Penting, Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Tentang Ban Motor

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Tentang Ban Motor – Ban merupakan suatu peranti yang menutupi velg suatu roda kendaraan bermotor. Ban sendiri terbuat dari bahan dasar karet, dimana komponen ini berfungsi untuk mengurangi getaran yang bisa disebabkan oleh ketidakteraturan permukaan jalan dan melindungi roda dari aus dan kerusakan serta memberikan kestabilan antara motor dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.

Berikut hal-hal yang yang harus diperhatikan tentang ban motor :

1. Ukuran Ban

Yang pertama yakni ukuran ban motor. Untuk memilih ukurang ban motor yang tepat yakni anda harus menyesuaikan ban dengan ukuran velg sepeda motor anda. Pastikan kondisi ban yang digunakan tidak lebih lebar atau lebih ramping daripada ukuran yang seharusnya dipasang. Jika hal ini dilanggar maka akan membuat penggunaan motor menjadi tidak baik dan tidak nyaman saat digunakan.

2. Tekanan Ban

Hal-hal yang harus diperhatikan tentang ban motor selanjutnya adalah tekanan angin ban motor. Perlu diketahui tekanan angin sebuah ban motor akan meningkat seiring meningkatnya tempratur atau suhu ban. Hal ini dapat menyebabkan pengguna motor wajib melakukan pengecekan berkala atas tekanan angin didalam ban. Penggunaan ban yang optimal bisa dilakukan dengan cara tidak mengurangi tekanan ban pada suhu ban tinggi.

Viral :   Inilah Spesifikasi Honda Scoopy Terbaru 2021
3. Indikator Penggunaan atau tread wear indicator

Hal ini perlu dilakukan pengecekan berkala oleh pengguna sepeda motor. Pastikan setiap ingin memulai berkendara kondisi ban tidak melewati indikator penggunaan atau tread wear indicator. Jika kondisi ini sudah terjadi pada ban motor anda, maka sebaiknya untuk segera menggantinya. kondisi ban seperti ini jika dibiarkan akan membuat kenyamanan anda saat berkendara menjadi tidak nyaman dan bisa membuat ban motor pecah.

4. Tutup Katup Udara ( Pentil )

Pentil merupakan salah satu komponen yang ada pada ban yang berfungsi untuk menahan udara keluar dari ban, selain itu pentil juga berfungsi untuk menjaga kotoran tidak masuk ke dalam katup udara / pentil ban. Pastikan disaat menambal atau mengisi tekanan ban, jangan lupa mengecek kondisi pentil ban itu sendiri dengan cara memberikan air diarea pentil guna memastikan tidak ada kebocoran.

Type Ban Sepeda Motor

1. Ban Standar

Ban standar merupakan ban yang biasa digunakan pada sepeda motor pada umumnya. Ban ini merupakan ban yang terpasanga langsung pada setiap sepeda motor. Dengan ban standar pastinya akan memberikan performa yang baik.

Viral :   Pahami Tanda tanda Kiprok Motor Rusak
2. Ban Performa Tinggi

Ban dengan performa tinggi biasanya digunakan oleh pengguna sepeda motor yang bisa dibilang agresif dalam berkendara. Ban tipe ini bisa memberikan traksi atau daya lekat yang lebih baik pada permukaan jalan dengan waktu pemakaian yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan ban standar.

3. Ban Touring

Ban tipe ini memang sengaja didesain untuk penggunaan jarak jauh. Dengan pemilihan ban touring yang tepat untuk motor anda akan menciptakan perjalanan touring yang mulus, tenang, dan nyaman.

4. Ban Multi Guna

Jenis ban satu ini merupakan jenis ban yang didesain dengan penggabungan dari penggunaan ban untuk jalan beraspal dan jalan tanah. jenis motif yang ada pun merupakan kombinasi dari motif untuk penggunaan jalan raya dan non jalan raya.

5. Ban Tube

Merupakan ban yang dirancang untuk digunakan dengan menggunakan ban dalam

6. Ban Tubeless

Ban motor yang sengaja dirancang tanpa menggunakan ban dalam. Sebagai pengganti ban dalam terdapat lapisan inner linier yang berfungsi untuk menahan udara atau angin didalam ban, sehingga digunakan hanya dengan velg ban tipe tubeless.