panaskan motor selama waktu 5–10 menit setiap pagi. Dengan begitu, oli siap melumasi mesin sehingga performa mesin motor akan terjaga. Agar baterai tidak boros, gunakan kick starter (bukan starter elektrik) ketika memanaskan motor.

  • Mengganti Oli secara Teratur

Penggantian oli dilakukan setiap 1.000 km, sedangkan oli gardan sebaiknya diganti jika jarak tempuh motor sudah mencapai 5.000 km. Selain berpatokan pada angka kilometer, penggantian oli juga bisa dijadwalkan rutin, misalnya 2 atau 3 bulan sekali. Ini penting untuk mengantisipasi jika Anda lupa untuk melakukannya.

Viral :   Kenali Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga Saat Menanjak

Oli yang harus diganti bukan oli mesin saja, tetapi juga oli shockbreaker. Gantilah oli shockbreaker setiap motor sudah mencapai 10.000 km. Dengan mengganti oli secara rutin, shockbreaker akan berfungsi dengan baik.

  • Menjaga Bahan Bakar Tetap Terisi

Kehabisan bahan bakar adalah hal yang sering dialmi pengendara motor, termasuk motor matic. Meskipun kelihatan sepele, hal ini bisa menyebabkan mesin motor cepat rusak. Jadi, rajinlah memeriksa indikator speedometer dan biasakan untuk mengisi tangki  bahan bakar secara penuh.

Jangan lupa untuk menggunakan bahan bakar berkualitas. Jangan membeli bensin di sembarang tempat karena bisa saja bensin yang dijual merupakan bensin campuran. Bensin yang tidak berkualitas hanya akan membuat mesin motor cepat rusak.

  • Memeriksa Kondisi Vanbelt dan Roller

Vanbelt yang putus menyebabkan motor berhenti dan tidak bisa dijalankan lagi. Untuk mencegah hal ini terjadi, sesekali periksalah kondisi vanbelt yang berbahan karet ini. Jika tampak sudah tidak bagus lagi, segera ganti dengan yang baru.

  • Merawat Aki

Aki yang mati akan memaksa Anda menggunakan kick starter yang menguras tenaga. Sayangnya, kondisi ini cukup sering terjadi pada motor matic karena memang cukup sulit untuk mengetahui kondisi aki pada kendaraan jenis ini. Akibatnya, motor kehilangan power dan lampu pun meredup. Untuk itu, lakukan perawatan dengan mengganti aki setiap 7 atau 8 bulan sekali.

  • Melakukan Servis Rutin

Membawa motor matic ke bengkel untuk melakukan servis berkala, misalnya 3 bulan sekali, sangat penting. Dengan cara ini, performa motor tetap dapat diandalkan. Ketika diservis, lakukan penggantian oli, pembersihan karburator, dan setting motor. Sebaiknya, lakukan servis di bengkel resmi. Jadi, jika diperlukan penggantian, spare part yang digunakan dijamin asli.

  • Menjaga Kestabilan Gas

Apakah Anda termasuk orang yang suka mengubah kecepatan motor secara tiba-tiba? Jika iya, segera hilangkan kebiasaan tersebut karena bisa memperpendek usia mesin motor. Mesin akan rusak, begitu juga dengan vanbelt.

Viral :   Bedakan Knalpot Akrapovik Asli dan Palsu untuk Lebih Aman

Itulah 7 tips merawat, tetapi penting untuk merawat motor matic Anda. Dengan memperhatikan hal-hal di atas niscaya motor Anda tetap aman dan nyaman dikendarai, meskipun sudah berumur cukup lama.