Menilik Kelebihan, Kekurangan Menggunakan Box Sepeda Motor dan Tips Membelinya

Box sepeda motor merupakan aksesoris motor yang berbentuk sebuah box yang kokoh dan bisa dipasang di samping maupun dibelakang motor. Fungsi box sepeda motor itu sendiri yakni membantu anda agar mampu membawa lebih banyak barang ketika bepergian menggunakan motor. Sistem pemasangan box sepeda motor yakni dengan menggunakan bracket sehingga akan kokoh dan stabil saat digunakan berkendara.

bagi anda yang ingin memilikinya, saat ini box sepeda motor sudah banyak tersedia di pasaran dengan berbagai kualitas dan kapasitas yang berbeda beda, sehingga anda bisa memilih box sepeda motor yang tepat dan cocok untuk motor anda.

Secara umum box sepeda motor terbagi menjadi dua jenis box yakni box belakang dan box samping, yang mana keduanya memiliki fungsi yang berbeda, meskipun begitu kegunaan dari kedua box tersebut adalah sama sama sebagai penyimpanan barang para penggunanya.

1. Box Belakang

Jenis box sepeda motor ini sangat cocok bagi anda yang memang ingin lebih aman saat bermanuver, pasalnya motor akan mudah dikendalikan dan minim resiko jika posisi box ada dibelakang. Untuk ukuran box itu sendiri cukup besar sehingga mampu menampung banyak barang.

Viral :   Merk Knalpot BeAT ‘Racing’ Terbaik
2. Box Samping / Side box

Box yang terinstall di posisi samping motor ini sangat cocok bagi anda yang ingin menggunakan motor ini untuk keperluan touring, Bagi anda yang ingin melaju cepat tidak disarankan memakai side box ini, hal ini karena saat bermanuver akan menyulitkan anda untuk mengendalikannya.

Box sepeda motor merupakan aksesoris yang banyak dibutuhkan oleh para pengguna motor harian maupun untuk touring. Namun sebelum memilikinya, sebaiknya anda mengetahui dulu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki box sepeda motor ini.

Kelebihan Menggunakan Box Sepeda Motor

  • Dapat membawa banyak barang.
  • Apabila terjatuh, kondisi motor masih ada penyangga dari box motor.
  • Menjadikan penampilan motor anda lebih bergaya.
  • Memberikan senderan pada penumpang.
  • Mengurangi niat kejahatan yang berniat mencuri motor, hal ini karena kondisi motor yang memiliki box justru akan membuat repot para pelaku tindak kejahatan untuk melarikan motor.
  • Mudah didapatkan dengan berbagai merk dan ukuran, sehingga anda bisa memilih yang tepat untuk motor anda.
Viral :   New Honda BeAT 2021 Hadir Dengan Pilihan Warna Spesial dan Striping Baru

Kekurangan Menggunakan Box  Sepeda Motor

  • Menyalip di tengah kemacetan akan menjadi susah.
  • Keseimbangan motor bisa terganggu ketika ada angin kencang.
  • Penumpang susah naik ke motor akibat terhalang kaki nya.

Tips membeli box sepeda motor

Harganya

Pastikan budget yang anda miliki sesuai dengan harga box motor.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Ukuran dan spesifikasi box motor sangat beragam, maka dari itu disaat membeli pastikan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pastikan juga jika dimensi box tidak lebih besar daripada panjang stang kemudi motor. Jika hal ini terjadi maka bisa menganggu pandangan belakang Anda.

Perhatikan jenis motor Anda

Hal ini perlu diperhatikan saat ingin membeli box sepeda motor agar nantinya tidak mengganggu kestabilan motor anda. Disarankan untuk motor matic sebaiknya menggunakan ukuran 26 L hingga 35 L saja. Sedangkan untuk motor yang berkapasitas besar bisa memilih box motor dengan volume yang lebih besar.

Pemilihan bracket yang berkualitas

Saat ini sudah banyak tersedia jenis bracket, seperti monorack, heavyrack, side box, dan bracket geser. Tentukan yang sesuai dengan box sepeda motor yang digunakan dan harus berkualitas agar kuat dan stabil.