Yamaha R6 Berhenti Produksi 2021, Ketahui Alasannya

Yamaha R6 versi legal dipastikan tidak berlangsung lama, hal ini karena perusahaan memutuskan untuk menghentikan produksi motor ini mulai dari 2021. Kabar itu beredar setelah pabrikan Yamaha mengirimkan keterangan resmi terkait dari model apa saja yang nantinya akan kembali pada 2021. Dalam rilisan tersebut juga rencananya pabrikan akan menghilangkan beberapa model ikonik seperti WR250R, VMAX, dan YZF-R6.

Kabar beredar bila Yamaha R6 berhenti produksi dikarenakan imbas dari pabrikan asal Jepang yang tidak ingin melakukan standarisasi Euro5 pada Yamaha R6. Homologasi Euro5 pada R-Series ini dilakukan hanya dari R1 hingga R125. Belum lagi penjualan Yamaha R6 ini dirasa kurang maksimal saat ini, yang mana tidak sebesar ketika pertama kali Yamaha YZF-R6 diluncurkan pada tahun 1999 sampai awal 2000an. Homologasi Euro5 pada R-Series ini dilakukan hanya dari R1 hingga R125. Disisi lain Yamaha R6 dinilai tanggung, sebab dominasi pasar otomotif saat ini lebih kepada motor sport 1.000cc dan motor gede dengan model adventure.

Viral :   Fungsi Stabilizer Stang pada Sepeda Motor

Yamaha memahami betul sejarah ikonik model model ini. Berbicara mengenai masa depan, Yamaha akan terus mencari ide dan konsep baru sehingga nantinya untuk mendukung dan memperluas pasar, serta meningkatkan pengalaman pelanggan. Sejak diperkenalkan pada tahun 1999, Yamaha R6 muncul sebagai andalan di segmen motor sport bersamaan dengan model lain seperti Suzuki Gixxer dan Kawasaki Ninja. Dengan mesin empat silinder berkapasitas 599cc yang ada pada Yamaha R6 telah mendulang berbagai ulasan positif dari berbagai media yang menilai jika Yamaha R6 ini merupakan motor yanh dinilai hebat, liar dan mendebarkan.

Yamaha R6 merupana sepeda motor sport fairing yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 122 horsepower pada kecepan rpm 14.500 dan torsi 65,7 Nm pada rpm 10.500. Seluruh daya tersebut disalurkan melalui transmisi enam percepatan. Walau demikian, pabrikan asal Jepang ini dikabarkan akan tetap menjual Yamaha R6 untuk kebutuhan balap di sirkuit. Hal ini dikarenakan performa motor ini masih menjanjikan, rencananya perusahaan akan mulai menjual Yamaha R6 edisi sirkuit pada tahun 2021. Motor ini juga nantinya akan dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp270 juta on the road Jakarta.

Viral :   Macam-macam Pengasutan Motor Listrik