Resmi Diluncurkan, Inilah Spesifikasi Motor BMW CE 04 Yang memiliki kecepatan Hingga 120 kpj

BMW CE 04 akhirnya secara resmi diluncurkan oleh BMW Motorrad. Pihak BMW mengatakan jika motor listrik BMW CE 04 ini merupakan versi produksi dari definition CE 04 yang sebelumnya diluncurkan pada November 2020. Motor listrik yang merupakan karya terbaru asal pabrikan Munchen ini dibanderol senilai $ 11.795 atau sekitar Rp 171 jutaan. Motor listrik BMW CE 04 sebenernya bukan yang pertama yang diproduksi oleh pabrikan asal Munchen. Dimana sebelumnya pihak BMW sudah pernah meluncurkan motor listrik sejak tahun 2014 hingga 2020 yakni BMW C Evolution, namun untuk menandai babak baru dalam strateginya, pihak BMW akhirnya melahirkan motor listrik BMW CE 04.

foto : newsbinding.com

 

Tampilan umum pada BMW CE 04 cukup konsisten. Dimana bagian yang paling mencolok yakni terdapat pada bodinya yang rendah dan panjang. Bukan tanpa alasan, sebab ini merupakan faktor untuk memungkinkan BMW menempatkan modul baterai yang panjang dan rata di bagian bawah bodi motor, memberikan geometri tetap rendah. Selain itu desain pada motor listrik ini juga dirancang untuk mengoptimalkan pembuangan panas yang dihasilkan dari baterai lithium-ion 147,6 volt. Dengan ditambahkannya pelat dan sirip pendingin yang diatur secara longitudinal di bagian bawah. Menurut pabrikan asal Munchen ini, baterai yang terlalu panas bisa berdampak pada masa pakai. Selain itu pihak pabrikan juga tidak ingin penghimpun tenaga setrum nantinya menjadi terlalu dingin karena suhu yang terlalu rendah. Lantaran bisa memengaruhi resistansi internal sel, yang dapat mengurangi daya.

BMW CE 04 saat ini sudah disematkan baterai yang memiliki kapasitas 60,6 Ah (8,9 kWh) dengan waktu pengisian dari 0 hingga 100 persen mencapai 4 jam 20 menit dengan kabel pengisian Level 1 yang disediakan dan 1 jam 40 menit dengan kabel pengisian Level 2 yang merupakan kabel opsional. Pihak BMW juga mengklaim jika untuk pengisian Level 2 bisa menambah daya dari 20 ke 80 persen hanya dalam 45 menit. Baterai juga bisa mengisi kembali energinya saat BMW CE 04 meluncur. Saat posisi throttle ditutup, maka daya kinetik diubah menjadi energi listrik dengan motor listrik bertindak sebagai generator. Torsi tarikan dari pemulihan tenaga ini juga menciptakan efek pengereman mesin saat melepaskan gas serta memberikan perasaan yang sama seperti skuter yang boros bahan bakar.

Viral :   Nama-nama Spare Part Motor Dan Fungsinya

Motor listrik BMW CE 04 juga sudah dilengkapi dengan motor magnet permanen berpendingin cairan, yang dapat mengklaim output maksimum 42 horse power pada 900 rpm dan torsi 57 Nm pada 1.500 rpm. Dimana penggerak dipasang di belakang baterai dan di depan roda belakang, dengan radiator diposisikan di depan. Torsi ditransmisikan melalui gearbox primer satu tahap dengan penggerak sabuk sekunder. Pihak pabrikan mengklaim jika BMW CE 04 memiliki kecepatan maksimum 120 kpj (75 mph), dengan waktu 0 hingga 50 kph (sekitar 0 hingga 31 mph) hanya 2,6 detik. Selain itu, pihaknya juga mengklaim jika kondisi baterai dalam keadaan yang penuh sanggup memberikan jangkauan hingga 80 mil (128 Km).

Kelebihan lainnya dari BMW CE 04 ini juga dilengkapi dengan penggerak mundur yang bisa diaktifkan oleh sakelar di stang kiri. Caranya yakni hanya dengan menahan tombol, skuter bergerak mundur dengan kecepatan rendah. Tentu ini cukup membantu para pengendara untuk memindahkan unit yang memiliki bobot 230 kg.

BMW CE 04 juga menawarkan tiga mode berkendara yakni ECO, Rain, dan Road. Mode keempat, Dinamis, tersedia sebagai opsi ex-works. Dimana Mode ECO berfungsi mengoptimalkan pemulihan energi sambil membatasi akselerasi untuk membantu memaksimalkan jangkauan. Mode Rain memiliki fungsi untuk mengurangi torsi untuk memberikan respons yang lebih halus saat berada di kondisi jalan buruk. Khusus Road diberikan pengaturan default dengan akselerasi penuh dan torsi normal. Sedangkan mode dinamis yang datang secara opsional menawarkan akselerasi penuh serta dorongan tambahan.

foto : Autos.id

 

Motor listrik BMW CE 04 ini juga sudah dilengkapi dengan fitur panel instrumen TFT 10,25 inci Bosch dengan resolusi 1920 x 720. Dimana dengan layar lebarnya memungkinkan tampilan terpisah, sehingga memunculkan sistem navigasi dan speedometer secara berdampingan. Sistem navigasi membutuhkan smartphone dengan BMW Motorrad Connected App. Smartphone dapat disimpan di kompartemen penyimpanan yang dapat dikunci. Di dalamnya juga telah diberikan soket USB-C dan ada sistem ventilasi, untuk menjaga smartphone agar tidak terlalu panas saat berada diruang tertutup. Fitur lainnya yang sudah tersedia di BMW CE 04 yakni pencahayaan LED penuh (lampu depan adaptif adalah opsional) dan bagasi penyimpanan di bawah kursi serta memiliki jarak sumbu roda 66 inci (1.676 mm) dan memakai roda 15 inci. Dimana pada roda depan sudah dilengkapi dengan cakram kembar 265 mm dengan kaliper empat piston. Sedang belakang menggunakan disk tunggal 265 mm dengan kaliper piston tunggal. Semua jalur rem pada BMW CE 04 sudah terbungkus baja, dan rem parkir otomatis diterapkan saat penyangga samping diturunkan. ABS dua saluran Bosch 9.3 hadir sebagai standar. Tapi BMW menawarkan upgrade ABS Pro yang sensitif-lean sebagai tambahan opsional.

Viral :   Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi

Fitur lainnya yang terdapat pada BMW CE 04 yakni perangkat elektronik yang canggih seperti, Automatic Stability Control yang berfungsi membatasi torsi engine untuk mengontrol slip, sekaligus membantu mencegah roda belakang terkunci selama pemulihan energi. Dynamic Traction Control yang sensitif juga tersedia sebagai bagian dari Paket Premium yang berfungsi untuk menstabilkan kendaraan agar kembali ke jalur lintasan, tentunya hal ini sangat membantu pengendara dalam mengendalikan kendaraan selama manuver darurat.

Beralih kebagian suspensi, motor listrik BMW CE 04 dibekali suspensi teleskopik 35 mm yang menawarkan travel 4,3 inci di depan. Roda belakang dipasang ke lengan ayun satu sisi dan digantung oleh penyangga tunggal yang menawarkan jarak 3,6 inci. CE 04 dilengkapi dengan ban depan 120/70 R15 67H dan ban belakang 160/60 R15 56H. Motor listrik asal pabrikan Munchen ini tersedia dalam warna Light White seharga Rp 171 jutaan dan Magellan Grey Metallic Avantgarde dengan menambahkan Rp 3,2 jutaan. Sedang Paket Premium Rp 24 jutaan ditawarkan dengan lampu depan adaptif, ABS Pro, mode Dynamic ride, kabel pengisian Level 2, monitor tekanan ban, dan kursi berpemanas.