Pengendara Harus Tahu! Inilah Fungsi Jalur Kabel Starter Motor

Starter motor adalah komponen yang penting pada sepeda motor karena berfungsi untuk menyalakan motor itu sendiri. Oleh sebab itu, sebagai pengendara motor, Anda perlu tahu mengenai jalur kabel starter motor.

Hal ini akan sangat bermanfaat apabila motor Anda mengalami kendala saat hendak dinyalakan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pengecekan dulu agar tidak terburu-buru membawa motor ke bengkel.

Selain jalur kabel, ada beberapa komponen penting lainnya yang berhubungan dengan starter sepeda motor. Hal itu meliputi aki motor, relay starter, dan motor starter itu sendiri.

Dalam pembahasan kali ini, akan dijelaskan mengenai sistem starter motor dan bagaimana cara mengecek starter motor yang mengalami masalah.

Penjelasan tentang Sistem Starter Motor

Sistem starter pada sepeda motor memiliki fungsi utama sebagai penggerak awal poros engkol saat menghidupkan mesin. Setelah itu, barulah terjadi proses isap, kompresi, kerja dan buang selama motor tersebut hidup dan digunakan untuk berkendara.

Baca Juga  Tips Ganti Oli Motor Agar Awet Selalu

Sistem starter motor itu sendiri menggunakan motor listrik searah dengan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.

Sedangkan yang dimaksud jalur kabel starter motor adalah teknik rangkaian kabel atau wiring yang menghubungkan antar komponen kelistrikan. Anda juga perlu tahu jenis-jenis kabel starter motor dan fungsinya masing-masing.

  • Kabel warna merah: dialiri arus tegangan positif baterai.
  • Kabel warna hitam: dialiri arus tegangan negatif baterai.

Selain jalur kabel starter motor, berikut ini komponen-komponen yang ada pada sistem starter sepeda motor yang juga perlu Anda pahami.

  1. Baterai, sebagai sumber listrik arus DC dengan kapasitas berbeda-beda sesuai merek atau tipe sepeda motor dan kapasitas mesinnya.
  2. Fuse/Sekring, sebagai komponen pengaman agar rangkaian kelistrikan tidak terbakar atau rusak saat terjadi short circuit (hubungan pendek)
  3. Ignition Switch/Saklar Utama, saklar yang digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan rangkaian kelistrikan.
  4. Starter Relay, saklar yang memiliki daya besar dan bertugas mengalirkan listrik dari baterai menuju ke motor starter.
  5. Motor Starter, motor listrik yang berfungsi untuk mengubah energi listrik baterai menjadi energi mekanik sehingga bisa menggerakkan poros engkol.
  6. Starter Switch/ Saklar Starter, saklar yang digunakan untuk mengaktifkan starter relay atau disebut dengan saklar pemicu
Baca Juga  Cara Memeriksa Radiator Sepeda Motor dan Tips Merawatnya

Cara Mengecek Jalur Kabel Starter Motor

Umumnya, pengendara motor akan panik jika motor mereka tidak bisa hidup ketika starter dinyalakan. Padahal, jika starter motor tidak mau hidup, bukan berarti motor Anda rusak. Mungkin hanya sebagian kecil dari komponen starter motor yang mengalami kerusakan atau sudah aus.

Ketika starter motor Anda mengalami kendala, lakukan beberapa langkah pengecekan seperti di bawah ini.

  • Periksa baterai/aki motor dan cek tegangannya menggunakan alat AVO meter atau multi meter, normalnya 12 volt.
  • Jika aki tidak bermasalah, coba cek rangkaian kabelnya, mungkin ada yang terputus. Jika ada maka bisa diganti dengan yang baru.
  • Periksa relay starter dengan menghubungkan kedua kabel baterai positif dan negatif, biasanya akan terdengar suara “cetak” jika masih berfungsi.
  • Periksa juga dinamo starter menggunakan multi meter dengan cara menghubungkan kabel dinamo starter, lalu tekan tombol starter dan periksa arus listriknya.
Baca Juga  Cara Mudah agar Sepeda Motor Aman dari Pencurian

Langkah-langkah tersebut bisa dilakukan secara mandiri atau dibawa ke bengkel dan dicek oleh teknisi. Namun, penting sekali untuk mengetahui tentang jalur kabel starter motor.

Dengan begitu, setidaknya Anda bisa lebih paham bagaimana sistem starter motor itu bekerja. Jadi, saat ada kendala tidak perlu panik dan jika dibawa ke bengkel, Anda akan lebih paham saat teknisi memberi penjelasan.