Harga Kampas Rem Belakang Beat Terbaru

Salah satu bagian paling penting dalam sepeda motor adalah komponen pengereman. Di antara bagian vital yang ada di dalamnya adalah kampas rem. Karena itu, tulisan ini akan mengulas harga kampas rem, khususnya harga kampas rem belakang Beat terbaru.

Cara Memastikan Kampas Rem Sudah Tipis

Sebelum memutuskan untuk mengganti kampas rem, hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah memastikan kampas rem tersebut sudah tipis atau belum.

Untuk mengetahuinya, Anda tidak perlu membongkar komponen rem. Cukup dengan melihat visualnya, pasti akan langsung terlihat apakah kampas rem tersebut sudah tipis atau belum.

Kampas yang habis biasanya sudah bisa dirasakan ketika melakukan pengereman waktu dikendarai. Proses pengereman yang tidak maksimal bisa menjadi salah satu gejala kampas rem sudah tipis. Namun, jika masih ragu, bawalah motor ke bengkel untuk memastikan apakah kampas rem sudah tipis ataukah belum.

Memilih Kampas Rem yang Tepat

Sebelum sampai pada pembahasan tentang harga kampas rem belakang Beat, kita harus tahu lebih dahulu bagaimana memilih kampas rem motor yang tepat. Ada banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih kampas rem yang tepat. Beberapa di antaranya adalah harga, kualitas, dan orisinalitas.

Sebenarnya, harga kampas rem beberapa merk tidak begitu jauh berbeda. Bahkan, antara yang kw dan ori juga tidak memiliki perbedaan yang signifikan sehingga lebih disarankan untuk menggunakan kampas rem orisinal yang sesuai dengan standar pabrikan.

Viral :   Kenali Beberapa Penyebab dan Ciri - ciri Motor Turun Mesin

Hal tersebut disebabkan kampas rem orisinil lebih terpercaya secara kualitas dan juga sudah dirancang secara khusus sesuai spesifikasi motor.

Kampas rem aftermarket yang beredar di pasaran memang sangat beragam dan memiliki harga yang lebih murah. Namun, maraknya produk palsu dari merk ternama membuat kita harus waspada. Akan lebih aman untuk membeli kampas rem di gerai resmi yang ada.

Harga Kampas Rem Belakang Beat Terbaru

Komponen kampas rem berfungsi untuk mengoptimalkan daya cengkeram kaliper sehingga bisa menghentikan laju roda. Jika terjadi kerusakan sehingga rem belakang tidak berfungsi, hal tersebut bisa membahayakan nyawa pengguna motor.

Karena fungsinya yang sangat vital tersebut, komponen yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan.

Kampas rem semakin lama akan semakin menipis sehingga perlu diganti dengan yang baru. Apabila dibiarkan, hal itu akan membuat rem blong.

Apalagi harga kampas rem terutama harga kampas rem belakang Beat dibanderol dengan harga yang terjangkau dan mudah didapatkan di mana saja, jadi tidak ada alasan untuk tidak segera menggantinya.

Viral :   Alasan Mengapa Motor Listrik Gesits Harus Kamu Miliki

Harga kampas rem tersebut sangat beragam tergantung merknya. Kampas rem buatan Honda Genuine Parts dibanderol dengan harga Rp15.000, Rp35.000, dan untuk yang orisinal Rp70.000. Sedangkan kampas rem belakang buatan Aspira dibanderol dengan harga Rp68.000.

Merk lain seperti Elig membanderol harga Rp200.000 dan RCB Rp108.000. Kampas rem merk Federal yang ada di pasaran dibanderol dengan harga Rp20.000, dedangkan merk Yamagata dibanderol dengan harga Rp40.000.

Biaya pemasangan di bengkel biasanya sudah termasuk ke dalam harga kampas rem jika kita membeli kampasnya di bengkel. Namun, jika membeli kampas rem di toko dan ingin membawanya ke bengkel untuk dipasangkan, biasanya biaya pemasangan yang harus dibayar adalah Rp10.000 hingga Rp15.000.

Sebenarnya, bisa juga Anda memasang kampas rem sendiri di rumah. Namun, lebih disarankan untuk memasangnya di bengkel.

Jika kampas rem belakang sudah terpasang, kita perlu menjaga agar kampas awet dan tidak cepat tipis. Caranya adalah dengan tidak memacu motor dalam kecepatan tinggi sehingga tidak perlu melakukan pengereman yang mendadak.

Selain itu, kebersihan motor juga bisa membuat kampas lebih awet. Meskipun harga kampas rem belakang Beat tidak begitu mahal, jika dirawat, pasti akan lebih aman.