Karet Master Rem Motor

Kenali 5 Tanda Karet Master Rem Motor Rusak

Kenali 5 Tanda Karet Master Rem Motor Rusak – Minyak rem dan karet master rem motor merupakan dua komponen yany saling terikat satu sama lainnya. Hal ini karena kedua komponen ini berada pada satu sistem pengeraman hidrolik atau biasa disebut rem cakram. Pada dasarnya rem cakram sendiri menggunakan dasar hukum pascal yang kemudia diterapkan pada sistem pengeraman. Sistem kerja rem cakram motor akan menggunakan minyak rem sebagai media untuk ditekan oleh gerakan tuas handle rem yang kemudian akan menekan karet master rem motor dan karet master rem motor akan menekan minyak rem hingga akhirnya minyak rem aka mendiring piston caliper untuk menekan kampas rem dan piringan cakram.

Kenali 5 Tanda Karet Master Rem Motor Rusak

  • Fungsi Karet Master Rem Motor 

foto : hayabusa.org

 

Karet master rem motor terletak didalam master rem tepatnya dibelakang handle rem jika rem motor tersebut merupakan rem cakram depan. Karet master rem motor memiliki fungsi untuk memompa minyak rem setelah handle atau tuas rem ditarik, sehingga minyak rem nantinya akan mendorong piston caliper yang letaknya dibawah caliper. Saat piston caliper terdorong keluar, maka kampas rem motor akan menekan piringan cakram sehingga kecepatan roda sepeda motor akan berkurang.

Sama seperti komponen komponen lainnya, karet master rem motor juga pasti akan mengalami kerusakan, dimana kerusakan ini diakibatkan beberapa hal seperti jamur yang menempel pada karet rem master motor, motor terjatuh dan tuas atau handel rem membentur jalan dengan keras. Selain itu kondisi master rem motor yang lubangnya sudah tidak presissi lagi atau aus akan membuat karet master rem cepat rusak. Umumnya karet rem master motor akan berumur kurang lebih 3 tahun, namun jika bagian pengereman sering terkena air hujan maka kemungkinan lebih besar karet rem master rem motor akan lebih cepat rusak, hal ini dikarenaka sifat asam yang ada pada air hujan bisa menimbulkan karat dan jamur pada karet master rem motor anda.

Viral :   Fungsi Suspensi pada Sepeda Motor

Cara merawat karet master rem motor agar awet, selain dengan menghindari seringnya terkena air hujan, anda juga bisa dengan menguras minyak rem motor secara berkala yakni setiap 1 tahun sekali atau setiap jarak tempuh motor yang sudah mencapai 12 ribu kilometer dan jangan lupa juga untuk rutin membersihkan kampas rem dan piston rem motor serta jangan lupa lumasin breket caliper rem nya.

  • Tanda Karet Mater Rem Motor Rusak

foto : bennetts.co.uk

Handel Rem Terasa Keras

Tanda yang paling mudah dikenali jika karet rem master motor rusak adalah handel atau tuas rem akan terasa keras. Biasanya kondisi ini sebagai indikasi awal adanya jamur yang menempel didalam seal master, jika jamur yang menempel masih sedikit masih ada kemungkinan untuk diperbaiki dengan cara membongkar karet master rem motor tersebut lalu mencucinya sampai bersih dengan menggunakan air. Namun, cara ini terbilang beresiko karena bisa merusak komponen lainya seperti sirklip pengunci atau anda bisa mencoba cara yang lebih mudah untuk memperbaiki handle rem motor yang terasa keras dengan cara memutar karet master rem motor sebanyak 90 derajat.

Handel Rem Ngempos Banget

Handel rem yang terasa ngempos merupakan tanda karet master rem motor anda rusak. Hal ini dikarenakan Karet master rem motor sobek , terkikis dan berjamur. Jika kondisi motor anda seperti ini, maka disarankan untuk segera melakukan pergantian seal master rem motor anda.

Rem Tidak Pakem atau Blong

Kondisi rem yang tidak pakem juga merupakan indikasi jika karet master rem motor anda mengalami kerusakan. Jadi saat anda sedang melakukan pengereman, handel rem akan terasa sangat keras dari bisanya, selain itu roda depan motor anda juga akan terasa ngelos atau blong dan roda tidak akan mengurangi kecepatan laju dari kendaraan.

Viral :   Fungsi Brush Motor Starter & Efek Brush Aus

Rem Kadang Keras dan Kadang Ngempos

Tanda karet master rem motor anda rusak juga ditandai ketika handel atau tuas rem motor ditarik maka akan terasa pakam sekali atau kadang ngempos. Hal ini terjadi akibat dua kemungkinan yakni pertama bisa karena rem cakram masuk angin atau adanya udara diselang minyak rem, cara memperbaikinya anda bisa melakukan bleeding atau menguras minyak rem. Tapi jika kondisi yang pertama bagus , kemungkinan besar penyebabnya yang kedua ialah karet rem master motor sudah mulai aus atau rusak.

Minyak Rem Bocor

Tanda karet master rem motor rusak yang terakhir adalah kondisi minyak rem yang bocor. Jika tanda tanda diatas tersebut anda tidak paham dengan kondisi adanya masalah pada sistem pengereman motor anda, maka biasanya anda akan menyadarinya jika ada tumpahan ataupun tetesan minyak rem yang mengenai celana ataupun baju dari anda.

Kata PencarianCiri2 Master Rem Motor Rusak ,Master Rem Motor Rusak ,penyebab master rem motor rusak,Tanda seal master rem motor rusak,Rem Motor Rusak,Rem Motor Rusak ,Rem Depan Vario 125 ,Rem Depan Motor ,Rem Belakang Vario 150 ,Rem Belakang Vario 125 ,Rem Belakang Supra 125,Rem Belakang Beat ,penyebab master rem rusak motor,Cara Mengetahui Master Rem Motor Rusak ,Penyebab Master Rem Motor Rusak ,kerusakan pasa sil master rem,karet minyak rem bocor,karet handle rem bocor,Harga Rem Motor ,Harga Piringan Rem Depan Vario 125