Oli yang Tidak Cepat Panas

Rekomendasi Oli yang Tidak Cepat Panas

Oli memiliki fungsi yang sangat penting bagi motor. Selain berguna untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga memiliki fungsi untuk mengurangi gesekan, sebagai pendingin, dan untuk mengendalikan kotoran yang ada di dalam mesin. berikut beberapa opsi Oli yang Tidak Cepat Panas

Karenanya, sangat penting memilih oli yang tepat. Salah satunya adalah oli yang tidak cepat panas. Oli yang bagus dan penggantian oli yang rutin pada motor dapat memperpanjang umur mesin motor.

Itulah sebabnya, memilih oli yang bagus dan tidak cepat panas membutuhkan kejelian dan pemahaman. Namun tenang saja, ada beberapa cara untuk bisa membedakan oli yang bagus dan tidak.

Jenis-Jenis Oli

Sebelum menuju pembahasan lebih lanjut tentang oli yang tidak cepat panas, terlebih dulu kita harus mengetahui jenis-jenis oli karena jenis oli juga berpengaruh terhadap karakteristik dan kualitas oli itu sendiri.

Berdasarkan jenis bahan untuk membuatnya, oli dibagi menjadi oli mineral, sintetis, dan semi sintetis.

Oli mineral adalah oli yang terbuat dari minyak bumi dengan proses penyulingan mineral. Oli ini biasanya memiliki ketahanan yang lebih dalam penguapan. Namun, oli yang satu ini memiliki kekentalan yang mudah berubah karena tidak tahan terhadap perubahan suhu yang tinggi ataupun cuaca ekstrem.

Adapun oli sintetis adalah oli yang terbuat dari minyak bumi yang melalui proses pengolahan kembali sehingga memiliki kekentalan lebih stabil. Oli ini lebih mudah menguap daripada oli mineral. Akan tetapi, oli sintetis memiliki ketahanan yang lebih bagus terhadap perubahan suhu yang tinggi ataupun cuaca ekstrem.

Viral :   Fungsi Alternator Motor Beserta Komponennya

Oli semi sintetis adalah oli yang dibuat dengan cara memadukan oli mineral dengan oli sintetis. Hasilnya adalah oli yang memiliki karakteristik kekentalan yang bagus. Selain itu, oli ini juga tidak mudah menguap dan termasuk ke dalam oli yang tidak cepat panas.

Cara Memilih Oli Motor yang Tepat

Cara memilih oli yang tepat sangat dipengaruhi oleh jenis kendaraan, kebutuhan, dan pemakaian kendaraan. Memilih oli sembarangan merupakan sebuah tindakan yang kurang tepat. Untuk itu, sebelum memilih oli, kita harus memperhatikan beberapa hal berikut.

Pertama adalah memilih oli yang memiliki tingkat keenceran sesuai kondisi lingkungan. Maksudnya adalah oli yang tepat untuk iklim sekitar.

Kedua adalah memilih oli yang sesuai dengan kinerja motor. Jika motor digunakan untuk kerja berat, Anda disarankan untuk memilih oli dengan API tinggi.

Ketiga adalah memilih oli yang sesuai dengan jenis motor dan juga jenis koplingnya. Oli motor bebek kurang cocok untuk digunakan motor lainnya seperti matic dan sebagainya. Kopling basah dan juga kopling kering juga merupakan pertimbangan untuk memilih oli yang tepat.

Rekomendasi Oli yang Tidak Cepat Panas

Jika sudah memahami kondisi lingkungan sekitar, penggunaan motor, jenis motor yang dimiliki, dan jenis kopling motor, langkah selanjutnya adalah memilih merk oli yang pas.

Ada banyak sekali merk oli yang bisa ditemui di Indonesia. Namun, berikut ini adalah daftar rekomendasi oli yang bagus.

Merk Jenis Oli Jenis Motor Harga
Shell Advance AX7 Scooter Semi Sintetis Skuter Matic 4-tak Rp. 45.000
Yamalube Super Sport Oil Sintetis Motor Sport Modern 4-tak Rp. 69.000
TOP 1 SMO Action Plus Sintetis Honda : Revo, Supra X 125, CB 150, CBR 250 Rp. 43.000
Castrol Power 1 Racing Sintetis Motor 4-tak Rp. 155.300
Castrol Active 2T Low Smoke Sintetis Motor 2-tak Rp. 35.000
AHM MPX-1 Sintetis Motor Bebek dan Motor Sport Rp. 42.000
Evalube scootix MX Mineral Motor Matic 4-tak Rp. 27.000
Evalube 4T Pro Racing Sintetis Motor dengan Kapasitas Mesin 250 cc Rp. 412.000
Pertamina Enduro Matic Sintetis Motor Matic 4-tak Rp. 36.000
Viral :   Jangan Salah Memilih, Inilah Cara Membaca Kode Oli Kendaraan Yang Benar

 

Itu tadi adalah daftar oli yang direkomendasikan beserta jenis oli, jenis motor yang cocok, dan harganya. Untuk menjaga performa motor tetap bagus, oli tetaplah harus rutin diganti. Jika tidak, motor tetap tidak akan awet, walaupun Anda sudah menggunakan oli yang tidak cepat panas.

Kata Pencarianmerek oli yang gak cepat panas ke mesin,merk oli motor yang tidak cepat panas,Mesin Crf Cepat Panas ,Oli Agar Mesin Tidak Cepat Panas ,Oli Mesin Yang Tidak Cepat Panas ,Oli mesin yang tidak cepat panas,Oli motor 4 tak tidak cepat panas,Oli Motor Agar Mesin Tidak Cepat Panas ,Oli Untuk Mesin Cepat Panas ,Oli Yang Cocok Untuk Mesin Motor Yang Cepat Panas ,Oli yang cocok untuk mesin motor yang cepat panas,Oli Yang Gak Bikin Mesin Cepat Panas ,oli yang gak bikin mesin cepat panas,Oli Yang Tidak Cepat Panas ,Oli Yang Tidak Mudah Panas,Oli yg bagus untk mesin motor agar tidak panas