Cara Mengkilapkan Body Motor Seperti Baru

Cara mengkilapkan body motor sekarang ini sudah semakin variatif untuk berbagai macam jenis motor. Cara-cara tersebut harus diterapkan berulang-ulang dan rutin supaya kondisi body motor tetap terjaga. Jika hanya dilakukan beberapa kali saja, hal tersebut tidak akan memberikan hasil yang signifikan.

Cara Mengkilapkan Body Motor Seperti Baru

Setelah lama dipakai, motor pasti akan mengalami kerusakan. Begitu juga untuk tampilan sepeda motor itu sendiri. Bodynya mungkin akan mulai pudar dan tidak mengkilap lagi. Untuk membuatnya menjadi seperti baru, lakukan cara mengkilapkan body motor berikut ini.

  1. Menggunakan Skotlet

Skotlet merupakan salah satu jenis stiker yang memiliki berbagai macam jenis pilihan. Ada banyak sekali variasi skotlet seperti polos, batik, animasi, transpran, dan sebagainya.

Skotlet ini biasanya digunakan untuk menutupi body motor. Memasang skotlet dapat menutupi bagian kusam pada motor, membuat body motor lebih menarik untuk dilihat, dan melindungi body motor.

Skotlet mudah didapatkan dan memiliki harga yang terjangkau. Namun, untuk proses pemasangannya sangat disarankan untuk menggunakan tenaga yang sudah memiliki keahlian dalam memasang skotlet. Hal tersebut karena proses pemasangannya membutuhkan peralatan dan keahlian khusus.

  1. Memilih Tempat Parkir yang Tepat

Memilih tempat parkir yang tepat merupakan hal yang penting dalam menjaga body motor supaya tetap bagus. Jika motor ditempatkan di tempat yang sering terpapar sinar matahari, body motor akan menjadi cepat kusam.

Viral :   Motor Goyang Seperti Ban Kempes Bikin Oleng, Ini Penyebabnya!

Karena itu, jika terpaksa menempatkan di tempat yang terpapar matahari, sebisa mungkin tutup body dengan mantel untuk melindungi body motor.

  1. Memoles Motor Secara Rutin

Cara mengkilapkan body motor yang selanjutnya adalah dengan rutin melakukan proses pemolesan. Gunakanlah polish wax agar motor terlihat menarik dan tampak seperti baru. Paling tidak, lakukan proses pemolesan body motor sebanyak satu kali dalam satu minggu.

  1. Mencuci Motor Secara Berkala

Cara supaya menjaga body motor tetap mengkilap yang paling mudah dilakukan adalah dengan sering mencuci motor. Luangkanlah waktu paling tidak satu minggu sekali untuk mencuci motor. Motor yang kotor akan mudah kusam dan tampilannya motor tidak menarik lagi.

  1. Sering Mengelap Body Motor

Cara ini merupakan cara yang paling mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Meskipun mudah, hal ini sangatlah penting untuk dilakukan supaya debu dari jalanan tidak menempel di motor karena debu itu lama-kelamaan akan membuat motor kusam.

Proses ini juga harus menggunakan kain khusus untuk mengelap motor untuk menghindari body motor lecet.

  1. Jangan Menggunakan Deterjen untuk Mencuci Motor
Viral :   Mengenal Master Rem Brembo Sebelum Memasangnya Pada Motor

Mencuci motor secara rutin memang merupakan sebuah hal yang harus dilakukan. Namun, ada kebiasaan mencuci motor yang justru bisa membuat body motor tidak menarik lagi.

Kebiasaan yang dimaksud adalah adalah mencuci motor dengan menggunakan deterjen. Penggunaan deterjen bisa membuat cat pada motor cepat mengelupas dan kusam.

  1. Memanfaatkan Bahan di Rumah

Menggunakan bahan khusus untuk mengkilapkan body motor memang bisa memberikan hasil yang maksimal. Namun, ada juga beberapa bahan di rumah yang bisa digunakan untuk mengkilapkan body motor.

Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Caranya adalah menggosokkan minyak kayu putih pada body motor dengan kain halus setelah motor dicuci dan dilap kering.

Selain menggunakan minyak kayu putih, bahan lain yang bisa digunakan adalah minyak goreng. Cara pakai minyak goreng untuk mengkilapkan body motor juga sama dengan minyak kayu putih. Hasil yang diberikan juga tidak jauh berbeda.

  1. Membersihkan Komponen Metal pada Motor

Cara yang terakhir adalah dengan membersihkan komponen metal pada motor. Komponen metal pada motor biasnya memiliki fungsi yang penting sehingga harus dijaga.

Untuk cara mengkilapkan body motor yang satu ini, Anda tidak disarankan menggunakan sikat kawat ataupun alat ynag bisa membuat komponen metal berkarat.