Jangan Sembarangan! Pilih Oli Matic Terbaik untuk Vario 125

Kira-kira, apa oli matic terbaik untuk Vario 125? Banyaknya merek dan jenis oli untuk motor pasti membuat Anda cukup bingung memilih saat tiba waktunya ganti oli.

Setiap ganti oli memang disarankan untuk tidak berubah-ubah jenis dan merek oli yang digunakan. Namun, untuk menentukan pilihan mana yang tepat juga tidak mudah karena tidak semua orang paham dengan jenis dan kualitas oli.

Seperti motor Honda Vario 125 yang merupakan motor matic, tentu saja banyak kaum hawa yang menggunakan motor ini. Sedangkan wanita umumnya tidak paham dengan dunia perbengkelan dan tidak mengerti bagaimana cara memilih oli yang tepat.

Oli itu sendiri ada bermacam-macam, biasanya oli untuk motor matic dan motor kopling jenisnya berbeda karena kinerjanya juga berbeda. Oli untuk motor kopling biasanya lebih kental, berbeda dengan oli untuk motor matic seperti Vario 125.

Baca Juga  Susah Menyalakan Motor, Mungkin CDI Motor Kamu Bermasalah

Pilihan Tepat Oli untuk Vario 125

Penting sekali memilih oli matic terbaik untuk Vario 125 karena keberadaan oli cukup vital untuk menjaga dan merawat mesin motor. Oli yang kurang berkualitas juga akan berpengaruh pada mesin motor sehingga cepat panas. Nah, berikut ini beberapa pilihan oli yang bagus untuk motor Honda Vario 125.

  1. Oli AHM MPX

Rekomendasi pertama oli matic terbaik untuk Vario 125 tentu saja menggunakan oli AHM MPX yang diproduksi oleh Astra Honda Motor. Oli ini sangat direkomendasikan karena tingkat kekentalannya sudah disesuaikan untuk motor keluaran Honda. Harganya juga murah dan distribusi atau penjualannya cukup luas.

  1. Oli Top 1 Action Matic

Selanjutnya, Anda juga bisa pakai oli sintetik Top 1 Action Matic untuk Vario 125. Oli yang satu ini memang dirancang untuk memenuhi spesifikasi motor matic dan skuter, juga memberikan perlindungan dan meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar.

  1. Oli Enduro Matic
Baca Juga  Review Viar Cross X 150 Murah dan Berkualitas

Oli Enduro Matic juga banyak digunakan dan termasuk oli matic terbaik untuk Vario 125. Oli yang satu ini diproduksi oleh Pertamina dan mengandung bahan aditif molybdenum yang berfungsi mengurangi tingkat gesekan mesin.

Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli

Dalam memilih jenis oli yang tepat untuk motor Anda, tentu banyak sekali pertimbangannya, mulai dari harga, kualitas, distribusi, hingga ketahanan. Harga mahal juga belum tentu cocok karena jenis oli juga berbeda-beda untuk motor matic, kopling, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa pertimbangan dalam memilih jenis oli yang tepat untuk motor matic.

  • Pakai oli yang sesuai standar API (American Petroleum Institute) sehingga kualitasnya terjamin aman untuk motor Anda.
  • Pakai oli dengan standar JASO (Japanese Automotive Standard Organization).
  • Pilih tingkat kekentalan oli yang pas untuk jenis motor yang Anda gunakan.
Baca Juga  Stang Motor Tidak Stabil Disebabkan Oleh Hal Ini

Tak hanya itu, Anda juga perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor. Perlu diperhatikan bahwa menentukan kapan ganti oli motor bukan berdasarkan waktu seperti tiap bulan atau dua bulan sekali.

Mengganti oli sebaiknya dihitung berdasarkan jarak tempuh atau lama pemakaian motor itu sendiri karena setiap orang kebutuhannya berbeda-beda.

Waktu ideal untuk mengganti oli motor matic seperti Honda Vario 125 yaitu setiap 3.000 km. Dalam hal ini, Anda bisa memperhatikan odometer pada motor. Disarankan untuk mengganti oli motor sebelum jarak tempuh mencapai 3.000 km sehingga kualitas oli motor Anda tetap bagus.

Selanjutnya, pilihan oli matic terbaik untuk Vario 125 bisa Anda tentukan sendiri dengan mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan masing-masing jenis oli. Jika tidak mengerti, Anda bisa berkonsultasi dengan teknisi motor yang lebih paham mengenai hal itu.