Berapa Kilometer Ganti Oli Motor Matic ? Berikut Ini Jarak Ideal Ganti Oli Motor Matic

Ganti oli pada kendaraan bermotor merupakan salah satu perawatan rutin yang harus dilakukan, terlebih bagi anda yang memiliki kendraan bermotor jenis motor matic, perawatan oli motor matic ini sangat penting untuk dilakukan. Namun sampai saat ini masih banyak para pemilik motor matic yang belum paham akan jarak ideal untuk pergantian oli motor. Lalu berapa kilometer ganti oli motor matic yang ideal ? Simak ulasannya di bawah ini.

Banyak manfaat yang didapat saat mengganti oli motor matic diantaranya untuk menjaga performa mesin motor matic anda agar selalu dalam kondisi prima. Artinya dengan rutin mengecek dan mengganti oli pada motor matic, maka performa mesin yang dihasilkan juga akan lebih bagus dan tentu lebih nyaman saat digunakan. Namun, performa mesin ini juga ditentukan oleh jenis dan kualitas oli yang digunakan. Dengan kata lain semakin bagus kualitas oli, maka kondisi mesin motor matic Anda akan semakin baik ke depannya.

Info Terkini  Ingin Beli Motor Listrik Viar? Perhatikan 3 Hal ini

Manfaat lainnya yang didapatkan dari penggantian oli motor matic ini yakni untuk menjaga mesin motor agar selalu dalam keadaan bersih. Hal ini penting dilakukan dikarenakan gesekan yang terjadi pada komponen komponen mesin yang sedang bekerja terkadang menimbulkan munculnya kotoran.

Ganti Oli Motor Matic Berdasarkan Jarak Tempuh yang ideal

foto : istockphoto.com

 

Sebelum mengganti pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui berapa kilometer ganti oli motor matic yang ideal, berikut penjelasannya :

Setiap 2000 KM

Disaat motor matic sudah mencapai jarak tempuh 2000 km, usahakan untuk langsung mengganti oli dengan yang baru. Umumnya oli yang berada di dalam motor dan sudah digunakan untuk jarak tempuh 2000 km tidak layak lagi dipakai karena bisa merusak komponen kendaraan. Maka dari itu, disarankan agar anda segera pergi ke bengkel resmi terdekat untuk melakukan pergantian oli dengan yang baru. Kondisi Oli yang baru dapat membuat motor matic kesayangan anda tetap dalam kondisi prima sehingga ketika digunakan tidak akan mati mendadak.

Info Terkini  Teknik Dasar Mengendarai Motor Trail Bagi Pemula
Setiap 3000 KM

Kedua, ketika sudah mencapai jarak tempuh 3000 KM oli motor matic juga sudah wajib diganti dengan yang baru. Jadi disarankan agar Anda harus rutin melakukan pengecekan speedometer untuk melihat berapa kilometer jarak tempuh yang sudah Anda lalui, apakah mencapai 3000 km atau belum. Jika hal ini sudah terjadi, segeralah mengganti olinya dengan yang baru. Umumnya motor yang sudah menempuh jarak sampai 3000 km itu sudah digunakan kurang lebih 2 bulan. Jangan sampai jarak tempuh motor Anda yang sudah melebihi 3000 km sedangkan oli nya baru diganti dengan yang baru. Hal ini bisa membahayakan motor matic Anda yang suatu saat tiba-tiba mati mendadak.

Info Terkini  Undang-undang Ini Atur Larangan Aktivitas saat Bermotor
Penggantian Oli motor matic dilakukan dalam 2 Bulan Sekali Untuk Jarak Tempuh 20 – 50 KM
foto : fastbikesindia.com

 

Jika motor jarang digunakan, bisa dibilang pemakaian motor hanya 20 – 50 km, pastikan untuk tetap mengganti oli motor matic selama 2 bulan sekali. Hal ini menjaga agar kualitas oli yang didalam motor matic tetap dalam kondisi baik sehingga kendaraan akan selalu dalam kondisi prima dan siap dipakai kapan saja.

Namun jika suatu saat motor matic anda gunakan berkendara dalam jarak yang jauh , misalnya 200 km, maka disarankan untuk mengganti oli 2 minggu sekali dan pastikan juga untuk memilih oli yang kualitas baik agar performa motor matic anda tetap terjaga.

Bagi anda yang belum mengerti berapa kilometer ganti oli motor matic yang ideal, semoga penjelasan diatas dapat membantu anda agar motor matic kesayangan anda tetap terjaga performanya.