Menilik Spesifikasi Ducati Streetfighter V4 Yang Harganya Mencapai Rp 350 Juta

Rabu tanggal 25 Maret 2020 yang lalu, pabrikan ducati resmi merilis motor terbarunya yakni Ducati Streetfighter V4. Dimana saat peluncuran motor ini terpaksa dikenalkan melalui virtual atau lewat live streaming Youtube, hal ini dikarenakan pada saat itu Pemerintah italia mentapkan lockdown yang dikarenakan wabah virus corona (Covid-19).

foto : rideapart.com

 

Ducati Streetfighter V4 memiliki desain yang seolah menyatukan aura agresif serta kemewahan. Bagian depan pada motor ini mengingatkan kita pada Panigale V4. Selain itu, bentuknya yang minimalis dengan disematkan lampu berteknologi full LED terlihat nampak seperti senyum “joker” dalam karakter komik. Desain DRL dengan model “V” menjadi ciri khas jajaran motor sport Ducati ini.

Ducati Streetfighter V4 memiliki garis tangki bahan bakar serta ekor yang menyerupai superbike. Namun, desain rangka dan mesin pada motor ini dibuat untuk menunjang tampilan naked bike sehingga terlihat luar biasa. Fitur teknis aerodinamis yang dimiliki Ducati Streetfighter V4 seperti mengekstraksi udara yang terinspirasi dari mobil Formula 1. Hal ini bisa dilihat dari sematan sayap biplane motor ini yang terdapat pada tiap sisi fairiingnya. Dimana sayap biplane ini dikembangkan oleh tim aerodinamika ducati corse yang juga memiliki andil dalam desain motor di motoGP.

Viral :   Dibekali Dengan Mesin Jumbo, Motor BMW Terbaru 2021 Penjegal Yamaha XMAX

Sayap biplane yang terdapat pada Ducati Streetfighter V4 bisa menghasilkan downforce sebesar 27 kg ketika melaju 270 kph. Ducati juga mengklaim jika distribusi dorongan kebawah sebesar 44 lbs (20 kg) didepan dan 18 lbs (8 kg) dibelakang. Tujuan dari ini semua yakni untuk menambah cengkeraman mekanis, mengurangi kecenderungan wheelie serta menambahkan stabilitas pada saat kecepatan tinggi termasuk saat – saat pertama menginjak rem. Selain itu sayap biplane juga meningkatkan aliran udara melalui radiator dan oli masing-masing seebesar 2 persen dan 10 persen.

Ducati Streetfighter V4 diklaim memiliki gaya berkendara yang lebih rileks dan lebih mudah diatur daripada motor ducati panigale V4. Wheelbase dan swingarm Ducati Streetfighter V4 meningkat 15 mm dibandingkan dengan model superbike. kemudian Pin kemudi bertambah 2 mm, jadi jarak sumbu roda mencapai 1.488 mm sehingga mampu meningkatkan kemampuan dalam hal stabilitas. Bobotnya hanya 180 kg (Streetfighter V4) dan 178 kg (Streetfighter V4 S).

Viral :   Fungsi Membran Motor 2 Tak dan Perawatannya
foto : ducati.com

 

Berbicara mengenai performa mesinnya, Ducati Streetfighter V4 sudah disematkan dengan Mesin Desmosedici Stradale 1.103 cc yang mampu menarik perhatian para penggila kuda besi dari seluruh dunia. Tenaga maksimum yang dihasilkan dari mesin ini bisa mencapai 208 Hp pada 12.750 rpm, dan torsi maksimum 123 Nm pada putaran 11.500 rpm. Selain performa mesin yang sangat mumpuni, Ducati Streetfighter V4 juga sudah dibenamkan fitur-fitur canggih. Termasuk paket elektronik IMU 6 sensor. Ada ABS Cornering EVO, Ducati Traction Control (DTC) EVO 2, Ducati Slide Control (DSC), Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Ducati Power Launch (DPL), Ducati Quick Shift up/down (DQS) EVO 2, dan Engine Brake Control (EBC) EVO. Ada pula panel instrumen dengan layar TFT 5 inci full digital dan Riding Modes (Race, Sport, Street).

Ducati sendiri memasang harga jual untuk Ducati Streetfighter V4 berada di kisaran 19.900 Euro atau sekitar Rp 350 juta (kurs 1 Euro = Rp 17,582). Sedang versi V4 S benderolnya sedikit lebih mahal 3 ribu Euro, jadi Rp 404 juta.