Oli Motor Matic

Berapa Kilometer Ganti Oli Motor Matic? Ini Jarak Idealnya !

Ganti oli pada kendaraan bermotor merupakan salah satu perawatan rutin yang harus dilakukan, terlebih bagi anda yang memiliki kendraan bermotor jenis motor matic, perawatan oli motor matic ini sangat penting untuk dilakukan. Namun sampai saat ini masih banyak para pemilik motor matic yang belum paham akan jarak ideal untuk pergantian oli motor. Lalu berapa kilometer ganti oli motor matic yang ideal ? Simak ulasannya di bawah ini.

Banyak manfaat yang didapat saat mengganti oli motor matic diantaranya untuk menjaga performa mesin motor matic anda agar selalu dalam kondisi prima. Artinya dengan rutin mengecek dan mengganti oli pada motor matic, maka performa mesin yang dihasilkan juga akan lebih bagus dan tentu lebih nyaman saat digunakan. Namun, performa mesin ini juga ditentukan oleh jenis dan kualitas oli yang digunakan. Dengan kata lain semakin bagus kualitas oli, maka kondisi mesin motor matic Anda akan semakin baik ke depannya.

Manfaat lainnya yang didapatkan dari penggantian oli motor matic ini yakni untuk menjaga mesin motor agar selalu dalam keadaan bersih. Hal ini penting dilakukan dikarenakan gesekan yang terjadi pada komponen komponen mesin yang sedang bekerja terkadang menimbulkan munculnya kotoran.

Ganti Oli Motor Matic Berdasarkan Jarak Tempuh yang ideal

foto : istockphoto.com

 

Sebelum mengganti pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui berapa kilometer ganti oli motor matic yang ideal, berikut penjelasannya :

Setiap 2000 KM

Disaat motor matic sudah mencapai jarak tempuh 2000 km, usahakan untuk langsung mengganti oli dengan yang baru. Umumnya oli yang berada di dalam motor dan sudah digunakan untuk jarak tempuh 2000 km tidak layak lagi dipakai karena bisa merusak komponen kendaraan. Maka dari itu, disarankan agar anda segera pergi ke bengkel resmi terdekat untuk melakukan pergantian oli dengan yang baru. Kondisi Oli yang baru dapat membuat motor matic kesayangan anda tetap dalam kondisi prima sehingga ketika digunakan tidak akan mati mendadak.

Setiap 3000 KM

Kedua, ketika sudah mencapai jarak tempuh 3000 KM oli motor matic juga sudah wajib diganti dengan yang baru. Jadi disarankan agar Anda harus rutin melakukan pengecekan speedometer untuk melihat berapa kilometer jarak tempuh yang sudah Anda lalui, apakah mencapai 3000 km atau belum. Jika hal ini sudah terjadi, segeralah mengganti olinya dengan yang baru. Umumnya motor yang sudah menempuh jarak sampai 3000 km itu sudah digunakan kurang lebih 2 bulan. Jangan sampai jarak tempuh motor Anda yang sudah melebihi 3000 km sedangkan oli nya baru diganti dengan yang baru. Hal ini bisa membahayakan motor matic Anda yang suatu saat tiba-tiba mati mendadak.

Penggantian Oli motor matic dilakukan dalam 2 Bulan Sekali Untuk Jarak Tempuh 20 – 50 KM

foto : fastbikesindia.com

 

Jika motor jarang digunakan, bisa dibilang pemakaian motor hanya 20 – 50 km, pastikan untuk tetap mengganti oli motor matic selama 2 bulan sekali. Hal ini menjaga agar kualitas oli yang didalam motor matic tetap dalam kondisi baik sehingga kendaraan akan selalu dalam kondisi prima dan siap dipakai kapan saja.

Viral :   Rekomendasi Yamaha Matic yang Irit Bahan bakar

Namun jika suatu saat motor matic anda gunakan berkendara dalam jarak yang jauh , misalnya 200 km, maka disarankan untuk mengganti oli 2 minggu sekali dan pastikan juga untuk memilih oli yang kualitas baik agar performa motor matic anda tetap terjaga.

Bagi anda yang belum mengerti berapa kilometer ganti oli motor matic yang ideal, semoga penjelasan diatas dapat membantu anda agar motor matic kesayangan anda tetap terjaga performanya.

Tips Memilih Oli Motor Matic

Motor matic adalah salah satu jenis motor yang sangat populer di Indonesia. Salah satu hal yang penting untuk menjaga performa motor matic agar tetap optimal adalah memilih oli yang tepat. Pemilihan oli yang tepat dapat memperpanjang masa pakai mesin, menjaga kebersihan mesin, dan mengurangi biaya perawatan. Namun, memilih oli motor matic yang tepat tidak semudah memilih oli motor manual. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih oli yang tepat untuk motor matic Anda.

  1. Ketahui spesifikasi oli yang disarankan oleh pabrik motor Pabrik motor selalu merekomendasikan spesifikasi oli yang tepat untuk motor matic mereka. Spesifikasi ini mencakup viskositas, API, JASO, dan standar lain yang dapat mempengaruhi performa mesin. Pastikan Anda mengikuti rekomendasi pabrik motor dan memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi yang disarankan.
  2. Perhatikan viskositas oli Viskositas oli sangat penting dalam memilih oli yang tepat untuk motor matic. Viskositas yang terlalu rendah dapat mengakibatkan gesekan berlebih pada mesin dan merusak bagian-bagian mesin. Di sisi lain, viskositas yang terlalu tinggi dapat mengurangi efisiensi mesin dan membuat mesin tidak responsif. Pastikan Anda memilih oli yang memiliki viskositas yang sesuai dengan rekomendasi pabrik motor.
  3. Perhatikan API dan JASO API dan JASO adalah standar internasional untuk kualitas oli. API mengukur kemampuan oli dalam mencegah karat, korosi, dan keausan. Sementara JASO mengukur kemampuan oli dalam mengurangi gesekan dan menjaga kebersihan mesin. Pastikan Anda memilih oli yang memiliki standar API dan JASO yang sesuai dengan rekomendasi pabrik motor.
  4. Pilih oli yang memiliki aditif tambahan Beberapa oli motor matic dilengkapi dengan aditif tambahan yang dapat meningkatkan performa mesin. Beberapa aditif tambahan yang umum digunakan adalah aditif pembersih, aditif pendingin, dan aditif pelumas. Pastikan Anda memilih oli yang memiliki aditif tambahan yang sesuai dengan kebutuhan mesin motor matic Anda.
  5. Perhatikan brand dan reputasi produsen oli Brand dan reputasi produsen oli juga perlu diperhatikan. Pastikan Anda memilih oli dari produsen yang memiliki reputasi baik dan sudah terpercaya dalam dunia otomotif. Hal ini dapat membantu Anda memilih oli yang berkualitas dan dapat menjaga performa mesin motor matic Anda.
  6. Perhatikan budget Anda Terakhir, perhatikan budget Anda. Memilih oli yang berkualitas dan sesuai dengan rekomendasi pabrik motor tidak selalu berarti memilih oli yang paling mahal. Ada banyak pilihan oli yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Pastikan Anda memilih oli yang sesuai dengan budget Anda.
Viral :   Daftar Harga Aki Bekas Motor Terbaik Cek Disini!

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik Beserta Harganya

Memilih oli motor matic yang tepat adalah salah satu hal yang penting untuk menjaga performa mesin motor matic Anda tetap optimal. Ada banyak merek dan jenis oli motor matic yang tersedia di pasaran, dan hal ini dapat membuat Anda bingung dalam memilih. Untuk membantu Anda memilih, berikut ini adalah beberapa rekomendasi oli motor matic terbaik beserta harganya.

  • Shell Advance AX7 Shell Advance AX7

adalah salah satu oli motor matic terbaik yang tersedia di pasaran. Oli ini memiliki viskositas 10W-40 dan dilengkapi dengan aditif tambahan untuk meningkatkan performa mesin. Oli ini juga dapat membantu mengurangi gesekan pada mesin dan menjaga kebersihan mesin. Harga dari oli ini berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per liter.

  • Mobil 1 Racing 4T Mobil 1 Racing 4T

adalah oli motor matic yang dibuat khusus untuk motor dengan mesin yang lebih kuat. Oli ini memiliki viskositas 10W-40 dan dilengkapi dengan aditif tambahan untuk meningkatkan performa mesin. Oli ini juga dapat membantu mengurangi gesekan pada mesin dan menjaga kebersihan mesin. Harga dari oli ini berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per liter.

  • Castrol Power 1 Castrol Power 1

adalah salah satu merek oli motor matic yang sangat populer di Indonesia. Oli ini memiliki viskositas 10W-40 dan dilengkapi dengan aditif tambahan untuk meningkatkan performa mesin. Oli ini juga dapat membantu mengurangi gesekan pada mesin dan menjaga kebersihan mesin. Harga dari oli ini berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 150.000 per liter.

  • Pertamina Fastron Techno Pertamina Fastron Techno

adalah oli motor matic yang dibuat oleh produsen lokal. Oli ini memiliki viskositas 10W-40 dan dilengkapi dengan aditif tambahan untuk meningkatkan performa mesin. Oli ini juga dapat membantu mengurangi gesekan pada mesin dan menjaga kebersihan mesin. Harga dari oli ini berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 80.000 per liter.

  • Yamalube Yamalube

adalah merek oli motor matic yang diproduksi oleh Yamaha. Oli ini memiliki viskositas 10W-40 dan dilengkapi dengan aditif tambahan untuk meningkatkan performa mesin. Oli ini juga dapat membantu mengurangi gesekan pada mesin dan menjaga kebersihan mesin. Harga dari oli ini berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 100.000 per liter.

Itulah beberapa rekomendasi oli motor matic terbaik beserta harganya. Namun, sebelum memilih oli, pastikan Anda mempertimbangkan spesifikasi dan rekomendasi pabrik motor, serta kebutuhan mesin motor matic Anda. Selain itu, pastikan Anda membeli oli dari tempat yang terpercaya untuk mendapatkan oli yang berkualitas dan asli.