Spesifikasi Lengkap Motor BMW R18 Classic Yang Harganya Sentuh Rp1 M

BMW Motorrad Indonesia saat ini kembali unjuk gigi dengan menggoda hati para pecinta motor gede (moge) di Tanah Air dengan meluncurkan produk baru, yakni BMW R18 Classic, Kamis (25/3/2021) di Jakarta. Model ini bisa disebut sebagai versi touring dari BMW R18 First Edition. Hal ini karena konsep yang diwujudkan pada BMW R18 Classic melalui penambahan sejumlah aksesori sebagai penunjang perjalanan jauh seperti, windshield, tas samping, jok tandem, dan sepasang lampu depan tambahan yang mengapit lampu utamanya. Selain itu, untuk area kaki-kakinya moge BMW R18 Classic sudah menggunakan kombinasi ukuran ban R16 di depan dan belakang.

foto : uzone.id

 

Hal ini sedikit berbeda dengan motor BMW R18 First Edition, dimana ukuran ban nya menggunakan diameter R16 di belakang dan R19 di depan. Dikarenakan BMW R18 Classic menggunakan jok tandem, maka otomatis akan tersedia pijakan kaki untuk penumpang belakang. Joe Frans yang merupakan CEO BMW Motorrad Indonesia mengatakan jika produk barunya ini bisa menjadi pilihan tepat untuk rider yang menyukai tunggangan nyaman, safety, memiliki kesan klasik serta dilengkapi dengan teknologi terkini. Menurut Joe Frans, BMW R18 Classic nampak terlihat lebih besar dari R18 First Edition, kesan mogenya benar-benar dapat.

Info Terkini  Berapa Kilometer Ganti Oli Motor Matic ? Berikut Ini Jarak Ideal Ganti Oli Motor Matic

Menurut informasi yang didapat, motor BMW R18 Classic ini hadir di Indonesia dalam bentuk Completely Build Up (CBU) dari Jerman. Sehingga Wajar saja jika konsumen mesti melakukan inden terlebih dahulu sebelum bisa menerima unitnya.

Spesifikasi BMW R18 Classic

foto : naikmotor.com

 

Untuk spesifikasi secara keseluruhan diantara keduanya terbilang masih sama. Dimana sumber tenaga pada motor ini menggunakan mesin boxer berkapasitas 1.800 cc dengan pencapaian tenaga maksimum 91 Horsepower dan torsi puncak 150 Nm. Pihak BMW juga mengklaim jika top speed moge BMW R18 Classic berada di angka 180 Km per jam dan konsumsi bahan bakar rata-ratanya 17,9 Km per liter. Potensi mesin pada motor itu sendiri bisa dieksplorasi lewat tiga pilihan mode berkendara meliputi Rain, Roll, dan Rock. Kemudian untuk fitur keselamatan aktif diisi kontrol stabilitas dan pengereman ABS. Sedangkan penampilannya, BMW R18 classic mengambil benang merah desain BMW R5 yang mana dipasarkan pada era 1930-an. Dimana ciri khas yang tampak antara lain penggunaan desain garis putih yang mengelilingi tangki bensin.

Info Terkini  Rekomendasi Motor Matic Terbaik di Indonesia

Berikut spesifikasi lengkap BMW R18 Classic

 Spesifikasi Lengkap BMW R18 Classic
Dimensi
P x L x T 2.440 x 964 x 1.397 mm
Sumbu Roda 1.731 mm
Tinggi Jok 710 mm
Kapasitas Tangki 16 liter
Berat Motor 365 kg
Mesin
Tipe 4-tak, boxer, DOHC 8 katup, pendingin udara
Kapasitas 1.802 cc
Diameter x Langkah 107,1 x 100 mm
Rasio Kompresi 9,6 : 1
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual, 6 speed
Tenaga Maksimal 92,2 PS @ 4.750 rpm
Torsi Maksimal 158 Nm @ 3.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Double cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swinging fork, central shock
Ban Depan 130/90-16
Ban Belakang 180/65-16
Rem Depan Cakram ganda, ABS
Rem Belakang Cakram tunggal, ABS
Info Terkini  Sederhana, Inilah Cara Memperbaiki Kopling Ganda Motor