Ketahui 2 Jenis Cairan Pembersih Mesin Motor

Sepeda motor merupakan kendaran bermotor yang banyak digunakan di Indonesia. Sebagai pemilik kendaraan bermotor, Anda patut mengetahui cairan pembersih mesin motor untuk perawatan rutin.

Pemakaian motor yang lama tentu akan membuat mesin motor kotor, bahkan berkerak. Jika dibiarkan, hal ini bisa menimbulkan karat atau kerusakan sehingga terjadi penurunan fungsi dari mesin motor tersebut. Nah, untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih mesin motor.

Bagi sebagian orang, membersihkan motor mungkin hanya sebatas membersihkan body saja sehingga tampilannya tetap keren dan mengkilap. Padahal, kebersihan mesin motor justru lebih penting untuk diperhatikan agar fungsi mesin tetap optimal.

2 Macam Cairan Pembersih Mesin Motor

Membersihkan mesin motor tidak boleh sembarangan karena mesin adalah komponen yang cukup vital. Jika salah merawatnya, bisa memicu kerusakan.

Sebagian orang memiliki inisiatif membawa motor mereka ke bengkel untuk dibersihkan mesinnya. Namun, sebagai pengendara motor, Anda perlu tahu 2 macam cairan khusus untuk membersihkan mesin motor di bawah ini.

  1. Engine Degreaser

Cairan ini disebut engine degreaser, biasa digunakan untuk membersihkan bagian luar mesin yang berkerak dan sulit dibersihkan.

Kerak pada mesin motor dapat muncul karena tumpukan kotoran yang berasal dari debu, air, dan rembesan oli. Lama-kelamaan, tumpukan kotoran tersebut akan lengket menjadi kerak dan sulit dibersihkan.

Viral :   Menggunakan Spion Tomok Berikan Kesan Menarik Pada Motor

Cara membersihkannya yaitu dengan menyemprotkan cairan pembersih saat mesin masih hangat. Cairan ini akan mengikat dan melarutkan kotoran. Biarkan beberapa saat dan setelah itu, mesin bisa dibilas menggunakan air bersih.

  1. Engine Flush

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan cairan pembersih mesin motor khusus bagian dalam yang disebut engine flush. Cairan ini juga berfungsi untuk membersihkan sludge dan karbon di ring piston.

Cairan ini sangat mudah digunakan karena hanya perlu dituang melalui lubang oli, lalu hidupkan mesin motor selama 15 menit. Selanjutnya, cairan bisa dibuang melalui saluran pembuangan oli. Jika sudah bersih, Anda bisa memasukkan oli atau cairan pelumas yang baru.

Adanya gesekan antar komponen mesin dapat menimbulkan tumpukan gram di bagian dalam motor dan perlu dibersihkan. Itulah sebabnya Anda memerlukan engine flush yang mengandung detergen khusus dan mampu membersihkan bagian dalam mesin motor.

Cara Unik Membersihkan Mesin Motor

Selain menggunakan cairan pembersih mesin motor khusus seperti di atas, Anda juga bisa menggunakan bahan lainnya. Berikut ini cara unik lain yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan mesin motor dari noda membandel.

  • Menggunakan Bensin dan Solar
Viral :   Spesifikasi 5 Tipe Motor Benelli Matic Terbaru

Bensin atau solar merupakan bahan bakar kendaraan bermotor. Namun, siapa sangka kedua bahan ini juga ampuh membersihkan mesin motor. Caranya dengan menggosok bensin atau solar ke area yang kotor menggunakan sikat gigi atau kuas.

  • Menggunakan Sabun Pencuci Piring

Tahukah Anda bahwa sabun pencuci piring juga bisa digunakan untuk membersihkan mesin motor? Caranya sama seperti saat membersihkan noda membandel pada piring atau peralatan dapur. Cukup campurkan sabun dan air, lalu gunakan untuk menggosok mesin hingga bersih.

  • Menggunakan Cairan Pembersih WC

Aneh dan unik, Anda bahkan bisa menggunakan cairan pembersih WC untuk membersihkan noda membandel pada mesin motor. Caranya yaitu dengan mencelupkan sikat ke dalam cairan pembersih WC, lalu gosok-gosokkan ke mesin motor.

  • Menggunakan Larutan Asam Cuka

Larutan asam cuka bisa membersihkan karat yang menempel pada mesin motor. Caranya yaitu dengan melarutkan asam cuka dalam sedikit air, gosok menggunakan sikat gigi bekas, lalu bilas dengan air bersih.

Demikian informasi seputar cairan pembersih mesin motor yang bisa Anda gunakan sebagai langkah perawatan rutin. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan ampelas, detergen, blau, sampo khusus motor, metal polish, dan lain sebagainya.