Kenali 8 Penyebab Ban Motor Kempis Tiba-Tiba

Penyebab Ban Motor Kempis Tiba-Tiba – Ban merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang terbilang penting. Hal ini karena fungsinya yang bertugas menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin sehingga motor anda bisa berjalan. Komponen satu ini juga yang menentukan kenyamanan anda saat berkendara, jika ban dalam kondisi baik dan tekanan angin pas, maka anda akan merasa nyaman saat berkendara. Sebaliknya jika kondisi ban motor anda kempis atau kekurangan angin, maka kenyamanan anda saat berkendara bisa terganggu dan bahkan bisa membahayakan anda saat berkendara.

Untuk itu disarankan agar selalu memperhatikan dan mengecek kondisi ban motor anda setiap ingin menggunakan motor tersebut. Dalam beberapa kasus yang sering terjadi, perubahan kondisi tekanan angin dalam ban motor terkadang bisa berubah padahal jika di cek kondisi ban masih bagus dan tidak terkena paku ataupun benda tajam yang bisa merobek ban tersebut. Lalu apa sih yang menyebabkan ban motor bisa kempis secara tiba tiba ?

Berikut beberapa penyebab ban motor kempis tiba-tiba

1. Kondisi velg dan ban tidak seukuran

Penyebab ban motor kempis tiba-tiba yang pertama dikarenakan kondisi velg dan ban tidak seukuran. Kondisi inilah yang bisa membuat celah dan nantinya akan membuat angin ban keluar tanpa disadari. Velg yang mengalami perubahan bentuk atau penyok / tidak bulat seperti aslinya sangat memungkinkan kebocoran angin pada ban.

2. Ban terlalu tipis.

Penyebab ban motor kempis tiba-tiba selanjutnya dikarenakan kondisi ban yang sudah tipis. Ketika ban motor anda sudah terlalu tipis atau sudah melewati batas tread wear indicator makan besar kemungkinan angin yang ada didalam ban motor anda akan keluar tanpa kita sadari. Tidak hanya itu, kondisi ban yang sudah tipis juga bisa mengakibatkan ban pecah atau robek. Maka dari itu disarankan untuk slalu mengecek kondisi ban motor anda, jika dirasa sudah tipis sebaiknya segeralah menggantinya dengan yang baru. Selain bisa membuat rasa nyaman saat berkendara, kondisi ban yang baik juga akan membuat keamanan anda saat berkendara bisa terjamin.

Viral :   Rekomendasi 6 GPS Motor Tracker Terbaik, Anti Maling
3. Pentil kendor.

Kondisi pentil ban yang kendor juga bisa membuat angin dalam ban keluar tanpa kita sadari. Maka dari itu pastikan pemasangan pentil pada ban dilakukan secara sempurna, cara nya yakni dengan membasahi bagian pentil dengan air guna memastikan pentil terpasang dengan baik dan tidak ada angin yang keluar dari pentil ban tersebut.

4. Adanya Pasir yang menempel di ban dan velg.

Adanya pasir yang menempel pada ban dan velg juga merupakan salah satu penyebab ban motor kempis tiba – tiba. Tumpukan butiran pasir ini bisa membentuk gelembung udara dan biasanya dapat terlihat saat ban terendam didalam air. Hal ini memang terlihat samar, namun jika anda perhatikan dengan teliti maka bagian tersebut akan mengeluarkan gelembung yang samar-samar.

5. Kurangnya tekanan angin.

Tekanan angin yang kurang pada ban bisa menjadi penyebab ban motor kempis tiba-tiba. Hal ini karena kondisi kurangnya tekanan angin pada ban motor bisa membuat partikel udara didalam ban akan menyusut perlahan. Maka dari itu selalu pastikan tekanan angin pada ban sudah sesuai dengan ukuran standarnya.

Viral :   Hati-hati! Berkendara Motor Lebih 2 Orang Dapat Dipidana
6. Masuknya benda asing ke dalam ban.

Terkadang tanpa kita sadari ada saja benda berukuran kecil yang tajam masuk ke dalam ban. Hal ini cukup sering terjadi, entah karna kelalaian pemilik motor atau petugas tambla ban yang kurang berhati hati saat bongkar pasang ban atau penambalan ban. Jika benda benda seperti pasir atau benda tajam yang kecil masuk kedalam ban, maka besar kemungkinan tekanan angin pada ban motor akan menyusut bahkan bisa membuat ban dalam robek.

7. Kendaraan berada di ruang terbuka dalam waktu yang cukup lama.

Kondisi kendaraan yang berada di ruang terbuka dalam waktu yang lama merupakan penyebab ban motor kempis secara tiba tiba. Hal ini dikarenakan pancaran sinar matahari langsung bisa merubah bentuk ban dan membuat tekanan angin didalam ban menguap.

8. Kualitas ban.

Penyebab ban motor kempis tiba-tiba yang terakhir adalah kualitas ban motor itu sendiri. Kita tau jika kualitas suatu ban bisa menentukan performa dan ketahanan ban. Maka dari itu disarankan agar anda menggunakan ban dengan kualitas terbaik guna membuat anda saat berkendara bisa nyaman dan aman.