Motor Matic Trail

Beberapa Cara Modifikasi Mio Menjadi Motor Matic Trail

Motor Yamaha mio merupakan motor matic yang dari segi tampilannya terlihat cukup menarik, motor ini pun memiliki beberapa varian yang didesain dengan gaya sporty sehingga cocok digunakan oleh wanita maupun pria. NAmun begitu, tampilan motor ini ternyata masih bisa di uprade loh, sehingga akan tampak lebih gagah ditambah dengan performanya juga diperbaiki agar dapat menempuh medan yang lebih berat. Salah satu solusi modifikasi motor mio keluaran lama ataupun keluaran terbaru yakni dengan merubahnya menjadi motor matic trail. Ya, ciri khas motor trail ialah pada kemampuan jelajahnya yang cukup tinggi. Dengan beragam perombakan pada body dan mesin motor yamaha mio pun dapat disulap menjadi motor matic trail yang keren.

Beberapa ide modifikasi mio trail terbaru

1. Bodi motor dibuat lebih tinggi

Motor Matic Trail
foto : rosaemente.com

 

Cara pertama untuk menjadikan mio sebagai motor matic trail adalah dengan meninggikan bodi motor mio. Kita tau jika motor trail biasanya memiliki bodi yang tinggi dan ramping. Sementara untuk motor matik Mio Cenderung Lebih Pendek. Yang perlu anda lakukan adalah melakukan modifikasi pada bagian ini. Beberapa komponen pada bagian motor bisa dirubah seperti, meninggikan posisi sepatbor depan agar tidak terlalu dekat dengan ban. Kemudian anda juga bisa hilangkan dek atau lantai motor. Gantilah dengan foot step biasa saja.

2. Spakboard belakang dibuat lebih tinggi

Motor trail sangat identik dengan sepatbor belakang yang lebih tinggi dan panjang ke belakang. Tujuannya adalah saat melewati jalan berlumpur, ban yang penuh kotoran tidak bakal terhambat jalannya karena bersentuhan dengan sepatbor. Selain itu, sepatbor yang panjang kebelakang juga bisa melindungi punggung pengendara supaya tidak terkena cipratan air atau lumpur. Sementara motor Mio standar memiliki sepatbor yang terlalu dekat dengan ban. Oleh karena itu jika ingin merancang modifikasi Mio menjadi motor matic trail, maka perubahan bentuk sepatbor ini sangat diperlukan untuk membuat berkendara anda menjadi lebih nyaman saat di jalanan tanah.

3. Menggunakan jenis ban trail

Ini merupakan cara yang tak boleh terlewatkan, dimana untuk merubah motor mio menjadi motor matic trail salah satunya dengan cara mengganti bagian ban motor. Ciri khas motor trail yakni memiliki ban dengan pola kembang yang sangat menonjol. Jenis ban ini pastinya akan lebih aman digunakan pada medan yang sulit karena daya cengkramnya lebih kuat.

Viral :   Penyebab dan Cara Mengatasi Kebocoran Pada Knalpot Vario 150

Saat ini ada dua jenis ban trail yang bisa dipakai oleh Mio Trail modif yaitu semi offroad dan full offroad. Kalau semi offroad bisa terapkan ban motor Mio berjenis dual purpose seperti IRC GP5, Maxxis dual purpose, Swallo SB150, dan lain-lain. Sementara kalau anda menginginkan full offroad, maka anda bisa memakai ban Mio merek Corsa Cross-X, Swallow X-Cross, Primaax Godzilla, dan lain-lain. Satu lagi yang terpenting dan jangan sampai terlewatkan adalah soal ukuran, pelek standar Yamaha Mio adalah 14 inci. Jadi kalau anda tidak mau merombak terlalu banyak sebaiknya pertahankan diukuran 14 inci saja.

4. Menambahkan aksesori pada motor

Untuk menambah kesan sporty pada motor matic trail, anda bisa mulai menambahkan aksesoris yang memang menjadi ciri khas motor trail. Seperti, hand guard, fog lamp, engine guard, dan lain-lain. Semuanya cukup lazim digunakan di motor trail terbaik.

5. Desain motor lebih minimalis

Agar lebih lincah, motor mio harus didesain dengan gaya minimalis. Modifikasi mio agar menjadi motor matic trail bisa ada lakukan dengan menekankan sisi naked fairing / half fairing. Dengan begitu, motor yamaha Mio anda akan tampak lebih ramping sekaligus ringan.

6. Ubah suspensi depan dan belakang

Bagian lain motor mio yang perlu anda modifikasi agar menjadi motor matic trail adalah suspensi, baik pada posisi depan maupun belakang. Suspensi bagian depan motor ini dapat diganti dengan suspensi Kanzen Taurus. Dimensinya yang lebih panjang akan menjadikan motor mio anda terasa lebih jenjang. Sedangkan untuk suspensi bagian belakang, anda bisa menggunakan milik Yamaha X-Ride supaya ground clearance motor Yamaha Mio terlihat lebih tinggi. Baiknya ukurannya dibuat berbeda antara suspensi depan dan belakang.

7. Ganti stang motor

Untuk kenyamanan melakukan aksi trail, anda sangat membutuhkan stang motor yang lebih fleksibel. Salah satu yang bisa dijadikan referensi anda adalah model Fatbar yang lebih ramping dan lebar. Di samping menunjang gaya modif motor matic trail jadi lebih pas. Fatbar juga bisa menjadikan posisi berkendara jadi lebih nyaman saat dipakai di jalan semi offroad. Tentunya ketika anda mengganti setang motor, anda juga perlu merubah banyak hal seperti speedometer, lampu, tombol sein, starter, dan lain-lain.

Viral :   Spesifikasi Motor Listrik Kawasaki, Motor Sport Ramah Lingkungan

8. Naikkan Kapasitas Mesin

Karena motor trail sangat identik dengan medan yang berat, kapasitas mesin motor mio pun harus ditambahkan lagi. Jika tidak, saat melakukan atraksi, motor yamaha mio tidak akan cukup kuat. Caranya yakni kaburator pada motor ini bisa diganti dengan ukuran yang lebih besar. Kapasitas mesin motor mio pun di bore-up sehingga naik menjadi 150 cc. Dengan perubahan ini, Yamaha Mio anda akan menjadi motor matic trail seutuhnya dan bisa diajak melakukan akselerasi dengan mudah.

9. Pakai gaya knalpot tinggi

Motor Matic Trail
foto : motorplus-online.com

 

Biar penampilan motor mio anda seutuhnya menjadi motor matic trail, anda bisa meninggikan knalpot pada motor Mio hasil modifikasimu. Hal ini agar menyesuaikan dengan bentuk motor trail yang juga cukup tinggi. Dimana dengan posisi knalpot yang tinggi, menjadikan modifikasi motor matic trail lebih nyaman ditunggangi. Knalpot tidak mudah bersinggungan dengan jalan bergelombang dan tentunya knalpot tidak kemasukan air saat melewati genangan air.

10. Mengubah lampu depan

Modifikasi motor mio menjadi motor matic trail selanjutnya adalah dengan mengubah bentuk lampu depan pada motor mio. Anda bisa menggantinya dengan jenis lampu yang lebih sporty dan lebih unik.

11. Copot bagasi motor

Untuk membuat desain motor mio lebih ringkas layaknya motor matic trail, yakni dengan menghilangkan bagasi motor Mio. Selain motor akan terlihat langsing, motor juga dapat mudah dikontrol.

12. Standar tengah motor dicopot

Agar membuat tampilan motor mio menjadi motor matic trail, anda bisa mencopot standar tengahnya dan sisakan standar samping. Standar tengah biasanya akan membuat ground clearance pada motor matic trail anda menjadi lebih pendek. Tentunya kalau inginmodifikasi mio trail, butuh ground clearance yang tinggi agar tidak mudah bersinggungan dengan jalan.