Cara Mudah Merawat Cat Motor Agar Awet, Mengkilap dan Terlihat Baru

Cara Mudah Merawat Cat Motor – Merawat cat body motor agar selalu awet, mengkilap dan terlihat baru sebenernya cukup mudah dilakukan dan tak perlu mengeluarkan biaya mahal. Anda hanya perlu ketelatenan dan melakukan perawatan secara rutin.

Namun, sampai saat ini masih banyak pemilik motor yang malas untuk merawatnya, alhasil banyak motor yang meski masih terbilang baru tapi sudah nampak kotor dan kusam. Agar motor selalu terlihat bersih dan mengkilap maka pemilik motor wajib merawatnya, dengan kondisi motor yang bersih dan mengkilap juga bisa menambah kepercayaan diri bagi siapa saja yang mengendarainya.

Cat motor merupakan hal terpenting jika ingin memiliki motor yang selalu nampak mengkilap. Maka dari itu disini wartaoto akan memberikan cara mudah merawat cat motor agar awet, mengkilap dan terlihat baru.

1. Cuci motor secara rutin

Cara mudah merawat cat motor yang pertama yakni dengan rutin mencuci motor. Dengan mencuci motor setidaknya seminggu sekali bisa membuat debu dan kotoran menjadi lebih mudah untuk dihilangkan. Namun jika motor yang anda miliki jarang dicuci maka kemungkinan besar partikel debu dan kotoran yang melekat pada cat body motor anda akan susah dihilangkan.

Terlebih jika sedang dalam musim penghujan. Disarankan agar anda mencuci motor anda setiap kali menerabas jalanan saat hujan turun. Hal ini karena air hujan yang bercampur debu dan kotoran bisa berpengaruh lebih buruk untuk kondisi cat body motor anda, selain itu bagian lain seperti knalpot, standar dan rangka juga bisa berpotensi timbul karat jika tidak segera dibersihkan. Disarankan agar anda mencuci motor dengan shampo khusus yang memang direkomendasikan untuk mencuci motor.

Viral :   Fungsi Dinamo Starter Motor dan Cara Kerjanya
2. Gunakan kanebo untuk lap motor

Cara mudah merawat cat motor selanjutnya dengan menggunakan kanebo untuk lap motor. Hal ini perlu anda lakukan, karena penggunaan kanebo atau kain mecrofiber sangat bagus untuk menyerap air yang menempel pada body motor sehingga cat body motor cepat kering dan tidak mudah pudar.

3. Parkir motor di tempat teduh

Cara mudah merawat cat motor selanjutnya adalah dengan memarkir motor ditempat yang teduh. Hal ini guna menghindari sinar matahari secara langsung yang bisa membuat cat body motor anda memudar. Jika dirasa saat memarkir motor tidak ditemukan tempat yang teduh, maka anda bisa menutup motor kesayngan anda dengan sarung motor, kardus bekas atau bahan lain agar body motor tak terkena sinar matahari secara langsung

4. Hindari zat kimia berbahaya

Saat ini sudah banyak pemilik motor yang mengoleskan zat kimia dengan tujuan tertentu yang justru tanpa disadari bisa merusak cat motor kesayangan anda. Saat zat ini melekat di cat body motor anda, maka akan sulit dihilangkan dan bisa membuat cat body motor menjadi cepat pudar dan terkelupas. Maka dari itu untuk tidak menggunakan zat kimia yang mengandung senyawa asam atau zat pewarna guna tujuan tertentu.

Viral :   Royal Enfield Meteor 350 Bergaya Retro dengan Jok Rendah
5. Gunakan pengkilap khusus cat motor

Salah satu cara mudah merawat cat motor yakni dengan menggunakan cairan pengkilap yang memang dikhususkan untuk cat motor. Hal ini sangat membantu agar cat motor anda semakin terlihat mengkilat dan nampak seperti baru lagi. Saat ini sudah banyak beberapa merk pengkilap cat motor yang bagus yang sudah banyak beredar dipasaran sehingga anda bisa dengan mudah mendapatkan pengkilap motor yang memang pas buat motor kesayangan anda.

6. Kurangi menempel skotlet dan stiker

Cara mudah merawat cat motor yang terakhir yakni dengan mengurangi menempel skotlet dan stiker pada motor. Kita tau saat ini sudah banyak motor yang terpasang skotlet dan stiker, ntah itu karna pemilik motor bosan dengan cat originalnya atau hanya untuk sekedar ingin membuat motornya berbeda dengan motor lainnya. Hal ini sebenernya sah sah saja dilakukan, namun untuk diperhatikan agar jangan terlalu lama menggunakan skotlet dan stiker pada motor anda. Hal ini karena lem skotlet dan stiker yang terlalu lama menempel di cat motor anda akan susah dihilangkan dan beresiko membuat cat motor anda rusak atau terkelupas.