Mengenal Arti Kedipan MIL di Motor Sistem PGM-FI

Arti Kedipan MIL di Motor Sistem PGM-FI – Sepeda motor dengan sistem PGM-FI mempunyai satu kelebihan dibandingkan motor lainnya, kelebihan tersebut yakni sistem ini bisa mendiagnosa permasalahan yang terjadi pada sepeda motor. Hasil diagnosa permasalah ini akan disampaikan melalu MIL (Malfunction Indicator Lamp) yang terletak pada bagian spidometer motor anda.

MIL merupakan sebuah teknologi terpadu dari PGM-FI yang berguna untuk mempermudah konsumen maupun teknisi dalam mendiagnosa masalah pada sepeda motor Honda. Sehingga perbaikan yang dilakukan menjadi lebih efektif.

Ketika kunci kontak dalam posisi On maka umumnya pada kondisi ini MIL akan menyala sekitar 2 detik setelah itu mati kembali dan motor siap dinyalakan. Namun, jika dalam sistem PGM-FI terdapat kerusakan maka MIL akan terus berkedip sampai permasalahan ini diperbaiki. Arti kedipan MIL di motor sistem PGM-FI yang mana Jumlah kedipan pada MIL memiliki arti sendiri tersendiri untuk mengetahui setiap permasalahan yang terjadi pada sistem PGM-FI. Terdapat dua jenis dalam kedipan MIL, yaitu kedipan cepat yang berlangsung selama 0,3 detik dan kedipan panjang yang berlangsung selama 1,3 detik. Untuk satu kedipan panjang akan dihitung sama seperti 10 kedipan cepat. Lalu untuk satu kedipan cepat akan dihitung 1. Berikut ini indikator permasalahan motor berdasarkan kedipan motor:

1 Kedipan

Posisi ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor atau biasa disebut Manifold absolute pressure (MAP) yang berguna mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold. Bila hal ini tidak segera diatasi akan akan menimbulkan akselerasi kurang baik dan membuat performa mesin pun akan tidak maksimal pada putaran atas.

Viral :   Cara Mengganti Rumah Kopling Vega ZR dengan Jupiter MX

7 Kedipan

Arti kedipan MIL di motor sistem PGM-FI dengan 7 kedipan ini menunjukan potensi gangguan yang terjadi pada area sistem sensor temperatur mesin atau biasa disebut Engine Coolant Temperature (ECT) Atau Engine Oil Temperature (EOT). Akibatnya dapat membuat mesin motor anda agak susah dihidupkan pada saat kondisi mesin dingin.

8 Kedipan

Posisi ini menunjukan jika ada gangguan pada area sistem throttle position sensor (TPS), bila terus dibiarkan maka mesin motor anda akan mudah mati dan akselerasi pun menjadi tidak maksimal.

9 Kedipan

Menunjukan potensi gangguan yang terjadi pada area sistem sensor Intake air temperature (IAT). Akibat yang ditimbulkan dari masalah ini yakni membuat performa mesin tidak maksimal, mudah mati, emisi gas buang yang dihasilkan pun menjadi tidak bagus.

11 Kedipan

Hal ini menunjukan jika terjadi gangguan pada area sistem sensor kecepatan sehingga membuat indikator speedometer menjadi tidak berfungsi atau bila telah menggunakan fitur Idling Stop System (ISS) tidak akan berfungsi.

12 Kedipan

Kondisi ini memberikan informasi tentang adanya gangguan pada area sistem injektor sehingga sepeda motor tidak bisa dinyalakan.

21 Kedipan

Arti kedipan MIL di motor sistem PGM-FI dengan 21 kedipan ini menginformasikan jika terdapat gangguan yang terjadi pada area sistem O2 sensor (Oxigen sensor). Sensor ini sendiri memiliki peran untuk mendeteksi gas buang dan kondisi pembakaran mesin. Akibat yang ditimbulkan dari masalah ini yakni mesin sulit dihidupkan dan terdapat suara letupan pada knalpot.

Viral :   Spesifikasi Lengkap dan Harga Yamaha Soul GT 2021

29 Kedipan

Hal ini menunjukan jika terjadi gangguan pada area sistem Intake Air Control Valve (IACV) yang membuat putaran stationer menjadi tidak stabil, sehingga membuat mesin sulit dihidupkan dan boros bahan bakar.

33 Kedipan

Kedipan ini menginformasikan jika terdapat gangguan pada area sistem Engine Control Module (ECM) yang merupakan sumber dari seluruh pengaturan sistem PGM-FI. Akibat jika sampai masalah ini terjadi yakni membuat sepeda motor anda tidak dapat dihidupkan.

52 Kedipan

Hal ini menunjukan potensi gangguan yang terjadi pada area sistem sensor crankshaft position (CKP) sehingga sepeda motor tidak dapat dihidupkan.

54 Kedipan

Arti kedipan MIL di motor sistem PGM-FI sebanyak 54 kedipan ini merupakan kode adanya potensi gangguan pada area sistem sensor bank angle. Dimana sensor ini berfungsi untuk mematikan mesin disaat sepeda motor terjatuh atau mengalami kemiringan hingga 60 derajat dengan toleransi + 5 derajat, dalam waktu 5 detik. Namun sepeda motor tetap masih bisa di hidupkan kembali dengan cara mematikan kunci kontak terlebih dahulu kemudian menghidupkannya kembali.

67 Kedipan

Kode kedipan yang terakhir ini menunjukan jika terjadi potensi gangguan pada sistem Honda Selectable Torque Control (HSTC) terkait pada putaran roda depan dan belakang yang dibaca oleh ECM. Sensor ini bekerja disaat motor dalam kondisi diam dengan standar tengah, kemudian dinyalakan dan tuas gas dibuka selama 20 detik, maka bila terdeteksi masalah, MIL pun akan berkedip. Arti kedipan MIL di motor sistem PGM-FI ini hanya muncul pada sepeda motor yang memiliki sistem HSTC.